Cara Flash dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

Cara Flash dan Install Stock Rom Samsung Via OdinSamsung merupakan salah vendor smartphone yang berasal dari korea selatan. Samsung sendiri merupakan salah satu brand smartphone kawakan yang sudah sejak lama memproduksi ponsel, mulai dari ponsel generasi lama dan smartphone generasi terbaru. Maka tidak heran jika pengguna smartphone Samsung di Indonesia sangatlah banyak. Bukan hanya spesifikasi yang mumpuni, namun harga yang diberikan juga masih masuk di kantong dan yang paling penting yaitu ponsel Samsung ini terbilang cukup awet. Sehingga banyak yang memilih hp Samsung untuk di jadikan smartphone kesayangan.

Cara Flash dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

Cara Flash dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

Semakin banyak pengguna semakin banyak juga keinginan untuk berekperimen. Ya contohnya saja seperti melakukan rooting, flashing, custom rom dan lain sebagainya. Dengan pasang stock rom banyak keuntung yang di dapat, salah satunya yaitu rom ponsel kamu akan lebih ringan dan bisa menginstall aplikasi yang tidak bisa di install di rom bawaan android.

Nah jika kamu pengguna ponsel Samsung dan ingin melakukan ekperimen untuk mengganti rom bawaan Samsung dengan rom versi terbaru. Maka kamu sangat beruntung karena sudah menemukan artikel ini, karena disini saya akan share tutorial pasang stock rom Samsung untuk semua tipe. So, simak sampai selesai tulisan ini ya.

Melakukan cutom rom hp Samsung bukanlah hal yang sulit, orang awam pun bisa melakukanya. Namun dengan catatan harus teliti dan hati-hati dalam melakukan custom rom. Karena apa? Karena saat melakukan install rom sangat rentan mengalami kegagalan.

Baca Juga:

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memikirkan matang-matang sebelum melakukan install rom dan pastikan juga kamu memilih jenis rom yang sesuai dengan tipe ponsel Samsung yang digunakan.

Jika sudah memikirkan secara matang untuk pasang stock rom, maka silahkan kamu simak caranya dibawah ini.

Cara Flash / Install Stock Rom HP Samsung Menggunakan Odin

Sebelum itu, kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang di butuhkan untuk flash stock rom.

Alat yang Dibutuhkan:

Jika sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, sekarang kita lanjut ke tahap pasang stock rom, caranya bisa kamu ikuti secara perlahan. Ingat jangan buru-buru.

Langkah-Langkah Cara Flash / Install Stock Rom Samsung:

Disini saya mengunakan aplikasi Odin untuk pemasangan stock rom, jika kamu belum tau apa itu odin. Saya akan sedikit menjelaskan tentang apalikasi odin.

Apa Itu Aplikasi Odin?

Aplikasi Odin merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk melakukan flashing atau install stock rom, pasang custom rom seperti TWRP Recovery dan lain sebagainya. Alasan paling utama orang lebih suka menggunakan aplikasi odin karena aplikasi odin mudah untuk digunakan, fitur menunya juga ga ribet.

Jika sudah paham, sekarang kita lanjut ke langkan pasang stock rom, silahkan simak tutorialnya dibawah ini:

  1. Langkah pertama, pastikan kamu sudah backup data yang penting dan backup rom Samsung.
  2. Jika sudah, sekarang install Samsung USB Driver ke pc atau laptop.
  3. Reboot atau matikan ponsel yang kamu gunakan dan masuk ke menu download dengan cara menekan tombol “Power + Home + uVolme Bawah” secara bersamaan. Jika muncul tulisan pada layar, kamu tekan tombol “Volume Atas” untuk melanjutkan dan masuk ke menu downloading.
  4. Jika kamu sudah masuk ke menu downloading, kemudian sambungkan hp Samsung kamu ke pc atau laptop dengan menggunakan USB Kabel Data.
  5. Kemudian Ekstrak aplikasi Odin dengan menggunakan winrar.
  6. Jika sudah, masuk ke folder Odin dan jalankan aplikasi Odin dengan cara klik kanan dan pilih run as administrator.
  7. Selanjutnya kamu akan di bawa ke menu odin, pastikan sudah terdapat ID port USB dibawah tulisan “ID:COM”, jika tidak ada maka kabel usb data tidak tehubung dengan baik. Jika sudah ada, kita lanjut ke step berikutnya.

    Cara Flash Dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

    Cara Flash Dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

  8. Kemudian klik tombol “AP” lalu cari tempat file ROM android yang tadi kamu simpan, file berekstensi tar.md5.

    Cara Flash Dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

    Cara Flash Dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin

  9. Jika sudah ketemu lalu kilk Open kemduian klik Start untuk memulai proses flashing.
  10. Selanjutnya tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selsai maka ponsel kamu akan otomatis reboot atau restart ulang.
  11. Tunggu hingga ponsel Samsung kamu masuk ke menu home screen.
  12. Selesai deh, mudah kan? 😀

Nah sekarang ponsel samsung android kamu sudah berhasil terinstall stock rom yang baru. jika kamu mengelami kesulitan dalam melakukan langkah-langkah diatas, silahkan hubungin admin via menu contact, admin akan sebisa mungkin menjawab pertanyaan kamu.

Untuk itu saya akhiri artikel kali ini yang membahas mengenai Cara Flash Dan Install Stock Rom Samsung Menggunakan Odin, semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan, terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, jika bermanfaat silahkan share postingan ini ya 😀