Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe – Xaiomi merupakan brand smartphone baru asal Tiongkok yang bisa dibilang paling sukses saat ini. Xiaomi punya banyak sekali seri atau tipe, dimana semuanya kesemuanya tersebut punya spesifikasi unggulan. Aktivitas bermobile seperti bermain game atau yang lainnya bisa dilibas dengan mudah dan cepat. Produk HP android dari Xiaomi ini juga kebanyakan dibanderol dengan harga murah dan bersaing. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak pengguna yang lebih memilih HP dari Xaiomi.

Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe
Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe

Meskipun punya banyak keunggulan, tetapi bukan berarti HP dari Xiaomi sama sekali tidak pernah mengalami masalah. Beberapa kasus HP Xaiomi mengalami berbagai masalah, baik itu dari segi sistem maupun kelalaian dari pengguna itu sendiri. Misalnya saja, HP Xiaomi Bootloop, Bricked, atau sering restart sendiri dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Masalah yang terjadi pada HP Xiaomi sebenarnya masih bisa diperbaiki, itupun jika masalah terjadi berasal dari sistem software-nya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan factory reset. Melakukan factory reset itu berarti kita akan mengembalikan HP Xiaomi ke kondisi awal seperti baru keluar dari pabrik. Lantas, bagaimana cara factory reset HP Xiaomi semua tipe? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Factory Reset HP Xiaomi Semua Tipe Paling Mudah

Factory reset berarti kita akan menghapus semua data yang ada di dalam memori internal HP. Selain itu, cara ini juga akan mampu memperbaiki sistem android yang bermasalah, seperti adanya bug, terjadi softbrick atau juga bootlop. HP Xiaomi lupa kunci atau password atau juga PIN juga bisa diatasi dengan cara factory reset. Namun sebelum melakukan cara factory reset HP Xiaomi semua tipe, perlu kamu perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini:

  • Melakukan backup data. Sebelum melakukan factory reset, sebaiknya kamu lakukan pembackupan data yang ada di memori internal HP Xiaomi terlebih dahulu. Karena factory reset ini nantinya akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal tersebut. Untuk melakukan backup kamu bisa menuju menu Pengaturan lalu cari opsi Backup dan Restore.
  • Memastikan daya baterai tersisa minimal 50%. Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah sisa daya baterai HP Xiaomi. pastikan daya baterainya tersisa minimal 50% atau lebih baik lagi di atas. Hal ini bertujuan untuk mencegah proses factory reset yang berhenti tiba-tiba di tengah jalan.
  • Jangan sambil men-charge. Melakukan aktivitas apapun di smartphone android sambil menchargenya , itu tidak diperbolehkan. Sama halnya juga ketika akan melakukan factory reset. Jika baterai tinggal sedikit, charge terlebih dahulu kemudian lakukan factory reset jika daya baterai sudah memungkinkan.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, waktunya kamu melakukan cara factory reset HP Xiaomi semua tipe. Caranya cukup mudah, bahkan bisa dilakukan oleh pengguna baru android sekalipun. Untuk melakukan factory reset ini sendiri setidaknya ada 2 cara, antara lain sebagai berikut :

1. Factory Reset Melalui Menu Pengaturan

Cara factory reset HP Xiaomi semua tipe yang pertama adalah bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Setiap tipe HP Xiaomi pasti punya opsi untuk melakukan factory reset di dalam menu pengaturannya. Letaknya sendiri kurang lebih hampir sama di semua tipe. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya :

  • Pertama kamu masuk ke Menu Pengaturan.
  • Setelah itu, scroll ke bawah kemudian pilih opsi Setelan Tambahan atau Additional Settings.
  • Pada halaman selanjutnya kamu klik pada Opsi Backup & Reset atau Buat Cadangan dan Setel Ulang.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi lagi, kamu tinggal scroll ke bawah lalu pilih opsi Factory Data Reset atau Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Dan langkah terakhir kamu tinggal pilih opsi Reset Phone atau Setel Ulang Telepon.
  • Jika muncul permintaan verifikasi, kamu tinggal masukkan sesuai perintah.
  • Tunggu hingga proses factory reset selesai dilakukan.

Proses factory reset HP Xiaomi sudah berhasil dilakukan. Nantinya HP akan melakukan restart dan di screen akan muncul tampilan penyetelan awal telepon. Setel ulang HP Xiaomi sesuai keinginan kamu. lakukan restore data untuk mengembalikan data aplikasi dan file lain yang sudah terhapus sebelumnya.

2. Factory Reset melalui Recovery Mode

Cara factory reset HP Xiaomi semua tipe berikutnya bisa kamu lakukan melalui recovery mode. Cara reset HP melalui recovery mode ini sendiri bisa disebut juga dengan istilah hard reset. Sama seperti sebelumnya, cara ini akan menghapus semua data yang ada di memori internal. Untuk langkah-langkah selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

  • Pertama kamu matikan HP Xiaomi seperti biasa.
  • Setelah benar dalam kondisi mati, kamu hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Power + Volum Up secara bersamaan dalam waktu beberapa detik. Lepaskan tekanan pada kedua tombol jika HP sudah bergetar atau muncul tampilan di layar.
  • Nantinya kamu akan dibawa masuk ke recovery mode. Untuk melakukan reset, kamu tinggal pilih Wipe Data / Factory Reset. Setelah selesai, klik juga opsi Wipe All Data, kemudian klik Yes.
  • Tunggu proses wipe data sampai selesai. Setelah itu, HP Xiaomi secara otomatis akan melakukan Reboot.
  • Lakukan penyetelan awal kembali seperti saat pertama kali kamu membeli HP Xiaomi.

Penutup

Itulah tadi 2 cara factory reset HP Xiaomi semua tipe yang mudah bisa kamu terapkan. Untuk beberapa tipe HP Xiaomi mungkin agak berbeda peletakan opsinya jika menggunakan cara yang pertama. Kamu tinggal menyesuaikannya sendiri, karena langkah-langkahnya hampir sama.