Cara Hapus Akun Google Play Store Paling Mudah

Cara Hapus Akun Google Play Store – Google Play Store bisa diibaratkan sebagai gudangnya aplikasi android. Google Play Store memang dibuat oleh Google untuk menampung berbagai aplikasi dan program lain khusus untuk perangkat android. semua aplikasi yang disediakan di Play Store bisa dipastikan aman untuk digunakan. Pasalnya Google menerapkan tahap seleksi yang cukup ketat untuk semua jenis aplikasi yang ingin dimasukkan di dalamnya. Jadi, tidak akan ada yang namanya aplikasi disusupi oleh virus atau malware berbahaya. Jika memang ada, maka Google akan secara langsung memblokirnya.

Cara Hapus Akun Google Play Store
Cara Hapus Akun Google Play Store

Seperti yang kita tahu, agar bisa menikmati semua fitur yang ada di Google Play Store, maka pengguna diwajibkan login menggunakan akun Google terlebih dahulu. Jadi, kamu harus membuat akun Gmail atau Google untuk nantinya digunakan login ke Google Play Store. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengunjungi halaman Gmail dan pilih tombol buat akun baru. Atau bisa juga membuat akun Google melalui menu pengaturan di HP android. Hal ini hanya berlaku untuk HP android yang masih baru alias yang belum login akun Google.

Baca Juga:

Sementara bagi kalian yang membeli HP android dalam kondisi bekas, akun Google Play Store biasanya akan tersedia. Sebaiknya kamu jangan menggunakan akun Google tersebut, melainkan menggantinya dengan akun Google Play Store baru. Namun sebelumnya kamu harus menghapus akun Google Play Store tersebut, kemudian nanti membuat akun baru. Namun, ternyata tidak banyak pengguna yang tahu bagaimana cara hapus akun Google Play Store tersebut. Tidak perlu bingung, berikut ini cara menghapus akun Google Play Store yang bisa kamu terapkan.

Cara Hapus Akun Google Play Store Paling Mudah

Cara Menghapus Akun Google Play Store
Cara Menghapus Akun Google Play Store

Sebenarnya cukup mudah untuk menghapus akun Google Play Store di HP android. Hanya saja, bagi pengguna awam mungkin cara ini akan cukup menyulitkan. Setidaknya ada 2 metode untuk menghapus akun Google Play Store di HP android. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

1. Hapus Akun Google Play Store Lewat Pengaturan

Cara yang pertama untuk menghapus akun Google Play Store, bisa dilakukan menu Pengaturan. Cara ini terbilang cukup simple dan efektif, sehingga bagi kamu yang masih pemula pasti bisa melakukannya dengan mudah. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Akun dan Pencadangan.
  • Kemudian masuk ke opsi Akun.
  • Klik pada akun Google yang sedang kamu gunakan di Google Play Store sekarang ini.
  • Selanjutnya klik tombol Hapus Akun.
  • Konfirmasi penghapusan akun Google dengan klik tombol OK.
  • Selesai.

Dengan demikian, sekarang di HP androidmu sudah tidak ada lagi akun Googe yang digunakan. Jika ternyata masih ada akun Google lain di menu Pengaturan tadi, sebaiknya kamu hapus semuanya. Untuk mengetesnya, silakan kamu buka aplikasi Google Play Store di HP androidmu. Karena akun Google sudah dihapus, jadi kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat akun Google Baru. Artinya kamu sudah berhasil melakukan penghapusan akun Google Play Store.

Sekarang kamu bisa mencoba untuk membuat akun Google Play Store lain untuk digunakan di HP android. Jika memang sudah punya akun Google baru, maka kamu cukup melakukan login. Untuk pembuatan akun Google baru, kamu hanya perlu mengisi kolom sesuai instruksi. Mulai dari nama depan dan belakang, alamat email baru yang ingin dibuat, password dan lain sebagainya.

Membuat akun Google baru juga bisa dilakukan melalui menu Pengaturan HP android. mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Akun dan Pencadangan.
  • Klik pada opsi Akun.
  • Klik tombol Tambah akun untuk membuat akun Google Baru.
  • Silakan login ke akun Google lain yang ingin kamu gunakan.
  • Atau jika memang belum punya akun Google lain, maka kamu bisa klik Daftar akun.
  • Ikuti step-step pembuatan akun Google hingga selesai.

Secara otomatis nantinya Google Play Store sudah berganti akunnya dengan akun Google yang kamu buat tadi.

2. Melakukan Factory Reset

Cara satu ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin menjual HP android. Dengan factory reset, maka semua data yang tersimpan di HP akan dihapus secara permanen. Mulai dari data aplikasi, file media, dan jenis file lain yang tersimpan di memori internal. Cara ini juga akan menghapus semua akun yang terdaftar di HP android, termasuk juga akun Google Play Store.

Dengan demikian, semua data pribadimu tidak akan lagi tersisa sehingga membuat HP tampak seperti baru lagi. Tidak hanya itu saja, melakukan factory reset akan membuat performa HP menjadi lebih cepat dan maksimal. Berbagai masalah error yang sebelumnya terjadi, juga akan mampu dihilangkan.

Melakukan factory reset HP android bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni melalui menu Pengaturan dan juga melalui menu Recovery. Kedua metode tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan. Namun, yang akan saya bahas kali ini yakni cara melakukan factory reset melalui menu Pengaturan, yakni:

  • Langkah pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Manajemen Umum.
  • Klik tombol Reset untuk mulai mereset HP android.
  • Sekarang kamu klik opsi Reset data pabrik.
  • Tunggu sampai proses reset HP selesai. Biasanya akan membutuhkan waktu agak lama.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara hapus akun Google Play Store di HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?