3 Cara Filter Komentar Negatif di Instagram

Cara Filter Komentar Negatif di InstagramInstagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang cukup populer sekarang ini. Berada dibawah naungan Facebook Inc, Instagram menjelma menjadi aplikasi raksasa yang paling diminati di seluruh dunia. Instagram sejatinya merupakan aplikasi berbagi foto dan video beserta dengan captionnya. Tetapi seiring berkembangnya waktu, aplikasi Instagram semakin memiliki banyak fitur. Yang terbaru adalah fitur berbagai cerita dan video live.

Cara Filter Komentar Negatif di Instagram
Cara Filter Komentar Negatif di Instagram

Tapi yang namanya aplikasi dengan banyak sekali pengguna, ada saja keresahan yang dirasakan oleh beberapa pengguna lain. Salah satunya adalah karena adanya komentar negatif atau tidak senonoh yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Kebebasan bersosial media nampaknya tidak disertai oleh sikap saling menghargai dari beberapa pengguna. Akhirnya terjadilah hal-hal yang merugikan diri sendiri bahkan juga banyak pihak.

Baca Juga :

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena komentar nyinyir yang meresahkan tersebut bisa kamu hapus secara otomatis. Bagaimana bisa? Bisa, karena Instagram sudah menyediakan salah satu fitur ajaib yakni filter komentar. Ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk cara filter komentar negatif di Instagram. Selain otomatis, ada juga fitur tambahan yakni filter komentar secara manual.

Cara Filter Komentar Negatif di Instagram Secara Otomatis

Mungkin kamu akan menyangka cara filter komentar negatif di Instagram akan cukup sulit dilakukan. Padahal, pada kenyataannya cara ini cukup mudah dan sangat efektif. Kamu tidak perlu susah payah menghapus satu-persatu komentar nyinyir di Instagram. Untuk langkah-langkahnya sendiri bisa kamu simak di bawah ini.

1. Pertama kamu buka aplikasi Instagram dan pastikan sudah login ke akun pribadi kamu. Jangan lupa juga untuk mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru. Karena Instagram versi lama kemungkinan masih belum menyediakan fitur filter komentar ini.

2. Cara filter komentar negatif di Instagram selanjutnya adalah dengan masuk ke menu “Profil” atau ikon seperti orang.

3. Selanjutnya klik pada ikon 3 garis yang berada di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian klik menu “Pengaturan” yang ada di bagian bawah tampilan.

4. Akan muncul beberapa opsi pengaturan akun, kamu klik pada opsi “Privasi dan Keamanan”.

5. Pada halaman Privasi dan Keamanan, kamu klik opsi “Kontrol Komentar”.

6. Selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan fitur filter dengan slide atau geser tombol yang di tulisan “Sembunyikan Komentar yang Menyinggung”.

7. Selesai. Tapi biasanya pada aplikasi Instagram terbaru, fitur ini secara otomatis akan diaktifkan. Jadi kamu tidak perlu melakukan pengaturan filter lagi.

Cara Filter Komentar Negatif di Instagram Secara Manual

Sebenarnya cara satu ini sama saja dengan yang di atas, hanya saja ini adalah pengaturan tambahan supaya kontrol komentar bisa lebih efektif. Meskipun namanya manual, disini kamu juga tidak diharuskan untuk menghapus komentar negatif atau nyinyir satu-pesatu di postingan. Kerjanya tetap otomatis, tapi menfilternya yang dilakukan secara manual. Lebih jelasnya kamu bisa memasukkan sendiri kata-kata yang tidak ingin kamu lihat di kolom komentar pribadi. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama kamu perlu melakukan langkah nomor 1 – 5 seperti di atas. Karena pengaturan ini lokasinya masih sama dengan cara sebelumnya.

2. Setelah sampai pada halaman “Kontrol Komentar”, Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur “Filter Manual”.

3. Selanjutnya tinggal kamu masukkan kata-kata yang sekiranya ingin kamu hilangkan dari kolom komentar postingan. Masukkan kata-katanya dengan masing-masing kata atau kalimat dipisahkan dengan tanda koma (,). Tulis sebanyak-banyaknya kata yang mengandung kesan negatif atau biang kenyinyiran, agar musnah mereka yang suka melakukan hal tersebut.

4. Selain menfilter secara manual, kamu juga bisa mengaktifkan fitur “Filter Kata yang Paling Banyak Dilaporkan”. Dengan fitur ini memungkinkan kata yang sering dilaporkan pengguna lain juga akan ikut diblokir oleh sistem Instagram.

Cara Blokir Komentar dari Teman di Instagram

Mungkin kamu juga salah satu pengguna Instagram yang punya teman Instagram yang nyebelin. Nyebelinnya bisa karena sering nyepam di postinganmu, suka komentar nyinyir, dia tuh mantan kamu, atau hal yang lainnya.

Instagram ternyata juga menyematkan fitur canggih yang memungkinkan kamu memblokir komentar dari pengguna Instagram tertentu di unggahanmu. Komentar yang iya tuliskan tidak akan terlihat oleh kamu dan juga pengguna Instagram lainnya, kecuali dia sendiri. Tenang saja, dia tidak akan tahu kok kalau komentarnya tersebut telah diblokir secara otomatis. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masih sama seperti sebelumnya, kamu perlu melakukan langkah 1-5 seperti di cara pertama tadi. Lebih jelasnya masuk ke menu Profil >> klik ikon 3 garis >> klik Pengaturan >> Klik Privasi dan Keamanan >> klik Kontrol Komentar.

2. Setelah itu, kamu pilih opsi kontrol komentar yang ada di bagian atas sendiri. Atau lebih jelasnya opsi “Blokir Komentar Dari”.

3. Langkah ketiga, silahkan kamu tuliskan nama atau username dari teman yang ingin diblokir komentarnya. Jika sudah ketemu, kamu tinggal klik “Blokir” yang berada di sebela kanan foto dan nama username-nya. Kamu bisa memblokir lebih dari 1 orang pengguna dengan fitur ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara filter komentar negatif di Instagram secara otomatis dan manual. Kamu juga bisa memilih sendiri pengguna mana yang tidak diizinkan untuk berkomentar di unggahanmu. Semoga bermanfaat.