Cara Flash Asus Zenfone C Z007 Paling Mudah

Cara Flash Asus Zenfone C – Asus Zenfone C Z007 merupakan salah satu seri HP android termurah dari Asus. Pertama kali dirilis pada tahun 2015 lalu, Asus Zenfone C Z007 ini menjadi pilihan banyak pengguna. Alasannya tak lain karena banderol harganya yang terbilang sangat murah, namun dibekali dengan spesifikasi unggulan. Desain bodinya simple dan elegan, dibuat dari material plastik yang kokoh.

Cara Flash Asus Zenfone C

Untuk masalah spesifikasi jeroannya juga cukup handal sehingga mampu menghasilkan performa yang maksimal. Terdapat sematan RAM sebesar 1GB dan memori internal 8GB membuat kinerja multitaskingnya sangat memuaskan. Tidak lupa pula kamera utama beresolusi 5MP serta kamera depan VGA akan mampu memanjakan pengguna dalam hal fotografi.

Baca Juga:

Selain spesifikasi mumpuni yang dibawanya, terkadang HP Asus Zenfone C Z007 mengalami berbagai masalah. Beberapa masalah tersebut seperti Asus Zenfone C Z007 bootloop (stuk di logo / gagal booting), mati total, atau terjangkit virus / malware. Jika Asus Zenfone C Z007 mengalami kondisi seperti ini, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing HP. Lantas, bagaimana cara flash Asus Zenfone C Z007 tersebut? Berikut ulasan selengkapnya!

Cara Flash Asus Zenfone C Z007 Paling Mudah

Flashing menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan ketika HP mengalami bootloop, mati total atau mengalami error system. Melakukan Flashing HP berarti akan menghapus semua data yang ada di memori internal, termasuk aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya. Dengan begitu, HP menjadi seperti baru kembali dengan performanya yang maksimal.

Untuk cara flash Asus Zenfone C Z007 sendiri setidaknya ada 2 pilihan, yakni flash melalui Flash Tool atau SD Card. Kedua cara tersebut akan saya bahas di bawah ini agar kamu bisa memilih mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan. Langkah-langkah flash Asus Zenfone C Z007 selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cara Flash Asus Zenfone C Z007 via Flash Tool

Melakukan cara falsh Asus Zenfone C menggunakan Flash Tool, ada beberapa bahan dan alat yang harus kamu persiapkan, di antaranya:

  • PC atau Laptop ber-OS Windows.
  • Kabel USB atau kabel data original Asus.
  • Firmware Asus Zenfone C Z007, download di sini.
  • Flash Tool Asus Zenfone C, download di sini.
  • USB Driver Android Asus, download di sini.

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat di atas, baru bisa lanjut ke cara flashing Asus Zenfone C Z007. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu baterai HP Asus Zenfone C Z007 terisi penuh atau minimal tersisa di atas 50%. Hal ini untuk mencegah HP kehabisan baterai saat dilakukan flashing, mengingat proses flashing biasanya membutuhkan waktu tidak sebentar. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat HP Asus Zenfone C bootloop atau bahka mati total.

Berikut ini adalah langkah-langkah flashing HP Asus Zenfone C Z007 dengan Flash Tool, yakni:

  • Pertama kamu ekstrak semua file yang sudah didownload sebelumnya di PC atau laptop.
  • Install USB Driver Android Asus di PC atau laptop. Jika sudah, buka folder Flash Tool Asus Zenfone C lalu buka file Flash_Tool.exe dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.
  • Beralih ke HP Asus, matikan HP lalu masuk ke Droidboot dengan cara menekan tombol Power + volume Up secara bersmaan hingga muncul tampilan atau terdapat getaran di HP.
  • Selanjutnya hubungkan HP dengan PC atau laptop tadi menggunakan kabel data atau kabel USB. Pastikan HP sudah terdeteksi oleh PC atau laptop yang biasanya ditandai dengan munculnya ikon USB tampilan Flash Tool.
  • Pada tampilan utama Flash Tool, pilih model atau type ZC451CG lalu pada opsi Wipe Data pilih Yes. Sekarang klik logo berkas atau Browse untuk memasukkan file firmware Asus Zenfone C yang sudah didownload dan diekstrak tadi.
  • Berikutnya klik ikon USB pada Flash Tool, lalu klik Start atau ikon anak panah ke kanan berwarna hijau. Secara otomatis proses flashing HP akan berjalan, tunggu sampai proses tersebut selesai.
  • Proses flashing HP yang sudah selesai biasanya ditandai dengan berubahnya warna ikon bulat menjadi hijau dan terdapat tulisan Flash image successfully di sebelahnya.
  • Jika sudah, tutup aplikasi Flash Tool lalu cabut sambungan kabel USB di HP Asus.
  • Pada Droidboot Asus, kamu pilih reboot maka HP akan melakukan booting pertama. Proses booting pertama ini biasanya lumayan lama, sekitar 5 sampai 10 menit, tunggu saja sampai selesai.
  • Nantinya akan muncul start up standar di layar HP Asus layaknya HP yang baru saja dibeli.

2. Cara Flash Asus Zenfone C Z007 via SD Card

Selain menggunakan software Flash Tool untuk flashing Asus Zenfone C, kamu juga bisa memanfaatkan SD Card jika tidak punya laptop atau PC. Ya cara satu ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa PC atau laptop. Tetapi yang perlu diingat, SD Card yang digunakan harus sudah diformat ke Fat 32 Default. Langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu mengunduh firmware Asus Zenfone C Z007 Di Sini. Jika sudah, pindahkan ke SD Card yang akan digunakan untuk flashing tadi. Pastikan file firmware masih dalam format .zip, kemudian pasang SD Card ke HP Asus yang ingin dilakukan flashing.
  • Selanjutnya, pastikan HP dalam kondisi mati lalu masuk Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power + volume Down. Jika sudah muncul tampilan di layar, lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut.
  • Pada Recovery Mode, kamu pilih Apply update from sdcard dengan menggunakan tombol power untuk eksekusi dan tombol volume untuk navigasi.
  • Selanjutnya cari dan klik firmware Asus yang sudah diunduh tadi. Secara otomatis proses flashing akan berjalan, waktu prosesnya biasanya memakan waktu sekitar 5 – 10 menit.
  • Jika sudah selesai, pada menu Recovery Mode kamu pilih reboot system. Proses booting pertama ini biasanya juga membutuhkan waktu agak lama.

Penutup

Itulah tadi cara flash Asus Zenfone C Z007 paling mudah yang bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?