Cara Flash Vivo Y15 dengan SP Flashtool dan SD Card

Cara Flash Vivo Y15 – Vivo Y15 merupakan salah satu seri HP baru dari Vivo yang cukup banyak diminati karena spesifikasi mumpuni yang dibawanya. Dirilis secara resmi di bulan Mei 2019 lalu, Vivo Y15 langsung menyedot perhatian publik. Salah satu keunggulannya terletak pada sisi fotografi, di mana bagian belakang bodi dilengkapi dengan triple kamera beresolusi 13MP + 8MP + 2MP. Selain itu ada pula kamera depan beresolusi 16MP yang tidak kalah handal.

Cara Flash Vivo Y15

Komponen jeroan HP Vivo Y15 juga tidak kalah mumpuni, menghasilkan performa kinerja yang sangat maksimal. Melakukan berbagai aktivitas berat sekalipun tidak akan membuat HP ini nge-lag atau ngadat. Dan di sisi penyokong dayanya juga sangat besar yakni berkapasitas 5.000 mAh, baterai tersebut mampu bertahan sangat lama.

Baca Juga:

Meskipun sudah dibekali spesifikasi unggulan, tidak jarang pula HP Vivo Y15 khususnya mengalami masalah seperti bootloop, mati total, atau juga terserang virus dan malware. Jika HP Vivo Y15 mengalami masalah tersebut, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing. Lantas, bagaimana cara flash Vivo Y15 tersebut? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Cara Flash Vivo Y15 dengan SP Flashtool dan SD Card

Bagi pemula mungkin masih bingung bagaimana cara flash Vivo Y15 yang mengalami masalah seperti yang disebutkan sebelumnya. Tenang saja, di bawah ini sudah saya rangkumkan cara flashing HP Vivo Y15 yang mudah bisa kamu terapkan. Setidaknya ada 2 cara untuk flash Vivo Y15, yakni menggunakan SP Flashtool dan juga menggunakan SD Card. Adapun langkah-langkah flashing Vivo Y15, sebagai berikut:

1. Cara Flash Vivo Y15 Via SP Flashtool

Cara flashing Vivo Y15 melalui SP Flashtool masih mengharuskan kamu memanfaatkan PC atau laptop. Selain itu, ada pula beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan agar proses flashing HP Vivo Y15 bisa berjalan dengan lancar. Beberapa alat dan bahan untuk flashing Vivo Y15 tersebut, di antaranya:

  • PC atau laptop ber-OS Windows.
  • Kabel USB atau kabel data original.
  • Firmware Vivo Y15, download di sini.
  • Software SP Flashtool, download di sini.
  • USB Driver MediaTek, download di sini.

Setelah bahan dan alat flashing Vivo Y15 di atas sudah dipersiapkan, selanjutnya langsung lakukan flash Vivo Y15. Namun sebelumnya, pastikan HP Vivo Y15 yang akan dilakukan flashing baterainya full atau minimal tersisa 50%. Langkah-langkah flashingnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu ekstrak semua file yang sudah didownload tadi. Jika sudah, install terlebih dahulu USB Driver MediaTek di PC atau laptop.
  • Selanjutnya buka folder SP Flastool yang sudah diekstrak tadi, lalu klik kanan pada file bertuliskan flash_tool.exe dan pilih Run as administrator.
  • Pada halaman utama Sp Flashtool, kamu klik tombol Download. Selanjutnya klik juga pada tombol Scatter-Loading File kemudian cari file scatter pada folder Firmware Vivo Y15 yang sudah diekstrak sebelumnya. Kalau sudah ketemu, langsung saja klik Open.
  • Pada list yang muncul, centang semua list kecuali pada Preloader. Selanjutnya klik tombol Dowload (bertanda anak panah ke bawah warna hijau).
  • Sekarang beralih ke HP Vivo Y15, matikan HP lalu lepaskan baterainya. Jika sudah, langsung hubungkan HP Vivo Y15 ke PC atau laptop menggunakan kabel USB sambil ditekan tombol volume Up hingga HP terdeteksi oleh PC atau laptop. Kalau sudah terdeteksi, secara otomatis proses flashing akan berjalan dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Proses flashing sudah selesai biasanya ditandai dengan munculnya lingkaran hijau dan centang. Tutup SP Flashtool dan lepaskan kabel USB yang tertancap di HP Vivo Y15.
  • Cobalah nyalakan HP Vivo Y15 seperti biasa. Saat booting pertama biasanya membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 5 hingga 10 menit tergantung kecocokan ROM barunyang digunakan.

Cara flashing smartphone Vivo Y15 menggunakan SP Flashtool sudah berhasil dilakukan. Sekarang performa HP akan kembali maksimal layaknya seperti baru lagi.

2. Cara Flash Vivo Y15 via SD Card

Selain menggunakan software SP Flashtool, cara flashing Vivo Y15 juga bisa dilakukan via SD Card.  Cara satu ini dianggap lebih mudah karena tidak membutuhkan perangkat PC atau laptop sebagai alat bantunya. Langkah-langkahnya juga lebih simple sehingga mudah dilakukan oleh pengguna awam sekalipun. Berikut ini adalah tata cara flash HP Vivo Y15 menggunakan SD Card, yakni:

  • Langkah pertama kamu kamu perlu mendownload dan menyalin Firmware Vivo Y15 melalui link tautan di atas. Pastikan sisa ruang di SD Card lebih dari 800MB agar proses ini bisa berjalan dengan lancar.
  • Jika sudah, matikan HP Vivo Y15 terlebih dahulu. Kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan hingga muncul tampilan di layar atau HP bergetar. Lepaskan tekanan pada tombol, nantinya HP menampilkan select boot.
  • Selanjutnya klik Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power untuk eksekusi dan tombol Volume untuk navigasi.
  • Pilih opsi Apply update from external sd card yang terdapat pada menu recovery mode.
  • Cari dan pilih firmware Vivo Y15 yang sudah disalin ke SD Card tadi (pastikan file sudah diekstrak). Secara otomatis proses flashing Vivo Y15 langsung berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Jika proses flashing sudah selesai, nantinya HP akan melakukan reboot dengan sendirinya.
  • Sekarang HP Vivo Y15 sudah berhasil diflash.

Penutup

Itulah tadi cara flash HP Vivo Y15 paling mudah melalui SP Flashtool dan juga SD Card bisa kamu terapkan. Cara di atas terbilang sangat mudah, pengguna awam pun bisa melakukannya dengan mudah.