3 Cara Download Video di Line Paling Mudah

Cara Download Video di Line – Line merupakan salah satu platform media sosial yang juga tidak kalah populer di Indonesia. Penggunanya cukup banyak, tidak lain karena banyak fitur menarik yang disematkan di dalamnya. Layaknya platform media sosial lainnya, Line juga punya timeline yang menampilkan postingan dari pengguna lain baik berupa teks, foto dan juga video. Terkadang, jika ada suatu postingan yang menarik maka tidak jarang banyak penggunanya yang me-repost postingan tersebut.

Cara Download Video di Line

Di Line juga tersedia fitur chat baik secara personal maupun grup, pengguna bisa dengan mudah terhubung dengan pengguna lain. Dalam fitur chat, pengguna bisa saling bertukar pesan teks, foto atau bahkan video. Biasanya jika ada video menarik yang dikirim, tidak jarang dari kita akan mendownload video tersebut.

Baca Juga:

Berbicara tentang cara download video di Line ternyata tidak terlalu banyak yang tahu. Apalagi cara mendownload video di timeline Line, tidak semudah dengan saat mendownload video di dalam chat. Tapi tenang saja, di sini saya akan kasih tahu bagaimana cara mengunduh video di Line tersebut. Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Download Video di Line untuk Pemula yang Mudah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mendownload kiriman video di chat Line lebih mudah dilakukan. Tapi tidak untuk video yang berada di timeline, pengguna perlu sedikit trik untuk bisa mengambil atau menyimpan video tersebut di galeri. Adapun cara mendownload video di Line paling mudah, di antaranya:

1. Melalui Google Chrome

Yang pertama ini bisa dibilang sebagai cara download video di Line tanpa aplikasi. Ya, kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga untuk bisa mendownload video yang ada di Line. Hanya memanfaatkan browser bawaan HP android yakni Google Chrome. Langkah-langkahnya bahkan sangat simple, yakni:

  • Pertama kamu jalankan aplikasi Line seperti biasa di HP androidmu.
  • Buka timeline dan cari video yang ingin kamu simpan di galeri HP. Jika sudah ketemu, klik tiga titik yang ada di bagian pojok kanan postingan video. Setelah itu, klik opsi Salin Tautan.
  • Selanjutnya kamu tutup aplikasi Line dan buka browser Google Chrome. Pada halaman pencarian baru, kamu paste link tautan Line tadi di kolom pencarian Google Chrome atau Adress Bar.
  • Sebelumnya, pastikan kamu sudah melakukan login ke akun Line kamu di browser Google Chrome tersebut. Jika belum, maka harus login dulu.
  • Selanjutnya pada postingan video, kamu tekan dan tahan hingga nantinya muncul pop up download. Kemudian, langsung saja klik tombol Download Video. Selain itu, bisa juga dengan cara memutar video lalu klik ikon Download yang ada di pojok kanan bawah.
  • Tunggu sampai proses download selesai.

2. Menggunakan Aplikasi UC Browser

UC Browser merupakan salah satu aplikasi browser mobile yang juga cukup populer digunakan sekarang ini. Dibandingkan dengan Google Chrome, UC Browser dianggap lebih cepat dalam memuat halaman web. Selain itu, di dalamnya juga tersedia fitur Adblocked yang berfungsi untuk memblokir iklan saat browsing internet.

Dengan menggunakan UC Browser kita juga memudahkan kita saat akan mendownload video di Line. Adapun cara download video di Line menggunakan UC Browser, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install apliaksi UC Browser dan juga add-ons Video Download for UC Browser.
  • Jika sudah, buka situs Line melalui UC Browser tersebut lalu login ke akun Line kamu.
  • Selanjutnya buka timeline dan cara video yang ingin kamu unduh.
  • Untuk mendownload, sebelumnya kamu harus memutar terlebih dahulu video tersebut dengan cara klik Play.
  • Tunggu hingga video diputar, lalu klik ikon Download yang ada di bagian bawah video.
  • Secara otomatis video akan didownload, tunggu sampai proses download selesai.

3. Menggunakan Aplikasi X-plore File Manager

Cara download Video di Line yang mudah berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama X-plore File Manager. Cara ini bisa dibilang paling simple dan tidak membutuhkan proses download. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karena di sini tugasnya adalah kamu harus memutar video hingga selesai. Jika sudah, secara otomatis video sudah tersimpan di galeri smartphone.

Adapun langkah-langkah selengkapnya untuk menggunakan aplikasi X-plore File Manager, sebagai berikut:

  • Langkah pertama tentunya kamu perlu menginstall terlebih dahulu aplikasi X-plore File Manager.
  • Jika sudah, kamu jalankan aplikasi Line seperti biasa. Buka timeline dan cari video yang ingin kamu download.
  • Kalau sudah ketemu, putar video tersebut hingga selesai.
  • Selanjutnya buka aplikasi X-plore File Manajer yang sudah diinstall tadi. Klik Internal Storage, lalu pilih folder Data. Di sini kamu perlu mencari folder bernama jp.naver.line.android. Kemudian kamu cari dan klik folder Cache dan klik pilih folder mm.
  • Cari Cache Video yang sudah diputar tadi, kemudian lakukan Rename pada Cache Video tersebut. Di bagian belakang nama tambahkan dengan ekstensi .mp4.
  • Dan terakhir pindahkan video tersebut ke folder lain. Perlu kamu tahu, file cache ini akan secara otomatis terhapus jika HP sudah direstart atau dibersihkan ruang RAM-nya.

Sangat mudah bukan cara download video di Line di atas? Untuk cara mendownload video dari dalam chat baik personal maupun grup akan lebih mudah. Layaknya di platform WhatsApp, kamu hanya perlu buka dan putar video lalu klik ikon Download yang ada di bagian bawah video.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara download video di Line yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?