Cara Ganti Font Xiaomi Terbaru Tanpa Root HP

Cara Ganti Font Xiaomi – Xiaomi sudah menghadirkan banyak sekali tipe HP android dengan dukungan spesifikasi mumpuni dan performa yang gahar. HP Xiaomi juga diklaim lancar dan nyaman saat digunakan untuk bermain game, bahkan game yang kapasitas lumayan besar sekali pun. Selain spesifikasinya yang mumpuni, harga HP Xiaomi juga terbilang cukup terjangkau. Tidak heran karena kebanyakan HP dari Xiaomi ini memang khusus dihadirkan untuk menyasar kalangan menengah ke bawah. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak pengguna yang lebih tertarik untuk membeli HP dari merek Xiaomi.

Cara Ganti Font Xiaomi
Cara Ganti Font Xiaomi

Layaknya di HP android merek lainnya, di smartphone Xiaomi juga dibekali dengan berbagai fitur canggih. Fitur-fitur ini nantinya akan membantu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna, juga sebagai opsi untuk membuat pengguna semakin nyaman menggunakan HP Xiaomi. Misalnya saja fitur tema, di mana pengguna dimungkinkan untuk mengubah tema Xiaomi sesuai dengan keinginan dan seleranya. Tema ini sendiri ada yang disediakan secara gratis dan berbayar yang bisa Anda pilih sendiri.

Baca Juga:

Selain tema, di HP Xiaomi kita juga dimungkinkan untuk mengubah jenis font yang digunakan. Pemilihan font yang tepat tentunya akan membuat tampilan layar HP akan tampak lebih menarik dan tidak membosankan. Sama seperti tema, jenis font di Xiaomi ini juga ada yang bersifat free dan premium alias berbayar. Cara untuk mengubah font di HP Xiaomi ini sendiri terbilang mudah. Namun, masih ada beberapa pengguna Xiaomi yang belum tahu cara melakukannya. Berikut ini cara ganti font Xiaomi tanpa root yang mudah bisa coba kamu terapkan.

Cara Ganti Font Xiaomi Terbaru Tanpa Root HP

Cara Mengubah Font Xiaomi
Cara Mengubah Font Xiaomi

Untuk mengganti jenis font di smartphone Xiaomi terbilang sangat mudah. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengganti jenis huruf di Xiaomi tersebut, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Keduanya sama mudahnya untuk dilakukan, tinggal kamu ingin menggunakan cara yang mana. Adapun cara ganti font Xiaomi terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengganti Font Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengganti jenis font di HP Xiaomi yakni tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Di sini kamu bisa memanfaatkan Aplikasi Tema yang merupakan aplikasi bawaan di HP Xiaomi. Aplikasi Tema ini sendiri sudah bisa kamu temukan di HP Xiaomi yang mengadopsi MIUI 10, MIUI 11 dan yang terbaru.

Menerapkan cara satu ini kamu tidak perlu melakukan rooting HP Xiaomi. Pasalnya, melakukan root HP hanya akan membuat sistem keamanannya menjadi rentan, sehingga mudah terserang virus, malware dan hacker. Mengenai langkah-langkah untuk mengganti font Xioami melalui menu Tema tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Tema bawaan yang ada di HP Xiaomi.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke menu Font.
  3. Sekarang kamu cari font yang ingin digunakan di HP Xiaomi. Beberapa jenis font ada yang gratis dan berbayar, kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan.
  4. Setelah font dipilih, selanjutnya kamu klik Download for Free atau Unduh Gratis.
  5. Jika sudah, sekarang kamu langsung pasang saja font tersebut dengan klik Apply atau Terapkan.
  6. Tunggu beberapa saat sampai font berhasil terpasang, kemudian klik Reboot atau Mulai Ulang.
  7. Secara otomatis HP akan melakukan restart. Saat HP sudah menyala lagi, font akan langsung berubah sesuai dengan jenis font yang kamu pilih tadi.
  8. Selesai.

Jumlah font yang bersifat gratis di aplikasi Tema Xiaomi bisa dibilang cukup sedikit. Dan lagi jenis font gratis tersebut kebanyakan modelnya kurang menarik untuk diterapkan di HP Xiaomi.

