Cara Ganti Foto Profil Email di HP Android Terbaru

Cara Ganti Foto Profil Email di HP – Hampir semua orang pasti punya e-mail pribadi sekarang ini. Bagaimana tidak? Gmail menjadi akun wajib bagi para pengguna HP android. Akun Gmail menjadi syarat utama agar HP android bisa dinikmati fungsinya secara lebih maksimal. Selain itu, sebagian besar aplikasi di HP android juga membutuhkan akun Gmail agar berfungsi dengan baik. Sebut saja aplikasi bawaan dari Google, seperti Google Play Store, Google Play Game, Google Maps dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak perlu takut membayar, karena akun Gmail bisa kamu buat secara gratis.

Cara Ganti Foto Profil Email di HP
Cara Ganti Foto Profil Email di HP

Namun, pernahkah kamu berpikir untuk mengganti foto profil e-mail di Gmail? Memang terbilang sepele, namun kenyataannya masih banyak pengguna yang belum tahu mengenai cara tersebut. Mereka merasa kesulitan untuk mengubah foto profil di e-mailnya sehingga terlihat seperti akun abal-abal. Mengganti foto profil di Gmail bisa dilakukan di perangkat apa saja, termasuk di perangkat HP android. Caranya tidak sulit, hanya butuh beberapa step saja kamu sudah berhasil mengganti foto profil di akun Gmail tersebut.

Baca Juga:

Perlu kamu tahu, sebenar Google akan secara otomatis memberikan foto profil pada akun e-mail-mu yang berupa huruf inisial. Huruf inisial tersebut disesuaikan dengan nama depan dari nama Gmail tersebut. Hanya saja, menurut beberapa pengguna hal ini dianggap kurang menarik. Lebih pas lagi jika foto profil Gmail diganti dengan foto sendiri. Kamu yang juga ingin mengganti foto profil email tetapi tidak tahu caranya, tidak perlu khawatir. Pada artikel kali ini saya akan membahasnya secara tuntas. Berikut ini cara ganti foto profil email di HP android yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Ganti Foto Profil Email di HP Android Terbaru

Cara Mengubah Foto Profil Email di HP
Cara Mengubah Foto Profil Email di HP

Seperti yang dijelaskan di atas, Gmail merupakan layanan email dari Google yang cukup banyak diminati. Memiliki akun Gmail membuatmu bisa mengakses semua layanan yang diberikan oleh Google lainnya. Selain itu, email dari Gmail ini juga bisa kamu gunakan untuk mendaftar akun di platform lain di luar dari produk Google. Seperti mendaftar akun media sosial, aplikasi, game, dan lain sebagainya.

Layaknya akun lainnya, foto profil di email juga penting untuk diganti dengan foto pribadi agar terlihat lebih profesional. Mengganti foto profil email salah satunya bisa dilakukan di perangkat HP android. Setidaknya ada dua metode yang bisa kamu lakukan untuk penggantian foto profil akun Gmail tersebut, yakni lewat aplikasi Gmail dan melalui browser. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ganti Foto Profil Gmail Lewat Aplikasi

Cara yang perama yakni menggnti foto profil akun email melalui aplikasi Gmail di HP. Kamu tidak perlu susah payah menginstallnya, karena aplikasi ini sudah ada secara default di HP android. Adapun langkah-langkah untuk mengubah foto profil email lewat aplikasi Gmail selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Gmail di HP androidmu. Jika memang aplikasi tersebut tidak ada, mungkin karena sudah dihapus, maka kamu bisa menginstallnya dulu melalui Google Play Store.
  • Pada tampilan utama aplikasi Gmail, kamu klik foto profil yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Nantinya akan muncul jendela pop up, selanjutnya kamu klik opsi Manage your Google Account.
  • Pada halaman manage akun Google, sekarang kamu masuk ke menu Personal Info.
  • Untuk mulai mengganti foto profil, kamu klik foto profil yang terdapat ikon kamera di bawah menu Personal Info tersebut.
  • Akan muncul lagi jendela pop up untuk mengonfirmasi penggantian foto profil akun. Lanjutkan dengan klik tombol Set profile photo.
  • Kemudian kamu pilih metode untuk memasukkan foto profil, apakah langsung foto melalui kamera atau mengambil foto dari menu Galeri.
  • Jika memang ingin mengambil foto profil yang sudah disiapkan di Galeri HP, maka klik opsi Choose photo. Sekarang kamu cari foto yang ingin dijadikan foto profil dan klik pada foto tersebut untuk memilihnya.
  • Atau jika ingin mengambil foto secara langsung saat itu juga, maka pilih opsi Taken photo. Saat kamera sudah menyala, langsung lakukan pengambilan foto.
  • Saya asumsikan foto yang ingin dijadikan foto profil sudah ditentukan. Sekarang bisa menyesuaikan ukuran foto yang ingin dijadikan foto profil. Kalau dirasa sudah pas, kemudian klik tombol Accept.
  • Maka secara otomatis foto profil email sudah berhasil kamu ganti.
  • Selesai.

2. Mengganti Foto Profil Gmail Lewat Browser

Selain lewat aplikasi Gmail, mengganti foto profil akun email Google juga bisa kamu lakukan melalui browser. Di sini kamu bisa menggunakan browser apa pun, namun saya merekomendasikan gunakan saja Google Chrome. Untuk langkah-langkah mengganti foto profil Gmail lewat browser selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu buka browser di HP android, kemudian kunjungi situs Gmail.com.
  • Pastikan kamu sudah login ke akun Gmail yang ingin diganti foto profilnya.
  • Pada tampilan gmail mobile classic, kamu klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian klik pada alamat emailnya, lalu pilih opsi Manage your Googl Account.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman untuk mengatur akun Google.
  • Selanjutnya kamu klik pada foto profil akun Google tersebut.
  • Nantinya akan muncul jendela pop up, kamu bisa langsung menambahkan foto profilnya. Bisa dengan Choose photo dari Galeri atau langsung dari foto kamera saat itu juga.
  • Sekarang sesuaikan ukuran foto profilnya dan terakhir klik Accept.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara ganti foto profil email di HP android yang paling mudah dan cepat. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini