Cara Hapus Akun Google Secara Permanen Lewat HP

Cara Hapus Akun Google Secara Permanen – Sebagai pemilik HP android, kamu pasti punya yang namanya akun Google atau Gmail. Ya, karena setiap perangkat membutuhkan akun Google tersebut untuk menyimpan semua data dan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Selain itu, akun Google juga berguna ketika kamu ingin mengakses aplikasi milik Google seperti, Gmail, Google Play, Youtube, Google Drive dan lain sebagainya.

Cara Hapus Akun Google Secara Permanen
Cara Hapus Akun Google Secara Permanen Lewat HP

Tetapi terkadang beberapa pengguna ingin melakukan penghapusan akun Google karena berbagai faktor. Mungkin karena terlalu banyak memiliki akun Google, akun Google yang tidak berfungsi, akun dihack atau yang lain sebagainya. Bagi pemula mungkin masih cukup kebingungan untuk melakukan penghapusan akun Google secara permanen.

Baca Juga :

Tenang saja, karena pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai cara hapus akun Google secara permanen lewat HP android yang bisa kamu terapkan sendiri. Caranya sangat mudah dan simple, bahkan kamu yang masih pemula sekalipun bisa melakukannya dengan mudah. Untuk cara selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Hapus Akun Google Secara Permanen Lewat Android

Seperti yang kita tahu, akun Google sangat dibutuhkan ketika kita ingin mengakses produk atau layanan dari Google. Karena itu, sebaiknya pertimbangkan lagi keputusanmu ingin melakukan cara hapus akun Google secara permanen. Untuk semakin meyakinkan keputusan tersebut, perhatikan dulu beberapa hal ini.

  • Jika kamu melakukan penghapusan akun Google maka kamu tidak bisa lagi mengakses file atau data yang tersimpan di Google Drive, pesan di Gmail, dan juga layanan Google lainnya yang tersambung dengan akun tersebut.
  • Selain itu, semua aplikasi atau apapun itu yang sudah kamu beli melalui Google Play Store, Play Music, ataupun Play Book akan selamanya hilang. Karena itulah pertimbangkan lagi jika ingin menghapus akun.
  • Daftar kontak android yang tersimpan di Gmail juga akan ikut dihapus, sehingga kamu tidak bisa lagi menemukannya.
  • Dan juga saat ingin membuat akun baru, maka kamu tidak bisa menggunakan username yang sama dengan akun yang telah dihapus tadi.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, apakah kamu sudah yakin ingin melakukan penghapusan akun Google-mu? Jika iya, agar semua data aman dan masih bisa diakses sebaiknya lakukan juga pembackupan data atau file dari akun Google yang ingin dihapus. Data atau file yang dicadangkan ini nantinya bisa kamu akses kembali jika masih diperlukan. Untuk melakukan Backup atau pencadangan data akun Google sangat mudah dan simple.

Adapun cara backup data dari akun Gmail, antara lain:

1. Pertama kamu perlu mengakses Google Account kamu dengan cara klik Link Ini. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman pengelola akun Google kamu.

2. Pada halaman utama kelola akun Google, kamu klik menu Data & Personalisasi, kemudian scroll ke bawah dan klik pada opsi Download data Anda.

3. Berikutnya kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin kamu download data pentingnya. Beri centang pada aplikasi-aplikasi yang ingin dipilih tersebut. Secara default biasanya semua aplikasi akan dicenang secara otomatis, kamu hanya perlu menghilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak ingin dibackup.

4. Setelah selesai, tingga kamu lanjutkan dengan klik tombol Langkah Berikutnya.

5. Langkah selanjutnya pilih link download data backup, jenis ekspor, jenis file, dan juga ukuran arsip. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Buat Arsip.

6. Tunggu beberapa saat sampai proses backup selesai. Jika sudah kamu bisa mengunduh data backup atau salinan tadi.

Setelah melakukan backup atau pencadangan data akun Google, selanjutnya melakukan cara hapus akun Google  secara permanen.

Adapun langkah-langkahnya sangat mudah, selengkapnya bisa dilihat di bawah ini:

1. Pertama kamu buka halaman kelola akun Google dengan cara klik Link Ini.

2. Di halaman utama yang muncul, selanjutnya kamu klik menu Data & Personalisasi. Scroll ke bawah lalu pilih opsi Hapus layanan atau akun Anda. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman penghapusan akun.

3. Pada halaman berikutnya akan ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Karena tujuannya disini adalah menghapus akun Google, maka kamu bisa klik Hapus Akun Anda.

4.  Selanjutnya kamu harus melakukan konfirmasi penghapusan akun dengan memasukkan kata sandi akun Google yang kamu hapus.

5. Dan jika kamu sudah yakin ingin menghapus akun Google, lanjutkan dengan klik tombol Hapus Akun. Secara otomatis akun Google kamu sudah berhasil dihapus secara permanen.

Pastikan kamu sudah tahu beberapa risiko yang akan kamu terima jika melakukan penghapusan akun Google. Namun jika ternyata kamu berubah pikiran dan ingin mengembalikan kembali akun yang sudah dihapus, maka lihat cara Ini.

Penutup

Itulah tadi cara hapus akun Google secara permanen lewat HP android bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.