Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP – Indihome merupakan salah satu produk layanan dari PT. Telkom Indonesia yang khusus berisi paket layanan komunikasi dan data. Indonesia Digital Home atau yang disingkat Indihome sendiri memberikan tiga pilihan paket layanan, mulai dari layanan telepon rumah, internet dan juga layanan televisi interaktif. Ketiga paket tersebut dipisah, sehingga pelanggan bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhannya. Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih hemat bisa langsung memilih paket dengan tiga layanan tersebut.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP
Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP

Berbicara Indihome, produk layanan tersebut lebih identik dengan layanan internet atau wifi. Kita bisa berlangganan paket internet wifi dari Indihome dengan kecepatan akses yang stabil dan cepat. Layanan internet dari Indihome ini sendiri masih dibagi lagi dengan beberapa pilihan paket, dan yang paling rendah yakni paket internet 10 Mbps. Ada pula paket dengan kecepatan internet yang lebih kencang, namun tentunya dengan harga yang disesuaikan.

Baca Juga:

Sebagai pengguna layanan internet Indihome Fiber, terkadang kita sering dibuat kesal sendiri. Alasannya karena banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba membobol password wifi kita. Ingin mengubah password Indihome, tetapi tidak mengerti bagaimana cara melakukannya. Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengganti password wifi Indihome Fiber tersebut. Tidak memerlukan perangkat PC atau laptop, cukup menggunakan perangkat HP android saja. Berikut ini cara ganti password wifi Indihome lewat HP paling mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP

Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP Android
Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP Android

Kebanyakan pengguna mungkin hanya tau kalau password wifi Indihome bisa diganti melalui perangkat PC atau laptop. Padahal tidak, melalui perangkat HP android kamu sudah bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Untuk langkah-langkahnya sendiri kurang lebih sama dengan saat mengganti password wifi Indihome melalui perangkat PC atau laptop. 

Meski demikian, cara mengganti password wifi Indihome lewat HP dianggap lebih mudah dan efisien dibandingkan melalui PC atau laptop. Adapun langkah-langkah mengubah password wifi Indihome lewat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Agar bisa mengganti password Wifi Indihome melalui HP android, perangkat HP-mu harus sudah terhubung ke jaringan wifi tersebut. Jika tidak, tentunya cara ini tidak akan bisa kamu lakukan.
  • Jika HP sudah terhubung ke jaringan wifi Indihome, selanjutnya kamu buka aplikasi browser di HP androidmu.
  • Pada halaman utama browser, selanjutnya kamu ketik alamat IP 192.168.1.1 pada kolom url browser. Selanjutnya kamu klik tombol Enter.
  • Secara otomatis kamu akan dibawa ke halaman login akun wifi Indihome. Selanjutnya kamu isi Username dan Password pada bagian kolom yang sudah disediakan. Jika memang sebelumnya kamu belum pernah mengakses halaman ini dan juga belum pernah mengganti username serta password login, maka gunakan username dan password “admin”. Jika tidak bisa, cobalah isi kolom username dan password dengan “user”.
  • Jika sudah berhasil masuk ke akun wifi Indihome, sekarang kamu sudah bisa mulai mengganti password wifi-nya. Caranya yakni dengan masuk ke menu Network, kemudian pilih opsi WLAN. Akan ada beberapa opsi yang muncul, kamu pilih opsi Security.
  • Untuk mengganti password kamu isikan password baru pada bagian kolom WPA Passphrase. Pastikan kamu menggunakan password yang unik dengan kombinasi huruf dan angka. Jangan sekali-kali membuat password dari susunan tanggal lahir atau yang berhubungan dengan identitasmu. Karena hal ini akan membuat orang lain mudah menebak password wifi Indihome kamu. Jika sudah, selanjutnya simpan password dengan klik tombol Submit.
  • Selesai. Kamu bisa langsung lakukan logout dari akun wifi Indihome tersebut.

Catatan : Jika alamat IP di atas tidak bisa kamu akses, maka kamu bisa mencoba alamat IP lain. Misalnya dengan alamat IP 192.168.1.254 atau 192.168.0.1

Agar password wifi Indihome kamu tidak dibobol lagi, sebaiknya lakukan penggantian password wifi secara rutin. Mengganti password wifi Indihome bisa kamu lakukan maksimal 1 minggu sekali. Atau kalau perlu kamu ganti password wifi Indihome sehari sekali. Ada beberapa alasan yang mengharuskanmu melakukan penggantian password secara rutin, yakni:

1. Soal keamanan wifi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, mengganti password wifi secara rutin akan membuat tingkat keamanannya menjadi lebih kuat. Jaringan wifi tersebut akan susah untuk diakses oleh sembarangan orang. Kalau pun bisa dibobol melalui aplikasi khusus, tetapi tentunya bakal merepotkan jika harus membobol secara terus-terusan.

Tidak hanya menutup celah keamanan bagi para pembobol jaringan internet saja. Hal ini juga akan membantu meminimalisir para hacker untuk membobolnya dengan tujuan mengambil data akun pribadi pengguna atau urusan lain yang pastinya akan sangat berbahaya jika dibiarkan.

2. Meningkatkan kecepatan akses internet

Memangnya ada hubungan mengganti password wifi dengan jaringan internet yang lelet? Jawabannya tentu ada. Salah satu penyebab jaringan internet lemot adalah karena terlalu banyak perangkat yang terhubung di dalamnya. Misalnya kecepatan internet Indihome yang kamu miliki sebesar 10 Mbps. Jika ada 10 perangkat yang terhubung ke jaringan wifi tersebut, maka masing-masing perangkat hanya bisa mendapatkan kecepatan internet sebesar 1 Mbps saja. Mungkin kecepatan 1 Mbps masih cukup lancar, tetapi bagaimana jika yang terhubung jumlahnya lebih dari itu?

Karena itulah, jika kecepatan internet terasa lemot maka kamu bisa langsung mengganti password wifi-nya. Secara otomatis semua perangkat yang terhubung akan diputus sebelum mereka mamasukkan password yang benar.

Penutup

Itulah tadi cara ganti password wifi Indihome lewat HP paling mudah yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?