Cara Ganti Foto Playlist Spotify di HP Android

9
Cara Ganti Foto Playlist Spotify
Cara Ganti Foto Playlist Spotify

Cara Ganti Foto Playlist Spotify – Mendengarkan musik bagi beberapa orang mungkin bisa menjadi hiburan tersendiri. Bahkan beberapa dari mereka mengaku mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik akan membuatnya lebih produksi dan semangat. Apalagi jika musik yang diputar merupakan musik kesukaannya, pasti akan menjadi pemicu semangat bagi dirinya. Di era modern seperti sekarang ini mendengarkan musik sudah bisa dilakukan di berbagai jenis perangkat. Namun, yang paling mudah dan nyaman memutar musik melalui perangkat smartphone android. Penggunaan perangkat satu ini memungkinkan kita lebih mudah memutar musik kapan dan di mana saja.

Cara Ganti Foto Playlist Spotify
Cara Ganti Foto Playlist Spotify

Terlebih lagi sekarang ini di perangkat android dilengkapi dengan fitur audio yang canggih, di mana suara musik yang dihasilkan sangat nyaman didengar telinga. Bahkan pada beberapa jenis perangkat smartphone menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur komposisi audio di perangkatnya tersebut. Yang lebih menarik lagi, di smartphone android kita memungkinkan untuk memutar musik secara streaming. Jadi, kita tidak mendownload musik dan menyimpannya di perangkat smartphone, yang mana hal ini hanya akan membuat memori cepat penuh. Lagu apa saja bisa dicari dan diputar dengan mudah secara online, berbagai jenis platform sudah hadir dan bisa pengguna pilih sendiri. Salah satu platform streaming musik terbaik saat ini yakni bernama Spotify.

Baca Juga:

Spotify merupakan platform streaming musik yang hadir untuk berbagai jenis perangkat, baik itu perangkat mobile, PC, hingga tablet. Pengguna bebas mengaksesnya melalui platform aplikasi ataupun website. Berbagai fitur menarik disediakan di Spotify, misalnya saja fitur untuk memasang foto playlist. Penggunaan foto pada playlist ini tentunya akan memberikan keunikan tersendiri. Meskipun mudah, sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara ganti foto playlist Spotify tersebut. Bagi kamu yang belum tahu caranya, bisa simak ulasan di bawah ini.

Tentang Playlist Spotify

Seperti yang kita tahu, Spotify menjadi salah satu aplikasi pemutar musik sekaligus sebagai platform streaming musik paling populer saat ini. Spotify memungkinkan untuk digunakan secara gratis, namun untuk menikmati semua fitur di dalamnya pengguna perlu berlangganan. Harga langganan Spotify tersebut terbilang cukup murah, yakni hanya sekitar Rp 59 ribuan saja dengan masa berlangganan selama 1 bulan. Kamu bisa melakukan perpanjangan langganan atau membatalkannya kapan saja sesuai keinginan.

Menggunakan aplikasi Spotify premium dengan sistem langganan, akan ada banyak sekali fitur yang bisa kamu nikmati. Bahkan lagu terbaru dan musik premium memungkinkan untuk diakses dengan mudah dan nyaman. Selain itu, masih ada banyak lagi keuntungan yang bisa didapat jika kamu berlangganan Spotify Premium.

Berbicara mengenai fitur Spotify, ada salah satu fitur menarik yang wajib dicoba yakni fitur Playlist. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat playlist lagu sendiri yang di dalamnya tersimpan beberapa jenis lagu kesukaan. Bahkan di sini pengguna bisa membuat lebih dari 1 playlist, di mana ini akan lebih mudah mengkategorikan lagu kesukaan.

Pada playlist yang dibuat, kita bisa dengan nyaman memutar lagu yang tersimpan di dalamnya. Saat lagu diputar, biasanya akan muncul thumbnail foto secara otomatis. Terkadang pengguna suka bosan dengan hal ini, karena itulah Spotify menyediakan fitur khusus untuk mengubah foto di playlist lagu tersebut.

Cara Ganti Foto Playlist Spotify di HP Android

Cara Mengubah Foto Playlist Spotify
Cara Mengubah Foto Playlist Spotify

Sangat mudah sebenarnya untuk mengubah thumbnail foto di playlist Spotify, kamu bisa melakukannya melalui perangkat smartphone android. Sebenarnya cara ini juga bisa diterapkan bagi kamu yang menggunakan perangkat PC untuk memutar musik Spotify. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengganti foto playlist di Spotify, yakni lewat aplikasi dan lewat website Spotify. Adapun cara ganti foto playlist Spotify di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengganti Foto Playlist di Aplikasi Spotify

Mengubah foto atau thumbnail playlist Spotify memungkinkan untuk dilakukan melalui menu Pengaturan Playlist. Cara melakukannya pun terbilang sangat mudah, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun langkah-langkah mengganti foto playlist Spotify di aplikasi tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Spotify di perangkat smartphone androidmu. Jika belum punya, maka kamu perlu download dan install terlebih dahulu aplikasinya lewat Google Playstore.
  • Pada tampilan utama aplikasi Spotify, kamu klik menu Koleksi Kamu yang ada di bawah tampilan. Di sana akan ditampilkan playlist yang telah kamu buat sebelumnya.
  • Selanjutnya klik ikon Tiga Titik yang ada di sebelah kanan ikon Orang, kemudian pilih opsi Edit Playlist.
  • Pada halaman pengeditan tampilan playlist, kamu klik opsi Ganti Gambar yang ada di bawah foto playlist.
  • Di sana akan diberikan 2 pilihan untuk mengambil foto atau gambar baru yang ingin digunakan, yakni Ambil Foto (untuk memotret foto secara langsung) dan Pilih Foto (untuk memilih foto yang sudah ada). Jika kamu ingin menggunakan foto yang tersimpan di Galeri, maka klik Pilih Foto.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu cari foto atau gambar yang ingin digunakan.
  • Nantinya akan ditampilkan preview foto yang dipilih tersebut, selanjutnya klik tombol Pakai Foto.
  • Untuk menyimpannya, kamu klik saja tombol Simpan yang ada di pojok kanan atas.
  • Selesai.

Disarankan foto yang ingin digunakan untuk foto playlist berbentuk persegi, yakni sama panjang dan lebar sisinya.

2. Mengganti Foto Playlist di Website Spotify

Untuk cara yang kedua ini bisa diterapkan bagi kamu yang mengakses Spotify melalui halaman website. Beberapa orang memang enggan untuk menginstall aplikasi baru di perangkatnya, dan solusi terbaiknya yakni mengakses versi website dari platform yang diinginakn, dalam hal ini Spotify.

Di Spotify versi website memungkinkan juga untuk kita mengganti foto playlist yang telah dibuat di Spotify. Untuk cara mengganti foto playlist melalui website Spotify tersebut, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat yang digunakan untuk mengakses Spotify.
  • Kemudian kunjungi website resmi Spotify, lalu login menggunakan akun Spotify yang kamu punya. Diasumsikan kamu sudah berhasil login ke akun Spotify.
  • Pada halaman utama Spotify, selanjutnya kamu klik menu Koleksi Kamu.
  • Kemudian pilih playlist yang telah dibuat dan ingin diubah fotonya.
  • Selanjutnya klik pada Foto Playlist, kemudian klik opsi Pilih Foto.
  • Sekarang kamu cari dan pilih foto yang ingin digunakan untuk gambar playlist Spotify tersebut. Jika sudah ketemu, selanjutnya klik tombol Open atau klik 2 kali pada foto yang dipilih.
  • Kemudian klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan tersebut.
  • Sekarang kamu sudah berhasil mengganti foto playlist di akun Spotify milikmu.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi dua cara ganti foto playlist Spotify di smartphone android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Memasang Tempered Glass yang Benar
Artikel Selanjutnya7 Aplikasi Penggaris di Android Paling Akurat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini