Cara Hapus Akun Tokopedia Lewat HP Android

16
Cara Hapus Akun Tokopedia
Cara Hapus Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Tokopedia – Tokopedia merupakan platform marketplace plat hijau yang cukup terkenal di Indonesia khususnya. Tokopedia menawarkan kemudahan dalam berbelanja online bagi konsumen, dan kemudahan berjualan dengan hasil maksimal bagi seller. Tokopedia menjadi penengah antar keduanya, di mana akan tercipta aktivitas jual-beli yang sehat dan memberikan kenyamanan bagi keduanya. Dan lagi, di Tokopedia sudah disediakan beragam fitur canggih dan sistem keamanan terbaik sehingga aktivitas jual-beli menjadi lebih lancar dan efisien.

Cara Hapus Akun Tokopedia
Cara Hapus Akun Tokopedia

Sebagai pembeli, Tokopedia memang menjadi tempat terbaik untuk mencari barang kebutuhan dengan kualitas terbaik. Meskipun rata-rata produk yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dibandingkan yang ada di marketplace plat oranye, namun untuk segi kualitas bisa dibilang di atasnya. Bahkan banyak orang yang bilang lebih baik berbelanja di Tokopedia dibandingkan marketplace lain. Hal ini terbukti dari jumlah transaksi sukses setiap harinya yang terjadi di Tokopedia, dan rata-rata dari mereka merasa puas berbelanja di sini.

Baca Juga:

Untuk bisa berbelanja atau berjualan di Tokopedia, tentunya kita perlu membuat akun terlebih dahulu. Membuatnya cukup mudah dengan memanfaatkan nomor HP dan email, akun sudah bisa dibuat secara gratis. Sudah punya akun Tokopedia, terkadang beberapa pengguna ingin menghapusnya karena alasan tertentu. Akan tetapi, di Tokopedia tidak ditemukan fitur untuk melakukan penghapusan akun tersebut. Lantas, bagaimana cara hapu akun Tokopedia tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Penghapusan atau Penonaktifan Akun Tokopedia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di aplikasi ataupun website Tokopedia belum disediakan fitur khusus untuk menghapus akun secara permanen. Entah apa yang menjadi alasannya, yang pasti pihak Tokopedia tidak menghadirkan fitur semacam ini. Karena itulah, tidak jarang pengguna yang tidak ingin menggunakan Tokopedia lagi, merasa bingung mencari cara untuk menghapus akunnya tersebut.

Meski demikian, Tokopedia menyediakan fitur lain yang fungsinya hampir sama dengan penghapusan akun, yakni Tutup Akun. Fitur satu ini memungkinkan akun Tokopedia pengguna akan dinonaktifkan secara permanen. Dan cara penutupan akun ini sendiri bisa dilakukan sendiri oleh pengguna langsung dari dalam aplikasi Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Menutup Akun Tokopedia Secara Permanen

Sebelum lanjut ke cara penonaktifan akun Tokopedia, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal ini sangat penting diketahui agar penutupan akun bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Adapun beberapa syarat dan ketentuan penutupan akun Tokopedia secara permanen tersebut, di antaranya:

  1. Penutupan akun Tokopedia bisa dilakukan jika pengguna memiliki lebih dari 1 akun.
  2. Akun Tokopedia bisa ditutup atau dinonaktifkan jika sudah tidak ada transaksi aktif apa pun di dalamnya.
  3. Akun Tokopedia yang ingin dinonaktifkan atau ditutup tidak sedang memiliki tanggungan cicilan pinjaman online atau PayLater.
  4. Semua saldo akun, reksadana, dan saldo emas pastikan sudah kamu tarik. Dikarenakan semua data tersebut akan direset dan akan hangus jika kamu tidak melakukan penarikan terlebih dahulu.
  5. Email dan nomor HP yang digunakan pada akun Tokopedia yang dinonaktifkan, tidak akan bisa lagi digunakan untuk mendaftar akun Tokopedia baru di lain waktu.
  6. Akun Toko yang terkait dengan akun Tokopedia yang dihapus akan ditutup secara permanen (khusus Seller Tokopedia). Jika ada pesanan di dalamnya, maka secara otomatis akan dibatalkan.
  7. Sambungan akun Tokopedia ke akun lain (Gojek) akan secara otomatis diputus.

