Cara Ganti Password Gmail di HP Android

85
Cara Ganti Password Gmail
Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail – Gmail merupakan layanan email gratis dari Google yang cukup banyak digunakan. Akun Gmail sendiri cukup mudah dibuat dan prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup dengan memasukkan nama depan dan nama belakang, alamat email yang ingin dibuat, tanggal lahir, jenis kelamin serta password untuk akunnya. Yang terbaru, Google menyarankan pengguna untuk menautkan akun Gmail yang dibuatnya dengan nomor HP. Nantinya pengguna harus melakukan verifikasi kepemilikan nomor HP yang digunakan tersebut dengan memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS. Selain nomor HP, kita juga bisa melengkapi akun Google atau Gmail dengan email pemulihan.

Nomor HP dan Email Pemulihan diperlukan untuk melindungi akun dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Keduanya biasanya akan dijadikan sarana untuk mengirim kode verifikasi untuk memastikan bahwa yang mengakses akun Gmail tersebut adalah kamu, dan bukan orang lain bahkan hacker. Dengan perlindungan password atau kata sandi memang dirasa kurang cukup, apalagi di jaman sekarang ini orang bisa dengan mudah menebak dan membobol kata sandi akun yang kita miliki. Sebenarnya ada trik umum untuk melindungi akun dari hacker, yakni melindungi akun dengan password yang rumit.

Baca Juga:

Kebanyakan orang membuat akun Gmail menggunakan password yang merupakan susunan dari tanggal dan tahun lahir serta kata yang mudah untuk ditebak. Sebaiknya mulai sekarang hindari penggunaan password semacam ini. Jika sudah terlanjur, disarankan untuk mengubah password dari akun Gmail milikmu agar lebih sulit untuk dibobol. Belum tahu cara mengubah password akun Gmail tersebut? Tidak perlu khawatir, pasalnya pada artikel kali ini akan diterangkan cara ganti password akun Gmail yang mudah cukup melalui perangkat smartphone android. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Ganti Password Gmail di HP Android

Cara Mengubah Password Akun Gmail
Cara Mengubah Password Akun Gmail

Selain karena alasan untuk memperkuat perlindungan pada akun Gmail, mengganti password akun biasanya juga dilakukan oleh beberapa orang dikarenakan lupa password lama yang digunakan. Sudah mencoba berbagai cara, namun kata sandi akun Gmail tetap saja tidak ingat. Memang solusi terbaik agar bisa masuk lagi ke akun Gmail yang lupa kata sandi tersebut yakni dengan mengganti password baru.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum paham cara mengganti kata sandi akun Gmail yang belum masuk atau lupa password tersebut. Sebenarnya cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya.

Dalam hal mengubah kata sandi akun Gmail di HP android, setidaknya ada 2 cara yang bisa digunakan. Satu cara digunakan untuk kamu yang sudah masuk ke akun Gmail dan cara kedua khusus dilakukan jika kamu tidak bisa masuk ke akun Gmail alias lupa kata sandinya. Adapun cara ganti password Gmail di HP android yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengubah Kata Sandi Gmail yang Sudah Masuk

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika kamu sudah dalam posisi masuk ke akun Gmail. Baik itu, login ke akun Gmail melalui aplikasi Gmail maupun browser Google Chrome. Keduanya sama-sama mudah untuk dilakukan, tinggal kamu sesuaikan dengan kondisimu saat ini. Mengingat aplikasi Gmail termasuk bukan aplikasi bawaan di beberapa seri dan merek HP android, sehingga kita perlu menginstallnya secara manual.

