Cara Gampang Debrick HP Xiaomi Yang Mati Total

Cara Gampang Debrick HP Xiaomi Yang Mati Total – Sesuai dengan judul kita kali ini, yang mana saya pada kesempatan ini akan menjelaskan dan berbagi tutorial kepada anda bagaimana cara menghidup kan kembali (biasa disebut debrick) android smartphone Xiaomi yang mati total, atau lebih di kenal dengan istilah Android Brick atau Hard Brick. Sebelum kita membahas inti dari artikel kali ini ada bagus nya untuk terlebih dahulu anda mengetahui pasti apa sih Hard Brick itu ? dan pasti nya kalian bertanya – tanya bukan, yang mana tentu kalian sudah pernah mendengar istilah tersebut di dunia maya atau pun percakapan orang di suatu tempat.

Cara Gampang Debrick HP Xiaomi Yang Mati Total

 

Brick sendiri adalah suatu kondisi smartphone yang mana sistem android nya tidak bisa masuk ke dalam sistem atau mati total walaupun telah di lakukan berbagai cara untuk bisa menghidupkan nya, seperti mencopot battery hp dan memasang nya kembali. Apakah smartphone yang mengalami layar pecah pada saat sehabis jatuh dan tidak mau lagi hidup seperti biasa hanya ada tulisan merek nya saja bisa di sebut Brick ? maka jawaban nya adalah tidak. Smartphone bisa disebut Brick jika ia menunjuk kan tanda – tanda seperti mati total atau tidak mau melakukan proses booting ke dalam sistem tanpa ada nya kerusakan secara fisik, yang mana arti nya bukan di sebabkan oleh kejadian seperti masuk nya ke dalam air, terjatuh, dan lain sebagai nya.

Berdasarkan gejala nya, Brick terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hard Brick dan Soft Brick. Pada umum nya kedua jenis dari Brick tersebut mempunyai pengertian yang tidak jauh berbeda. Soft Brick merupakan tolak belakang dari pengertian Brick itu sendiri, yang mana adalah kondisi kegagalan pada booting yang lebih ringan dan masih bisa di atasi dengan mudah. HP yang mengalami Soft Brick biasa nya mempunyai gejala atau ciri – ciri seperti masih mau hidup bila kita nyalakan akan tetapi hanya sebatas mentok di logo tulisan merk perangkat, contoh nya saja seperti Oppo, setelah beberapa saat tampilan tersebut muncul maka tiba – tiba akan mati dengan sendiri nya. Ciri lain nya yaitu seperti hp masih dapat merespon jika kita colok kan ke pengisian ulang baterai atau di charge.

Baca juga :

Sedangkan untuk Hard Brick sendiri merupakan kebalikan dari pengertian Soft Brick tadi, yang mana Hard Brick adalah suatu kondisi Brick, akan tetapi dengan tingkat yang lebih parah, di mana smartphone dalam kondisi mati total tanpa bisa di hidupkan tidak tau penyebab nya, serta tidak dapat merespon sama sekali ketika kita tekan tombol Power mau pun dalam kondisi di charge atau pengisian daya baterai. Pada dasar nya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kejadian Hard Brick dan Soft Brick itu sendiri, di antara nya seperti gagal flashing firmware, kernel corrupted, gagal dalam melakukan proses Bootloader, salah melakukan intruksi ketika mengoprek hp seperti melakukan rooting, dan lain sebagai nya.

Cara Gampang Debrick HP Xiaomi Yang Mati Total

Ok untuk anda yang ingin mengatasi permasalahan seperti yang sudah saya jelas di atas bisa mengikuti beberapa intruksi yang sudah saya rangkum di bawah ini hanya untuk anda pembaca setia Bukandroid. Perlu anda ingat terlebih dahulu bahwa dalam mengikuti tutorial di bawah ini harus lah di ikuti dengan teliti agar cara tersebut bisa 100% berhasil mengatasi masalah anda.

1. Melakukan Debrick Dengan Menggunakan Test Point

Penting untuk kalian ketahui terlebih dulu bahwa menggunakan cara satu ini adalah suatu hal yang berat untuk di lakukan, sebab langkah satu ini merupakan yang terakhir di sediakan oleh pihak Xiaomi untuk kita dapat menyelamatkan smartphone dari masalah mati total. Cara ini akan kita lakukan dengan melakukan short contact pada suatu titik tertentu pada bagian motherboard hp kita. Oleh sebab itu lah mau tidak mau kalian harus membongkar perangkat keras tersebut terlebih dulu agar nanti nya bisa menemukan titik tertentu yang kita cari. Biasa nya smartphone Xiaomi bertenaga cpu Snapdragon lah yang mengalami masalah ini, tapi jika anda menggunakan hp Xiaomi dengan memiliki cpu Mediatek (MTK) yang sedang mengalami masalah ini masih bisa juga menjadikan tutor ini sebagai referensi.

Melakukan Debrick Dengan Menggunakan Test Point

Alat yang harus di persiapkan :

  • Kabel tembaga atau Pinset untuk melakukan short contact.
  • Kabel USB original dari Xiaomi.
  • Obeng yang berukuran kecil berguna untuk membuka bagian belakang dalam casing hp Xiaomi.
  • Laptop atau PC yang sudah di nonaktifkan driver signature nya, yang bisa kalian liat cara nya dengan bertanya kepada google.

Bahan yang harus di persiapkan :

Berikut beberapa langkah – langkah nya di bawah ini :

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstall terlebih dulu aplikasi MiFlashTools yang sudah kalian download di atas tadi pada perangkat PC atau pun Laptop yang kamu gunakan.
  • Kalau muncul notifikasi yang berisikan sebuah peringatan tinggal kalian klik saja Install This Driver Anyway.
  • Kemudian baru lah menginstall Driver HS – USB QDLoader yang kalian download tadi ke dalam perangkat PC yang di gunakan.
  • Setelah semua bahan di install semua, maka sekarang waktu nya untuk membuka casing bagian belakang hp Xiaomi yang bermasalah tadi dengan menggunakan alat obeng sampai terlepas semua.
  • Jika selesai, langkah berikut nya yaitu menyambungkan Xiaomi ke PC yang di gunakan tadi dengan menggunakan kabel USB Original Xiaomi.
  • Lalu lakukan short contact pada titik test point dengan menggunakan alat kabel tembaga atau pinset yang tadi sudah di persiap kan sebelum nya.

    Melakukan Debrick Dengan Menggunakan Test Point

  • Lakukan dengan cara menyentuh kedua ujung kabel temabaga atau pinset tadi ke titik test point.
  • Kalau berhasil maka smartphone xiaomi akan terdeteksi oleh perangkat PC dan akan langsung menginstall driver sebagai mode EDL.
  • Tanda lain nya jika berhasil adalah akan muncul Driver Qualcomm HS – USB QDLoader pada Device Manager.
  • Lalu jika sudah lanjut menjalan kan aplikasi MiFlashTools dengan klik kanan mouse dan pilih run as administrator.
  • Klik refresh pada PC tadi, kemudian perangkat kalian akan terdeteksi sebagai COMx atau biasa nya juga COM1, COM3, COM5 dan lain sebagai nya.
  • Kemudian tinggal kamu klik Select dan arah kan ke dalam folder di mana kalian tadi menyimpan ROM yang akan digunakan.
  • Ceklist di bagian Clean All dan lanjut klik Flash.
  • Sampai tahap ini kalain sudah selesai, yang mana hanya tinggal menunggu proses selesai dan memunculkan sebuah notifikasi keterangan yang bertuliskan Flash Done, kemudian setelah itu smartphone kamu akan melakukan restart secara otomatis.

2. Cara Debrick Device Xiaomi Khusus Qualcomm Snapdragon

Pada cara ke dua kali ini saya akan membagikan cara mengatasi hp Xiaomi mati total khusus yang menggunakan SoC Qualcomm snapdragon saja, yang mana artinya bisa kalain lakukan tanpa harus melakukan test point pada bagian dalam smartphone seperti yang di lakukan oleh cara pertama di atas tadi. Perlu untuk kalian ketahui terlebih dahulu ya, kalau mati total yang saya maksud itu adalah keadaan hp Xiaomi yang benar benar mati tidak bisa di hidup kan, atau bukan Bootlop. Jadi kalau masalah yang kalain hadapi adalah bootlop maka seharus nya bisa kalian benari dengan mudah hanya menggunakan cara flash rom atau pengembalian data file system yang sebelum nya kalian oprek.

Ciri – ciri kerusakan smartphone di antara nya sebagai berikut :

  • Layar yang tidak menyala.
  • Tidak bisa di isi daya baterai nya.
  • Tombol tidak ada yang berfungsi sama sekali.
  • Indikator LED tidak menyala.
  • Tidak ada nya getaran.
  • Tidak ada Fastboot atau Recovery.

Jika smartphone yang kalian punya memiliki masalah seperti yang tertera di atas, maka besar kemungkinan untuk anda bisa mengatasi nya seorang diri tanpa harus pergi ke tukang service dan membayar nya. Cukup baca dan praktek kan saja beberapa langkah di bawah ini agar bisa membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Bahan yang harus di persiapkan :

  • Siapkan kabel USB original Xiaomi.
  • Di perlukan PC atau Laptop.
  • Hp Xiaomi yang bermasalah Brick, perlu di ingat bahwa ini cara ini hanya di peruntukan untuk berprocessor Qualcomm Snapdragon.
  • Driver Qualcomm Snapdragon di sini.
  • Mi PC Suite, kalau belum punya silahkan download melalui link di sini.
  • MIUI ROM Fastboot unduh di sini.
  • Mi Phone (MI/UI Flashtool) download di sini.

Perlu kalian ketahui untuk bisa mendownload di link yang saya berikan di atas kalian di wajib kan untuk terlebih dulu melakukan login pada situs tersebut. Jika kalian menggunakan PC Windows XP maka bisa langsung saja mengikuti intruksi yang ada di bawah, tapi kalau kalian user dari windows 7 atau 8 maka perlu terlebih dahulu untuk menonaktifkan Drivers Signature pada Advance windows tersebut. Cara nya cukup mudah, kalian hanya perlu reboot PC nya dulu dan pada saat muncul logo brand PC nya maka segera lah menekan F8, jika telah muncul menu Advance Boot, segera lah pilih Disable Drivers Signatur Enforcement.

Cara Debrick Device Xiaomi Khusus Qualcomm Snapdragon

Berikut beberapa langkah – langkah nya di bawah ini :

  • Install bahan yang telah di download sebelum nya, yaitu seperti Mi Phone, Mi PC Suite, Qualcomm Driver (kalau belum kamu install).
  • Extrack ROM MIUI yang di download tadi dan pindah kan ke dalam root drive yang kosong, contoh nya E:\crot.
  • Sambungkan smartphone ke PC, lalu usahakan PC sudah tersambung ke internet, setelah itu biarkan saja windows menemukan dan mencari driver nya dengan sendiri.
  • Kemudian pastikan hp Xiaomi tadi terdeteksi sebagai QHSUSB_BULK (kalau belum ada driver) atau yang bersangkutan dengan Qualcomm HS – USB (kalau ada driver).
  • Setelah itu lihat pada Device Manager PC kalian dengan cara menekan tombol Windows + E, kemudian pilih My Computer.
  • Lalu Manage atau lewat Run dengan menekan Windows + R, setelah muncul cmd maka ketik kan mmc device manager.msc dan jika masih bertanda warning bewarna kuning itu arti nya driver belum di install.
  • Install terlebih dulu secara manual dengan cara klik kanan, lalu pilih Update Drivers, dan pilih Browse my computer. Setelah itu arahkan ke dalam lokasi Mi Phome kalian install.
  • Klik next, kalau ada notif yang bertuliskan can’t verify publiser, paksa install this drivers anyway.
  • Jika sudah maka tinggal buka Mi Flas nya, klik Refresh, kalau muncul seperti yang ada pada gambar di bawah ini, arti nya kalain sudah siap untuk melakukan flash rom.

    Cara Debrick Device Xiaomi Khusus Qualcomm Snapdragon

  • Pada saat dalam proses flasing rom anda menemukan error, maka silahkan klik Browse dan pilih file sesuai sumber file seperti gambar di bawah.

    Cara Debrick Device Xiaomi Khusus Qualcomm Snapdragon

  • Untuk proses ini sendiri akan memakan waktu yang cukup lama, tunggu saja sampai selesai, yang mana jika sudah selesai akan muncul notif The operation complete. Setelah itu langsung bisa anda lepas dan hidupkan hp Xiaomi seperti biasa.

Penutup

Sekian dari saya kali ini, cukup mudah bukan untuk mengatasi masalah brick seperti ini, yang mana kalian hanya memerlukan ketelitian dalam mempraktek kan setiap instruksi yang sudah saya berikan.