Pastikan kamu sudah mengetahui beberapa hal di atas agar tidak menyesal di kemudian hari karena sudah melakukan penghapusan atau penutupan akun Tokopedia.

Cara Hapus Akun Tokopedia Lewat HP Android

Cara Tutup Akun Tokopedia
Cara Tutup Akun Tokopedia

Sementara untuk cara menghapus akun Tokopedia dengan cara tutup akun, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Cara yang dimaksud yakni menghapus akun Tokopedia sementara dan secara permanen. Adapun cara hapus akun Tokopedia melalui HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Akun Tokopedia dengan Uninstall Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika kamu ingin menonaktifkan akun Tokopedia milikmu sementara waktu saja. Di kemudian hari kamu masih memungkinkan untuk mengaktifkannya lagi dengan mudah. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi.
  3. Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Tokopedia untuk masuk ke Info Aplikasinya.
  4. Pada halaman tersebut, selanjutnya kamu masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Kemudian klik pada opsi Hapus Cache. Lalu lanjut dengan klik Hapus Data dan konfirmasi penghapusan.
  6. Klik tombol Kembali, kemudian klik pada opsi Hapus Instalasi atau Uninstall.
  7. Selesai.

Cara ini akan menghapus aplikasi Tokopedia dari HP android, sekaligus menonaktifkan akunnya secara sementara waktu. Jika kamu ingin mengaktifkan lagi akun Tokopedia milikmu, maka tinggal install lagi aplikasi Tokopedia di HP dan login ke akun tersebut dengan menggunakan nomor HP atau email dan passwordnya.

Catatan: Alternatif lain untuk menghapus aplikasi Tokopedia, bisa dengan menekan dan tahan ikon aplikasi Tokopedia lalu pilih Uninstall atau Hapus Instalasi.

2. Hapus Akun Tokopedia dengan Menutup Akun

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu ingin melakukan penghapusan akun Tokopedia secara permanen. Langkah-langkahnya juga terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan melakukannya. Mengenai cara menutup akun Tokopedia secara permanen tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Tokopedia di perangkat smartphone. Pastikan kamu sudah login ke akun Tokopedia milikmu yang ingin dilakukan penghapusan permanen.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada menu Profil yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian masuk ke opsi Ubah Profil.
  4. Di halaman pengeditan profil ini, kamu gulir ke bawah hingga menemukan opsi Tutup Akun. Kemudian klik pada opsi Tutup Akun tersebut.
  5. Informasi penting mengenai penutupan akun akan ditampilkan di sana. Silahkan kamu baca agar lebih yakin penghapusan atau penutupan akun ini ingin dilakukan. Jika sudah, kemudian kamu klik tombol Lanjut.
  6. Konfirmasi dengan memilih alasan kenapa kamu ingin menutup akun Tokopedia milikmu. Kemudian klik lagi tombol Lanjut.
  7. Untuk mulai menutup akun Tokopedia, kamu klik tombol Tutup Akun Sekarang.
  8. Kemudian konfirmasi penutupan akun dengan klik tombol Ya, Tutup Akun yang ada di halaman notifikasi pop up di layar.
  9. Sekarang kamu masukkan PIN Tokopedia milikmu untuk verifikasi penghapusan akun. Maka, dengan demikian akun Tokopedia milikmu sudah berhasil ditutup atau dinonaktifkan secara permanen.
  10. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara hapus akun Tokopedia secara permanen dan sementara yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Hapus Akun Lazada Sementara dan Permanen di HP
Artikel SelanjutnyaCara Bayar Tokopedia Lewat Indomaret
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini