Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global – Untuk pengguna xiaomi Mi4C yang masih menggunakan rom miui 8 sekarang bisa update ke rom miui 9, pasalnya baru-baru ini vendor xiaomi asal tiongkok ini sudah resmi merilis ROM 9 untuk xiaomi Mi4C, Redmi 4x dan series keluaran smartphone xiaomi terbaru pada bulan agustus kemaren. Untuk itu jika kamu pengguna xiaomi mi4c dan masih menggunakan muiu 8 maka sebaiknya diupdate ke versi terbaru miui 9 ini.

Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

Bukan tanpa alasan untuk mengupdate ke versi miui 9 terbaru ini, sebab fitur yang diberikan pada versi ini paket komplit. Bagaimana tidak? Fitur yang diberikan sangat membantu penggunanya dalam memaksimalkan pengguaan smartphone xiaomi. Fitur yang diberikan juga sangat banyak, diantaranya yaitu Smart Assistant, Split Screen Mode, Image Search, Smart App Launcher dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya untuk ROM 9 ini tidak ada rom versi global, karena memang baru dirilis di china saja. Sehingga jika kamu menggunakan MiUI ROM 9 ini tidak bisa menggunakan Google Playstore dan bahasa yang tersedia juga dalam bahasa inggris dan china saja. Namun masalah tersebut tidak jadi alasan untuk tidak menggunakan Miui 9 ini, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan flashing ke rom global xiaomi.eu miui 9.

Untuk kamu yang sudah memiliki Xiaomi Mi4C dengan ROM MiUI 8 dan ingin update ke versi Rom MiUI 9 namun tidak tersedia aplikasi google playstore, google device dan lain sebagainya. Kamu tenang saja karena sekarang sudah ada rom global xiaomi.eu miui 9 yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses ke google playstore, google apps lainnya.

Penjelasan Mengenai ROM Global Xiaomi.EU

Sebelum itu, saya jelaskan sedikit mengenai ROM Global Xiaomi.EU. mungkin saja kamu belum begitu paham dengan rom yang satu ini.

ROM Xiaomi.EU Merupakan ROM Official dari China yang sudah dimodifikasi oleh Developer ROM Miui asal Europe. Sehingga rom ini akan menjadi seperti rom global atau rom internasional.

Nah itu sedikit penjelasan mengenai rom xiaomi.eu yang saya tau. Ternyata untuk pengguna rom ini juga ada komunitasnya loh, gak percaya? Silahkan mampir keforum dibawah ini:

Komunitas ROM Xiaomi.EU » https://xiaomi.eu/community/

Inilah Kelebihan ROM Xiaomi.EU

Rom xiaomi.eu ini seperti rom global yang sudah terinstall google playstore, google device, google apps yang akan memudahkan penggunannya. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi google playstore dengan cara manual.

Namun kabar buruknya, rom ini masih belum tersida dalam baha Indonesia sehingga akan menyilitkan penggunannya. Namun jangan khawatir karena kamu masih bisa menggunakan bahasa inggris untuk bahasa utama.

Nah jika kamu sudah penasaran ingin mencoba rom xiaomi miui 9. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya rangkumkan dibawah ini.

Baca juga:

Sebelum melakukan langkah-langkah dibawah ini, sebaiknya kamu melakukan cara yang saya berikan dengan teliti. Sebab jika ada salah satu cara yang terlewat dapat dipastikan cara yang kamu lakukan akan gagal. So, jangan terburu-buru dalam mempraktekan tutorial dibawah ini.

Oh ya hampir lupa, pastikan juga smartphone xiaomi Mi4C kamu yang belum di update ke Android Nougat MIUI 8. Sebaiknya diupdate terlebih dahulu ke Miui 8 Nougat, ini wajib yak arena jika tidak smrtphone xiaomi sobat akan mengalami Bootloop. Jika belum diupdate, kamu bia mengikuti langkah dibawah untuk update ke miui 8 nougat.

Cara Update Mi4C ke ROM MIUI 8 (Nougat)

Bagi kamu yang belum update ke rom miui 8 nougat, saya akan share cara yang mudah untuk melakukan update ke rom 8 nougat. Cara yang pertama ini wajib kamu lakukan jika xiaomi mi4c kamu belum mendapatkan rom 8 nougat. Simak baik-baik ya.

Update Menggunakan Fastboot

Cara ini work untuk mengupdate je miui 8 nougat, berikut cara-caranya:

Syarat Wajib Sebelum Melakukan Flashing

  1. Pastikan baterai ponsel xiaomi kamu dalam keadaan full, atau paling tidak minimal diatasa 50%.
  2. Kabel USB Type C Original bawaan xiaomi.
  3. Sediakan Laptop / PC dengan Operating System (OS) minimal windows 7 Keatas.
  4. Mengaktifkan EOM Lock dan USB Debugging pada xoami mi4c.
  5. Xiaomi Mi4C yang kamu gunakan sudah dalam keadaan Unlock Bootloader.
  6. Backup File-file penting sebelum melakukan flashing.

Jika semua syarat sudah siap, sekarang siapkan juga alat tempur untuk flashing mi4c biawah ini.

Bahan Flashing yang dibutuhkan

Nah, jika syarat dan alat tempur diatas sudah kamu siapkan semua, sekarang tinggal eksekusi saja. Simak tutorial berikut ini.

Langkah-langkah Flashing:

  1. Pertama kamu install MiFlashtools yang sudah kamu download.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Install MiFlash di Miui 9 Xiaomi

  2. Kemudian Klik tombol Next > sampai proses selsai kemduian klik close.
  3. Jika saat install miflashtools namun muncul seperti gambar dibawah, kamu pilih saja “Install this driver anyway” pada pc/laptop yang kamu gunakan.
    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Muncul Notife Error pada Windows saat Install MiFlash

    Note: Notif peringatan yang muncul saat menginstall Miflashtools dikarenakan publisher dari usb driver Miflashtools tidak dikenali oleh windows yang kamu gunakan. coba lihat gambar dibawah:

  4. Jika sudah selesai melukan instalasi, kemudian restart pc atau laptop yang kamu gunakan.
  5. Jika sudah, Ekstrak file Fasboot ROM Mi4C yang tadi kamu unduh (file yang berakhiran .tgz) dengan cara merename menjadi file berakhiran .ZIP dan kemudian ekstrak dan letakan dalam di tempat C:\Xiaomi\XiaomiFlash.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Contoh Folder yang Benar

  6. Langkah selanjutnya matikan ponsel xiaomi Mi4C dan sambungkan dengan laptop atau pc dengan menggunakan kabel USB Type C (pastikan yang original, supaya transfer file tidak lambat).
  7. Kemudian masuk ke “Fastboot Mode” dengan cara menekan tombol “Power + Volume Bawah” secara bersamaan hingga muncul tampilan seperti gambar berikut:

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Tampilan FastBoot Mode

  8. Jika langkah diatas sudah kamu ikuti dengan benar, selanjutnya kamu focus ke pc atau laptop yang akan digunakan untuk menjalankan MiFlashTools.
  9. Jalankan MiFlashTools dengan cara Klik Kanan » Run as Administrator pada file XiaomiFlash.exe yang berada didalam folder C:\Xiaomi\XiaoMiFlash yang tadi kamu ekstrak.
  10. Lalu kamu pilih “Select”, lihat gambar dibawah ini:

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Tampilan miflash, pilih menu “Select”

  11. Jika sudah, kemduian arahkan cursor ke folder C:\Xiaomi\XiaoMiFlash dan cari ROM Fastboot yang tadi kamu ekstrak.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Cari folder yang sudah kamu ekstrak

  12. Selanjutnya kamu tekan OK.
  13. Kemudian Klik Refresh pada menu MiFlash.
  14. Nah jika Xiaomi Mi4C terdeteksi, maka akan muncul kode acak berjumlah 8 digit. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Akan muncul 8 digit code pada miflash

  15. Kemudian arahkan cursor ke bagian bawah MiFlash dan cari clean all, jika sudah ketemu Klik Clean All untuk mentasi masalah bug.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Pilih clean all untuk menghindari dari bug

  16. Langkah selanjutnya kamu Klik Flash dan tunggu hingga beberapa saat sampai muncul status Flash Done.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Tunggu hingga proses flashing selesai

Nah, jika sudah maka otomatis smartphone xiaomi mi4c kamu akan merestart secara otomatis. Jika ponsel kamu tidak merestrat dengan sendirinya, maka cabut kabel USB dan nyalakan kembali dengan menekan tombol power pada ponsel kamu.

Proses booting akan memakan waktu lebih lama disbanding biasanya, ini wajar dan normal. Setelah beberapa saat melakukan booting dan kemudian muncul Logo MI tanpa adanya logo dan tulisan android dengan animasi tiga titik pada bagian bawah berarti smartphone kamu mengalami bootloop. Jika tidak, kamu tunggu saja hingga masuk ke Home Screen smartphone kamu.

Sampai tahap ini, ponsel kamu sudah berhasil diupgrade ke ROM Miui 8 Naugat.

Bagaimana? apakah cara pertama diatas sedikit rumit? Memang untuk melakukan flashing memakan waktu dan sedikit susah, jika gagal.. bisa-bisa smartphoene yang kita flash akan mengalami bootloop, ngeri kan?

Cara Flashing MiUI 9 Ke ROM Global Xiaomi.EU

Jika cara pertama diatas mengenai update ke miui 8 nougat via flashboot sudah selesai dan tidak mengalami kendala, maka sekarang kita akan masuk ke cara yang kedua yaitu flasing atau update miui 9 ke rom global xiaomi.eu. Cara ini akan sedikit lebih rumit, so.. sabar aja ya  😀

Catatan:
Cara ini hanya berhasil jika smartphone xiaomi Mi4C kamu sudah menggunakan OS android nougat baik menggunakan rom global ataupun menggunakan custom rom yang sudah di unlock bootloader. Jika smartphone xiaomi mi4c kamu belum melakukan update ke miui rom 8 nougat, kamu bisa mengukuti tutorial yang pertama.

Syarat Sebelum Melakukan Flashing

  1. Pastikan baterai smartphone xiaomi kamu dalam keadaan full, atau paling tida minal berada di angka 50%.
  2. Sediakan satu kabel Original USB Type C.
  3. Siapkan PC atau Laptop dengan OS minim Windows 7 keatas.
  4. Pastikan untuk mengaktifkan USB Debugging dan OEM Lock.
  5. Pastikan juga ponsel Xiaomi Mi4C kamu sudah dalam keadaan unlock bootloader. Nah jika smartphone xiaomi mi4c kamu sudah mendapatkan persetujuan UBL, maka tinggal Unlock saja dengan menggunakan MiUnlock Tools. Cara ini lebih simple dan efesien.
  6. Jangan lupa backup terlebih dahulu file-file penting yang ada pada ponsel kamu, karena cara ini akan menghapus file kamu secara menyeluruh.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, sekarang tinggal menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • Download ROM Xiaomi.EU MIUI 9 » xiaomu.eu_multi_Mi4c_7.9.21_v9_70.zip.
  • Jika sudah di unduh, maka salin ke Internal Stroge Mi4C, kamu letakan diluar folder (jangan didalam folder).
  • Download 15 Second ADB Installer, kemudian install. Software ini berguna sebagai driver fastboot command dan memasang TWRP.
  • Download dan Install juga Xiaomi USB Driver, software ini berguna untuk driver ADB Interface dan Bootloader Interface.
  • Download Twrp-3.1.1_1_libra.img. TWRP ini khusus untuk Mi4c Android Nougat. Kamu rename file unduhan twrp-nya menjadi twrp.img

Jika alat-alat tempur sudah kamu siapkan semua, sekarang tinggal memasang TWRP. Ikuti langkah dibawah ini untuk pemasangan twrp di mi4c.

Langkah-Langkah Pemasangan TWRP Recovery Mi4C

Selanjutnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama sambungkan ponsel Mi4C ke computer atau laptop dengan menggunakan Kabel USB Original Type.
  2. Kemudian letakan file TWRP Recovery yang sudah diubah namanya menjadi twrp.img kedalam folder c:adb. Perhatikan gambar dibawah ini:

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Rename file twrp recovery

  3. Lalu tekan tombol Shift + Klik Kanan pada ruang kosong, kemduian kamu pilih Open Command Windows Here.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Klik kanan, kemudian pilih Open command window here

  4. Nah, untuk memastikan apakah hp Mi4C kamu sudah benar-benar terkoneksi ditandai dengan adanya code acak berjumlah 8 digit.
  5. Kemudian ketikan perintah:

    adb device

  6. Jika ponsel xiaomi mi4c kamu terdeteksi, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. Nah jika tidak terdeteksi maka dalam melakukan pemasangan xiaomi android usb driver belum benar, solusinya kamu ulangi lagi dari awal.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Berhasil mengetikan perintah adb device

  7. Langkah selanjutnya kamu ketikan perintah:

    adb reboot bootloader

  8. Maka ponsel xiaomi kamu akan restart secara otomatis dan masuk kedalam fasboot mode.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Berada dalam keadaan mode fastboot

  9. Untuk Mengecek apakah mi4c kamu sudah tersambung dengan Fastboot Mode.
  10. Kamu ketikan perintah ini:

    fasboot devices

  11. Jika terdeteksi, maka akan terlihat persis seperti gambar dibawah ini:

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Berhasil melakukan perintah fastboot device

  12. Cara selanjutnya dengan mengetikan perintah:

    fasboot flash recovery twrp.img

  13. Perintah diatas berfungsi untuk mengintall secara otomatis TWRP Recovery pada smartphone xiaomi yang kamu gunakan.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Berhasil melaukan perintah fastboot recovery twrp.img

  14. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses benar-benar selesai, biasanya ditandai dengan tulisan Finished.
  15. Langkah selanjutnya kamu tekan tombol Power + Vol Atas beberapa saat sampai muncul logo MI, selanjutnya kamu akan masuk kedalam Mode TWRP Recovery.

Jika langkah-langkah diatas sudah kamu prakrekan semuanya, maka selanjutnya masuk ke tahap akhir yaitu langkah flashing menggunakan twrp recovery. Simak caranya dibawah ini.

Cara Flashing/Update dengan Menggunakan TWRP Recovery

  1. Pertama, setelah masuk ke TWRP Recovery Mode, kamu scroll ke bagian kanan pada Swipe to Allow Modifications dan selanjutnya kamu pilih Wipe.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Masuk ke menu TWRP recovery mode

  2. Selajutnya scrool dan arahkan ke-kanan dan pilih Swipe to Factory Reset, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  3. Jika sudah, pilih tombol Back.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Pilih swipe to recovery kemudian tekan tombol back

  4. Lalu pilih Install dan kemudian kamu pilih ROM yang sudah kamu salin pada internal storage xiaomi kamu.

    Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

    Pilih install pada menu twrp xiaomi

  5. Selanjutnya tunggu hingga beberapa saat sampai proses selesai, lalu pilih Reboot to System.
  6. Untuk proses booting yang pertama kali akan membutuhkan waktu yang lumayan lama dibandingkan dengan biasanya. Ini wajar dan sangat normal.
  7. Setelah beberapa detik pada saat booting, akan muncul logo MI tanpa ada tulisan android dengan tiga titik pada bagian bawah, jika smartphone kamu seperti ini, berarti tidak mengalami bootloopp. Jika tidak, kamu tunggu hingga masuk ke Homscreen.
Cara Flash MIUI 9 Xiaomi Mi4C ROM Global

Tampilan ROM Global Miui 9 Xiaomi.EU

Nah, sekarang smartphone xiaomi mi4c kamu sudah beralih ke ROM Global Miui 9 Xiaomi.EU.

Bagaimana? tutorial yang saya tulis memang sedikit panjang, jadi kamu harus teliti pada setiap tahapnya supaya lancer saat melakukan tutorial diatas.

Kesimpulan

Cara diatas merupakan cara yang paling ampuh untuk update Mi4C ke ROM 8 Naugat ke miui 9 rom gblobal xiaomi.eu, jika sobat mengalami masalah dalam melakukan tutorial diatas, bisa tanyakan ke admin masalah yang sobat alami. Namun admin tidak bertanggung jawab atas adanya kerusakan pada ponsel kamu ya.

Nah untuk artikel kali ini saya rasa sudah cukup jelas, untuk itu saya rasa artikel ini sampai disini dulu. Kita akan berjumpa lagi di artikel selanjutnya, yang pastinya masih membahas mengenai smartphone android. Sekian dan terimakasih, salam.