Jika kamu juga berpikir begitu, sekarang bisa lho mengubah font berbayar di Xiaomi menjadi gratis. Caranya sangat mudah dan pastinya legal untuk diterapkan. Untuk cara mengubah font Xiaomi premium menjadi gratis tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Setelan atau Settings di HP Xiaomi.
  • Kemudian masuk ke opsi Setelan Tambahan.
  • Cari dan klik pada opsi Lokasi.
  • Selanjutnya kamu ubah lokasi di HP ke negara India.
  • Setelah berhasil diubah lokasinya, sekarang kamu buka aplikasi Tema dan cari font premium gratis di sana. Beberapa tema yang sebelum bersifat berbayar akan berubah menjadi gratis karena lokasi sudah diubah ke negara India.
  • Tinggal diterapkan font tersebut seperti cara di atas.

Catatan: Selain India, kamu juga bisa mengubah ke lokasi negara lain untuk menemukan font berbayar menjadi gratis.

2. Mengganti Font Xiaomi dengan Aplikasi Tambahan

Selain cara di atas, ada alternatif lain untuk mengganti mode font Xiaomi tanpa melakukan root HP terlebih dahulu. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi launcher yang tersedia di Google Playstore. Ada banyak aplikasi launcher yang bisa kamu gunakan secara gratis di Xiaomi dan nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengubah jenis fontnya. Salah satu aplikasi launcher gratis yang bisa digunakan yakni bernama Apex Launcher.

Di Apex Launcher tidak hanya kaya akan pilihan tema menarik, melainkan juga jenis atau model font keren. Pastinya jenis font ini bisa kamu terapkan dengan mudah dan gratis di HP Xiaomi. Mengenai cara ganti font Xiaomi menggunakan Apex Launcher tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu donwload dan instal aplikasi Apex Launcher melalui Google Playstore.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan utama aplikasi, kamu buka menu Settings. Atau bisa juga dengan klik langsung ikon Apex Settings.
  4. Selanjutnya masuk ke opsi Home Screen, kemudian pilih Layout & Style.
  5. Sekarang kamu klik pada opsi Label Font, dan pilih jenis font yang ingin diterapkan di layar Home Screen Xiaomi.
  6. Selesai.

Cara di atas hanya akan mengubah jenis font yang ditampilkan di layar Home Screen saja. Jika Anda ingin mengubah font di semua tampilan HP, maka bisa lanjut dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Apex Launcher lalu masuk ke menu Settings. Atau bisa juga dengan klik pada ikon Apex Settings.
  2. Selanjutnya kamu klik pada opsi App Drawer, lalu klik opsi Label Font. Pilih jenis font yang ingin kamu gunakan dan terapkan.
  3. Klik tombol Kembali, lalu masuk ke opsi Folder. Selanjutnya kamu klik opsi Label Font dan pilih jenis font yang sama seperti yang dipilih tadi.
  4. Dengan demikian semua tampilan di HP akan diubah jenis fontnya sesuai yang kamu pilih tadi.
  5. Selesai.

Bagaimana Cara Mengembalikan Font Xiaomi ke Default Settings?

Setelah mengubah jenis font di HP Xiaomi, mungkin kamu kurang puas dengan tampilan yang diberikan. Kamu justru lebih suka dengan jenis font default yang digunakan sebelumnya pada HP Xiaomi.

Sangat mudah sebenarnya untuk mengambalikan jenis font Xiaomi ke font default tersebut. Kamu bisa mengembalikannya melalui aplikasi Tema bawaan yang ada di HP Xiaomi. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  1. Pertama kamu buka aplikasi Tema bawaan di smartphone Xiaomi.
  2. Kemudian masuk ke menu Profil dengan klik ikon Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Tema.
  4. Setelah itu, kamu pilih Tema Standar.
  5. Tinggal kamu Apply atau Terapkan tema standar tersebut di Xiaomi.
  6. Selanjutnya klik tombol Reboot untuk memulai ulang smartphone.
  7. Secara otomatis saat HP menyala tampilannya akan berubah ke mode default, beserta jenis font yang digunakannya.
  8. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara ganti font Xiaomi terbaru tanpa harus melakukan rooting HP terlebih dahulu yang mudah dan praktis. Jangan lupa untuk share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini