Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

Cara Hapus Akun WhatsApp – WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setelah aplikasi BBM tumbang dan resmi ditutup, kepopuleran aplikasi WhatsApp semakin menjadi. WhatsApp banyak dipilih dikarenakan fiturnya yang sangat lengkap dan mudah untuk digunakan. Tidak hanya berkirim chat berbasis teks saja, melainkan juga gambar, dokumen, tautan dan jenis file lainnya.

Cara Hapus Akun WhatsApp
Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

Tidak hanya itu saja, dengan WhatsApp memungkinkan kita membagikan cerita melalui teks, foto maupun video. Video call melalui aplikasi WhatsApp juga bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya dengan kualitas video yang bagus. Untuk memiliki akun WhatsApp, pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan nomor ponsel pribadi. Tidak butuh langkah-langkah yang rumit, akun WhatsApp sudah siap untuk digunakan.

Baca Juga:

Akan tetapi ada kalanya pengguna ingin menonaktifkan atau bahkan menghapus akun WhatsApp miliknya. Entah apa alasannya, beberapa pengguna ada yang kebingungan atau bahkan tidak tahu bagaimana cara hapus akun WhatsApp-nya tersebut. Tenang saja, disini saya punya cara mudahnya yang bisa kamu terapkan.

Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

Sebenarnya cukup mudah untuk cara hapus akun WhatsApp secara permanen, hanya saja beberapa pengguna masih ada yang belum mengetahuinya. Sebelum kamu benar-benar menghapus akun WhatsApp yang kamu punya, perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

  • Jika menghapus akun WhatsApp, maka info akun dan foto profil kamu akan secara otomatis juga terhapus.
  • Selain itu, hal ini juga akan mengeluarkan atau menghapus akunmu dari Grub WhatsApp yang kamu ikuti.
  • Riwayat chat atau pesan yang ada di HP kamu juga akan ikut terhapus secara keseluruhan.
  • Meskipun data WhatsApp di HP sudah dihapus, tapi data di server inti WhatsApp butuh waktu sekitar 90 hari untuk penghapusan secara permanen dan menyeluruh.
  • Akun yang sudah dihapus tidak bisa diakses kembali di lain waktu.
  • Penghapusan akun tidak akan mempengaruhi file atau chat yang kamu lakukan dengan pengguna lain. Ini berarti, chattinganmu dengan pengguna lain tidak akan dihapus di ponsel pengguna lain tersebut.
  • Informasi tentang kamu akan tetap dipertahankan, jika terjadi kasus yang menyangkut diri kamu. Ini akan dijadikan bukti untuk keperluan hukum yang berlaku.
  • Data dan informasi pribadi yang dikirimkan ke perusahaan Facebook (pemilik WhatsApp) juga akan dihapus.

Setelah mengetahui beberapa hal yang terdampak setelah melakukan cara hapus akun WhatsApp di atas, sekarang lanjut ke langkah-langkah penghapusan akun WhatsApp. Caranya sangat mudah dan simple, selengkapnya simak di bawah ini.

1. Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.

2. Pada tampilan list chattingan, kamu klik di titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan. Setelah itu, klik opsi Setelan atau Settings.

3. Di dalam menu Setelan, kamu pilih menu Akun atau Account.

4. Selanjutnya pilih opsi Hapus Akun Saya atau Delete my Account untuk melanjutkan penghapusan akun WhatsApp.

5. Disini kamu akan diminta untuk memasukkan negara dan nomor akun WhatsApp yang ingin dihapus secara permanen. Pastikan kamu sudah memasukkan kode negara yang sesuai. Untuk negara Indonesia kodenya adalah +62. Lanjutkan dengan klik HAPUS AKUN SAYA.

6. Pada halaman berikutnya kamu akan diminta untuk memberikan alasa mengapa ingin melakukan penghapusan akun WhatsApp. Pilih alasan yang sesuai dan isikan saran yang ingin disampaikan ke pihak WhatsApp. Tidak diisi pun juga tidak masalah, karena ini hanya bersifat opsional. Setelah diisi, lanjutkan HAPUS AKUN SAYA.

7. Disini sekali lagi pihak WhatsApp mempertanyakan apakah kamu yakin ingin menghapus akun WhatsApp. Untuk melanjutkan, klik HAPUS AKUN SAYA.

8. Selesai, akun Whats App kamu sudah berhasil dihapus secara permanen.

Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun

Cara hapus akun WhatsApp di atas akan menghapus seluruh riwayat chat yang ada di HP android. Namun, jika kamu ingin menghapus akun kemudian mengganti nomor dan tidak ingin riwat chat hilang, maka opsi ganti nomor bisa dipilih. Cara ini hanya akan mengganti nomor akun WhatsApp dengan yang baru tanpa menghapus isi dan informasi di dalamnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa dilihat di bawah ini.

1. Pertama kamu buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik titik tiga vertikal yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya klik Setelan atau Settings untuk melanjutkan penggantian nomor.

2. Setelah itu, pilih menu Akun atau Account.

3. Di dalam halaman ini kamu bisa melanjutkan dengan klik opsi Ganti Nomor atau Change Number.

4. Akan muncul notifikasi untuk meyakinkan apakah kamu benar-benar ingin mengganti nomor WhatsApp. Lanjutkan dengan klik Lanjut atau Next yang ada di pojok kanan atas.

5. Di tampilan berikutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor akun lama dan nomor baru yang akan digunakan untuk akun WhatsApp kamu. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Lanjut atau Next.

6. Sebelum lanjut mengganti nomor WhatsApp, kamu perlu memberitahukan kontak kamu kalau sudah mengganti nomor WhatsApp. Caranya lakukan slide atau geser pada opsi Beri Tahukan Kontak Saya atau Notify Contacts.

7. Lanjutkan dengan melakukan verifikasi nomor HP baru yang digunakan untuk akun WhatsApp. 

8. Selesai. Sekarang akun WhatsAppmu sudah berhasil ganti nomor tanpa menghapus akun lama. Yang terpenting juga informasi dan data akun WhatsApp lama juga tidak akan hilang.

Penutup

Itulah tadi cara hapus akun WhatsApp secara permanen yang mudah bisa kamu terapkan. Jika tujuanmu menghapus akun WhatsApp hanya sekedar untuk berganti nomor, sebaiknya lakukan cara yang kedua di atas.