Cara Ganti Email Instagram Melalui HP Android

Cara Ganti Email Instagram – Hampir dipastikan semua pengguna HP android khususnya punya yang namanya akun Instagram pribadi. Instagram bukan hanya sebuah platform untuk berbagi foto dan video saja, tetapi lebih dari itu. Sejak diakuisisi oleh Facebook Inc, kini platform media sosial satu ini sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Peminatnya semakin banyak, tidak terlepas pula dari fitur-fitur baru yang dihadirkan di dalamnya. Misalnya yang paling menjadi daya tarik pengguna adalah fitur InstaStory.

Cara Ganti Email Instagram
Cara Ganti Email Instagram

Selain itu, cara untuk mendaftar akun Instagram sendiri juga sangat mudah. Pengguna awam sekalipun bisa membuat akun IG sendiri dengan mudah. Kita hanya diharuskan memiliki akun email atau nomor telepon, kemudian mengisi formulir yang disediakan. Dengan sekejap akun Instagram sudah berhasil dibuat, kamu tinggal langsung mengganti foto profil dan membagikan foto atau video di feed pribadi.

Baca Juga:

Email menjadi salah satu hal penting dalam Instagram, di mana email tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan recovery  ketika terjadi suatu masalah. Misalnya saja saat lupa password Instagram, tempat untuk mendapatkan informasi seputar akun Instagram, untuk keperluan akun bisnis dan lain sebagainya. Tapi bagaimana jika kita lupa password email sendiri? Salah satu solusinya adalah dengan mengganti alamat email Instagram. Jika masih belum tahu, berikut cara ganti email Instagram di android bisa kamu terapkan.

Cara Ganti Email Instagram Melalui HP Android

Cara Mengganti Email Instagram
Cara Mengganti Email Instagram

Untuk mengganti alamat email Instagram tidaklah sulit, yang terpenting kamu bisa login ke akun Instagram pribadimu. Jika sudah login, simak langkah-langkah berikut untuk mengganti email di Instagram:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Instagram di HP android. Atau bisa juga membuka akun Instagram melalui browser di HP android. Pastikan kamu sudah login ke akun Instagram.
  2. Selanjutnya kamu masuk ke menu Profil dengan cara klik foto yang ada di pojok bawah sebelah kanan sendiri.
  3. Setelah itu, pilih tombol Edit Profil. Di sini kamu akan mendapati beberapa informasi mengenai akun IG-mu, seperti nama, Bio, nomor HP, hingga alamat email. Kamu juga bisa mengganti beberapa info terkait akun IG tersebut.
  4. Karena kita di sini ingin mengubah alamat email, maka kamu klik pada opsi Alamat Email yang ada di bagian Informasi Pribadi.
  5. Langkah selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman untuk melakukan penggantian alamat email untuk Instagram. Sekarang kamu bisa memasukkan alamat email baru yang ingin digunakan. Jika sudah, lanjutkan dengan klik tanda Centang Biru yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  6. Nantinya akan muncul notifikasi pop up untuk keperluan konfirmasi penggantian alamat email. Lanjutkan dengan klik tombol OK.
  7. Instagram akan mengirimkan pesan di alamat email baru yang kamu gunakan untuk Instagram-mu tadi. Sekarang kamu buka akun email baru tersebut dan cek apakah ada pesan yang masuk dari Instagram. Jika ada, buka pesan tersebut lalu klik Link Tautan yang tertera di dalamnya. Maka, kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi untuk memastikan kalau email baru tersebut memang benar-benar milik kamu.
  8. Selesai. Sekarang akun Instagram kamu sudah menggunakan alamat email baru.

Alamat email memang sangat penting untuk sebuah akun Instagram. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, alamat email ini berguna untuk melakukan pemulihan akun jika memang terjadi masalah pada akun Instagram yang tersinkronasi dengannya. Misalnya saat lupa password Instagram, kamu bisa meminta penggantian password baru dengan link konfirmasi dikirimkan ke alamat email tersebut.

Cara Mengganti Password Instagram untuk Pemula

Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu bagaimana cara mengganti password Instagram. Mengganti password sering dilakukan karena beberapa faktor, misalnya terkena hack, lupa password atau karena alasan keamanan lainnya. Password memang sangat penting sebagai langkah melindungi akun Instagram dari tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab.

Adapun cara ganti password Instagram  melalui HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Pertama buka aplikasi Instagram di android, pastikan kamu sudah login ke akun Instagram pribadimu.
  2. Jika sudah, masuk ke menu profil dengan cara klik ikon foto yang ada di sebelah pojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya klik tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  4. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan yang ada di bagian pojok kanan bawah. Pada halaman settings kamu pilih opsi Privacy and Security, kemudian pilih opsi Password.
  5. Sekarang kamu ganti password dengan cara memasukkan Password Lama di kolom paling atas dan Password Baru pada kolom di bawahnya.
  6. Jika sudah, lanjutkan dengan klik tanda Centang yang ada di pojok kanan atas.
  7. Selesai.

Penutup

Sangat mudah bukan cara ganti email Instagram melalui HP android di atas? Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung jika harus mengganti alamat email Instagram karena suatu alasan tertentu. Jangan lupa share informasi ini ke media sosial pribadimu ya?