Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro (Violet)

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro – Kehadiran Redmi Note 7 Pro memang sempat menggegerkan jagat smartphone. Pasalnya Redmi selaku sub-brand dari Xaiomi membekalinya dengan spesifikasi unggulan. Keunggulan terlihat dari segi dapur pacu, kamera hingga sektor daya baterainya. Bahkan pihaknya mengklaim bahwa Redmi Note 7 Pro ini mampu bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal. Tidak hanya unggul dari segi spesifikasi, Redmi Note 7 Pro juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro
Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Satu lagi kelebihan produk besutan Xiaomi yakni pihaknya sangat mensupport penggunanya untuk melakukan berbagai hal. Disediakan pula banyak sekali tools ori yang memang dibuat khusus oleh pihak Xaiomi. Misalnya saja sejumlah tools untuk melakukan flashing atau disebut juga fastboot. Jadi kamu tidak perlu lagi bingung mencari tools atau alat untuk melancarkan aktivitas tersebut.

Baca Juga :

Berfokus pada aktivitas flashing, disini saya sudah merangkumkan cara flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang mudah untuk kamu terapkan. Banyak hal yang memungkinkan untuk kita melakukan flashing HP. Entah apa itu tujuannya, yang terpenting disini adalah langkah-langkah yang benar dalam melakukan flashing atau fastboot Redmi Note 7 Pro.

Syarat Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang Harus Dipenuhi

Sebelum melakukan cara flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro, sebaiknya perlu kamu ketahui terlebih dahulu syarat-syarat yang harus dipenuhi. Tanpa memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan, pastinya kamu tidak akan berhasil melakukan flashing atau fastboot pada HP tersebut. Untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1. HP sudah di Unlock Bootloader

Syarat pertama yang harus kamu penuhi jika akan melakukan cara flash Xiaomi Redmi Note 7 adalah melakukan UBL atau Unlock Bootloader. Sebelumnya saya sudah pernah membahas cara unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 7. Sistem unlock bootloader ini sendiri memang sudah diterapkan ke hampir semua HP android yang ada saat ini, termasuk HP dari Xiaomi maupun sub-brand redmi.

2. Menyiapkan aplikasi Mi Flash Unlock

Melakukan flashing Redmi Note 7 Pro, kamu perlu bantuan perangkat lain yakni PC atau laptop. Selain itu, kamu perlu juga yang namanya aplikas Mi Flash Unlock yang nantinya dijalankan melalui PC atau laptop tersebut. Jika kamu belum punya aplikasi Mi Flash Unlock, kamu bisa mengunduhnya DISINI.

3. Menyiapkan Fastboot ROM

Selain aplikasi Mi Flash Unlock, file ROM juga dibutuhkan saat akan melakukan flashing Redmi Note 7 Pro. Kebanyakan pengguna memanfaatkan custom ROM untuk diterapkan di HP-nya. Sebaiknya jangan kamu lakukan cara itu, karena bisa jadi custom ROM abal-abal mengandung virus atau malware. Gunakan saja ROM asli dari Xiaomi yang bisa kamu unduh DISINI.

4. Menyiapkan kabel USB

Kabel USB dibutuhkan nanti untuk menghubungkan HP ke PC atau laptop. Tidak ada aturan khusus untuk kabel USB-nya, kamu bisa menggunakan dari merek apapun.

5. Baterai minimum 50%

Rangkaian metode flash yang cukup lama, tentu membutuhkan daya baterai yang besar. Sebaiknya lakukan charge terlebih dahulu sampai minimal baterai terisi 50%. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya baterai HP masih tersisa di atas 50%.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, selanjutnya adalah ke tahap cara flash Redmi Note 7 Pro. Cukup mudah sebenarnya untuk langkah-langkah flashing HP Xiaomi ini, bahkan pengguna baru pun bisa melakukannya. Tapi memang, ada beberapa pengguna yang gagal saat melakukan flash Redmi Note 7. Masalahnya cukup sepele, bisa jadi karena ROM yang tidak sesuai, HP tidak terdeteksi oleh Mi Flash Unlock, atau karena error lainnya.

Supaya tidak terjadi kegagalan saat melakukan flash atau fastboot Redmi Note 7 Pro, sebaiknya kamu simak baik-baik langkah –langkah di bawah ini. pastikan tidak ada langkah yang terlewat satu pun.

1. Cara pertama adalah dengan memastikan HP dalam kondisi mati atau non-aktif. Setelah itu, masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan tombol “POWER + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa detik. Jika ada getaran atau tampil sesuatu di layar, lepaskan tekanan pada tombol tadi.

2. Selanjutnya jalankan aplikasi Mi Flash Unlock di PC atau laptop. Setelah itu, load file Fastboot ROM yang sudah diunduh tadi dengan cara klik “Select”. Namun sebelumnya kamu perlu memastikan terlebih dahulu file Fastboot ROM sudah diekstrak. Karena jika masih dalam bentuk file zip atau rar, maka aplikasi tidak bisa membacanya.

3. Kemudian langkah selanjutnya adalah menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan kamu juga sudah menginstall driver USB di PC atau laptop. Jika sudah, silahkan kamu klik “Refresh” pada aplikasi Mi Flash Unlock.

4. Jika memang HP sudah terdeteksi oleh aplikasi, selanjutnya kamu bisa memilih “Script Flash” yang ada di bagian bawah. Kamu bisa memilih “clean all” yang berarti akan menghapus semua data di memori internal, “save user data” yang berarti data akan tetap ada, dan “clean all and lock” yang berarti data akan dihapus dan dikunci. Disini saya lebih memilih yang “clean all”.

5. Langkah selanjutnya kamu tinggal klik “Flash”. Secara otomatis aplikasi akan menjalankan proses flashing Redmi Note 7 Pro. Waktu pemrosesan tersebut biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit, tergantung ukuran Fasboot ROM yang digunakan.

6. Jika sudah selesai, HP akan secara otomatis melakukan “Reboot”. Jangan heran jika kamu mendapati smartphone agak lama saat melakukan booting pertama, karena ini adalah hal yang wajar. Tunggu saja sampai smartphone menyala sempurna dan siap digunakan kembali.

Penutup

Baik itu tadi cara flash Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu, agar juga bermanfaat untuk orang lain.