Adapun cara mengganti kata sandi akun Gmail yang sudah masuk di HP android tersebut, yakni:

Cara 1. Ubah Password Gmail di Aplikasi

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Gmail di perangkat smartphone androidmu. Jika memang di HP androidmu belum tersedia aplikasi Gmail, maka kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu melalui Play Store.
  2. Pada halaman utama aplikasi Gmail, pastikan kamu sudah login ke akun Gmail yang ingin diubah passwordnya. Untuk beralih akun Gmail atau login ke email baru, bisa klik Foto Profil di pojok kanan atas, lalu pilih akun Gmail atau Tambahkan Akun Lainnya.
  3. Untuk mulai mengubah password akun Gmail, kamu klik Foto Profil di pojok kanan atas tampilan. Kemudian klik pada menu Kelola Akun Google Anda atau Manage Your Google Account, maka kamu akan dialihkan ke halaman baru.
  4. Selanjutnya masuk ke tab Informasi Pribadi atau Basic Info. Gulir ke bawah, lalu klik pada opsi Sandi.
  5. Lakukan verifikasi dengan memasukkan sandi lama akun tersebut, lalu klik Berikutnya.
  6. Jika berhasil, sekarang kamu diminta untuk membuat sandi atau password baru. Masukkan password baru pada kolom yang disediakan, kemudian klik tombol Ubah Sandi.
  7. Selesai.

Dengan cara ini kamu sudah berhasil mengubah kata sandi dari akun Google atau Gmail milikmu.

Cara 2. Ubah Password Gmail Lewat Browser

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu. Disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs Gmail.com atau mail.google.com.
  3. Selanjutnya kamu login ke akun Gmail yang ingin diganti passwordnya.
  4. Diasumsikan kamu sudah berhasil login ke akun Gmail milikmu. Pada halaman utama akun Gmail, sekarang kamu klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas, kemudian klik pada alamat email yang ada di bagian atas.
  5. Kamu akan dibawa ke halaman baru, kemudian klik menu Kelola Akun Google Anda yang ada di bawah nama dan alamat emailmu.
  6. Pada halaman baru yang ditampilkan, selanjutnya kamu pilih tab Informasi Pribadi.
  7. Kemudian gulir ke bawah, lalu klik opsi Sandi atau Password. Mungkin kamu perlu memasukkan kata sandi lama untuk verifikasi, kemudian klik Login.
  8. Jika berhasil, selanjutnya kamu bisa membuat password baru untuk akun tersebut. Kemudian simpan password baru dengan klik Ubah Sandi.
  9. Selesai.

Kedua cara di atas berlaku jika saat ini kamu masih ingat password lama yang digunakan di akun Gmail. Pasalnya, kita perlu mengonfirmasi bahwa ini dilakukan oleh pemilik akun dengan memasukkan kata sandi yang digunakan saat ini.

2. Mengubah Kata Sandi Gmail yang Tidak Bisa Masuk

Jika kamu mencari cara ganti password Gmail yang lupa atau tidak bisa masuk, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kita bisa memanfaatkan fitur Lupa Password atau Forgot Password yang disediakan oleh Google. Namun, melakukan cara ini kamu perlu memastikan salah satu satu dari Nomor HP dan Email Pemulihan masih aktif dan bisa diakses. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android.l
  2. Kemudian kunjungi halaman My Account Google melalui LINK INI.
  3. Pada halaman tersebut kamu diminta untuk memasukkan alamat email dan passwordnya. Masukkan alamat emailnya saja di kolom yang disediakan, sementara untuk kolom password dikosongi.
  4. Selanjutnya kamu klik menu Lupa Kata Sandi atau Forgot Password yang ada di bagian bawah kolom memasukkan password tadi.
  5. Sekarang kamu bisa memilih salah satu dari opsi pemulihan akun Gmail, yakni Kirim Kode ke Email Pemulihan atau Kirim Email ke Nomor Ponsel.
  6. Nantinya kode verifikasi akan dikirim ke salah satu opsi yang kamu pilih tadi. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang sudah diterima di email atau nomor HP, dan klik Verifikasi.
  7. Jika berhasil, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat password baru. Masukkan password baru dan konfirmasi password baru, lalu klik tombol Ubah Sandi.
  8. Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengubah password akun Gmail yang lupa atau tidak bisa masuk.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ganti password Gmail di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di Android
Artikel SelanjutnyaCara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel yang Mudah
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini