2 Cara Hapus Akun Tokopedia Paling Mudah dan Efektif

Cara Hapus Akun Tokopedia – Berlanja secara online atau yang dikenal juga dengan istilah online shopping sedang menjadi tren baru sekarang ini. Sudah semakin banyak orang yang lebih suka berbelanja kebutuhan melalui online, baik itu kebutuhan rumah, perawatan diri, peralatan dan lain sebagainya. Berbelanja secara online dianggap lebih mudah dan nyaman, serta tidak bikin capek pastinya. Berbeda jika harus berbelanja dengan datang langsung ke tempat penjualnya. Selain bisa membuat capek juga menghabiskan banyak waktu.

Cara Hapus Akun Tokopedia
Cara Hapus Akun Tokopedia

Sekarang ini juga sudah banyak para penjual yang dulunya hanya menjual barang dagangannya secara offline, sekarang sudah beranjak ke pasara online. Alhasil, hal ini membuat profit penjualannya lebih meningkat tajam. Ditambah lagi dengan adanya dukungan marketplace ternama di Indonesia, semakin mempermudah para penjual untuk memasarkan produknya. Salah satu marketplace terbaik di Indonesia sekarang ini yakni Tokopedia.

Baca Juga:

Tokopedia sudah menjadi salah satu e-commerce ternama di Indonesia yang punya banyak sekali pelanggan. Ribuan transaksi telah berlangsung di Tokopedia setiap harinya, dan sebagian besar dari mereka puas sudah berbelanja lewat Tokopedia. Namun, mungkin karena alasan lain pengguna ingin menghapus akun Tokopedia yang dimilikinya. Apalagi belakangan ingin santer diberitakan bahwa telah terjadi kebocoran data pengguna di Tokopedia. Namun, ternyata tidak semua pengguna tahu bagaimana cara hapus akun Tokopedia pribadinya tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Berikut ini ulasan lengkapnya yang bisa kamu simak.

Cara Hapus Akun Tokopedia Lewat HP Android

Cara Menghapus Akun Tokopedia
Cara Menghapus Akun Tokopedia

Untuk menghapus akun Tokopedia sebenarnya sangat mudah, namun memang tidak banyak yang mengetahuinya. Cara hapus akun Tokopedia ini sendiri setidaknya bisa dilakukan dengan menggunakan 2 metode, yakni menghapus akun melalui aplikasi di HP ataupun melalui browser. Kedua cara tersebut sama-sama mudahnya untuk dilakukan, tinggal kamu pilih cara yang mana.

Adapun langkah-langkah untuk menghapus akun Tokopedia di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Akun Tokopedia Lewat Aplikasi

Cara yang pertama ini dianggap paling mudah dan cepat karena kamu tidak perlu menggunakan dukungan perangkat lain. Cukup melalui HP android saja kamu bisa menghapus akun Tokopedia dengan mudah. Di sini kamu harus sudah menginstall aplikasi Tokopedia dan login ke akun Tokopedia yang ingin dihapus secara permanen.

Mengenai langkah-langkah untuk menghapus akun Tokopedia lewat aplikasi android, yakni:

  • Sebelum lanjut, pastikan kamu sudah login ke akun Tokopedia yang ingin kamu hapus secara permanen lewat aplikasi.
  • Jika memang sudah, sekarang kamu buka aplikasi Tokopedia di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu masuk ke menu Akun atau ikon emoticon smile yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada menu Akun, selanjutnya kamu klik Pengaturan atau ikon seperti Gerigi yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Pengaturan akun Tokopedia. Di halaman tersebut kamu klik pada opsi Toko, kemudian pilih opsi Informasi.
  • Di halaman baru yang ditampilkan, selanjutnya kamu klik pada opsi Atur yang ada di bagian Status Toko.
  • Nantinya akan muncul kotak notifikasi yang ada di bagian bawah tampilan. Selanjutnya kamu klik pada opsi Tutup Toko Sekarang.
  • Selanjutnya kamu perlu mengatur durasi penutupan toko di Tokopedia sesuai dengan keinginan. Selain itu, kamu juga diminta untuk mengisi alasan kenapa kamu ingin menutup atau menghapus akun Tokopedia pada bagian Catatan. Berikan alasan yang logis, dan jika sudah lanjutkan dengan klik tombol Simpan.
  • Sekarang kamu sudah berhasil menonaktifkan akun Tokopedia sesuai dengan durasi yang kamu tentukan tadi.
  • Selesai.

2. Menghapus Akun Tokopedia Melalui Browser

Cara yang kedua ini bisa kamu terapkan jika memang di HP androidmu tidak terinstall aplikasi Tokopedia. Cara untuk menghapus akunnya juga terbilang mudah, bahkan kamu yang masih awam sekali pun bisa melakukannya tanpa terkendala apa pun. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu, lalu kunjungi situs resmi Tokopedia melalui LINK INI.
  • Selanjutnya kamu masuk ke akun Tokopedia yang ingin kamu hapus.
  • Jika sudah berhasil login, sekarang kamu masuk ke menu akun dengan cara klik opsi akun atau icon emoticon yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada halaman akun, selanjutnya kamu masuk ke opsi Pengaturan atau icon Gerigi yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Di halaman Pengaturan kamu klik opsi Toko, kemudian klik pada opsi Atur jam buka toko.
  • Pilih opsi Tutup Sekarang, kemudian atur jadwal tutup toko sesuai yang kamu inginkan. Jangan lupa juga untuk mengisi alasan penutupan toko di bagian Catatannya. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Simpan yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara hapus akun Tokopedia di smartphone android yang paling mudah dan efektif bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.