Cara Ganti Email Instagram di HP Android

Cara Ganti Email Instagram – Sebagian besar dari kalian pasti sudah punya yang namanya akun Instagram. Instagram sendiri sudah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer sekarang ini. Tidak hanya di Indonesia saja, peminat Instagram juga datang seluruh penjuru dunia. Bagaimana tidak? Instagram tidak hanya dijadikan sebatas hiburan semata. Melainkan juga punya manfaat lain, misalnya saja sebagai ladang untuk menghasilkan uang.

Cara Ganti Email Instagram
Cara Ganti Email Instagram

Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan di Instagram untuk mendapatkan uang. Baik itu dengan menjadi selebgram, menjual produk, menawarkan jasa, atau yang lain sebagainya. Sejatinya Instagram merupakan platform untuk berbagi foto atau video yang bisa digunakan secara gratis. Namun, dewasa ini Instagram sudah berkembang dengan sangat baik. Berbagai fitur menarik dihadirkan di dalamnya sehingga membuat fungsinya semakin luas, tidak hanya sekedar tempat berbagi foto atau video saja.

Baca Juga:

Sebagai pengguna Instagram, kita wajib untuk menjaga privasi akun agar tidak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Jika tidak, maka hacker bisa saja menyerang dan mengambil alih akun Instagram-mu. Tidak mau hal ini terjadi pada akun Instagram-mu, bukan? Karena itulah, pastikan kamu mengamankan email dari akun Instagram tersebut. Jika memang rawan, maka kamu bisa mengganti alamat email yang digunakan di Instagram tersebut. Lantas, bagaimana cara ganti email Instagram tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Ganti Email Instagram di HP Android Paling Mudah

Cara Mengganti Email Instagram
Cara Mengganti Email Instagram

Untuk mengganti email IG atau Instagram sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya melalui perangkat apa pun, termasuk perangkat HP android. Menggunakan HP android sebagai sarana mengganti email Instagram diklaim lebih mudah. 

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk ganti email IG, yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Adapun cara ganti email Instagram di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ganti Email Instagram Melalui Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan jika memang di HP sudah terinstall aplikasi Instagram. Pastikan kamu mengingat detail login ke akun Instagram-mu agar lebih mudah untuk melakukan penggantian alamat email IG. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Instagram di HP androidmu.
  • Pastikan kamu sudah login ke akun Instagram pribadi yang ingin diganti emailnya tersebut. Pasalnya, di sini kamu tidak akan bisa mengganti email Instagram tanpa login akun.
  • Jika sudah, sekarang kamu masuk ke menu Profil. Caranya tinggal klik ikon foto profil yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Selanjutnya kamu klik tombol Edit Profile untuk mulai mengubah alamat email.
  • Pada halaman Edit Profile, selanjutnya kamu klik pada bagian alamat email terdaftar.
  • Tulis alamat email baru yang ingin digunakan pada akun Instagram tersebut.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik ikon Centang yang ada di sebelah kanan kolom memasukkan alamat email baru.
  • Belum sampai di sini saja, kamu masih harus melakukan verifikasi alamat email baru yang digunakan tersebut. Pada notifikasi pop up yang muncul, tinggal kamu klik tombol untuk verifikasi alamat email baru.
  • Sekarang kamu buka akun email yang digunakan untuk akun Instagram tersebut. Cek pada inbox yang dikirim dari Instagram. Kemudian klik tombol Confirm Email Address yang ada di dalam pesan yang dikirim oleh Instagram tersebut.
  • Jika memang berhasil, maka di layar nantinya akan muncul notifikasi pop up yang menyatakan bahwa alamat email berhasil diverifikasi.
  • Selesai.

2.  Ganti Email Instagram Tanpa Aplikasi

Jika cara di atas mengharuskanmu menginstall aplikasi Instagram, namun tidak untuk cara kedua ini. Mungkin dengan alasan memori penuh atau yang lainnya sehingga kamu tidak ingin menginstall aplikasi Instagram di HP android. Alternatifnya kita bisa mengakses Instagram melalui menu browser di android.

Misalnya saja menggunakan browser Google Chrome yang menjadi salah satu browser paling populer digunakan. Mengenai langkah-langkah mengganti email IG lewat browser selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android, kemudian kunjungi situs Instagram resmi.
  • Pada halaman situs Instagram, selanjutnya kamu login ke akun Instagram pribadimu.
  • Jika berhasil masuk, berikutnya kamu klik menu Profil yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada halaman profil Instagram, kamu klik tombol Edit Profil.
  • Scroll ke bawah, kemudian ubah alamat email yang sudah digunakan dengan alamat email baru.
  • Selanjutnya kamu perlu melakukan verifikasi alamat email baru. Untuk caranya kurang lebih sama dengan cara di atas.
  • Selesai.

Mudah bukan cara ganti email Instagram di smartphone android di atas? Di sini kamu tidak perlu menggunakan perangkat PC ataupun laptop untuk sekedar mengganti alamat email di Instagram.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk mengubah alamat email Instagram. Salah satunya karena lupa password email yang sudah digunakan di Instagram. Jika hal ini terjadi, tentunya akan mempersulit pengguna saat lupa password Instagram atau juga saat ingin mengubah passwordnya.

Selain itu, bisa juga karena alasan keamanan akun, di mana alamat email yang digunakan di Instagram sudah diretas oleh hacker. Salah satu cirinya alamat email terdeteksi login dari dari lokasi lain yang tidak kamu ketahui. Jika tidak buru-buru diganti emailnya, maka hal ini akan membuat akun Instagram juga bisa diretas.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara ganti email Instagram lewat HP android yang paling mudah dan praktis. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.