Cara Download Tema Realme Terbaru dan Pemasangannya

Download Tema Realme – Baru-baru ini dunia gadget digegerkan dengan kehadiran nama baru dalam dunia smartphone. Diberi nama Realme, ini merupakan sub-brand dari OPPO yang sebenarnya sudah muncul sejak lama. Pertama kali brand Realme hadir di Tiongkok dengan nama OPPO Real pada tahun 2010 silam. Namun, pada tahun 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 30 Juli 2018 Realme secara resmi memisahkan diri dari OPPO. Hingga sekarang ini Realme sudah secara resmi menjadi perusahaan independen yang berfokus untuk menhadirkan smartphone yang murah dan berkualitas.

Download Tema Realme
Download Tema Realme

HP dari Realme mengusung desain yang modern dan modis, serta dengan dukungan spesifikasi mumpuni. Hal ini membuat HP Realme memiliki performa yang cepat dan efisien, membuat penggunanya sangat termanjakan. Tidak sampai di situ saja, HP Realme juga dibekali dengan beberapa fitur canggih yang semakin membuatnya diminati oleh para pecinta smartphone. Apalagi dengan banderol harganya yang terbilang murah, pastinya ini menjadi daya tarik lain bagi pengguna.

Baca Juga:

Namun sayangnya, beberapa pengguna banyak yang mengeluh dengan tampilan antarmuka HP Realme. Beberapa dari mereka tidak bisa melakukan penggantian tema yang sesuai dengan keinginannya. Padahal, di HP brand lainnya mengubah tema sangat mudah dilakukan. Berbeda dengan HP Realme, pada beberapa seri HP tidak ditemukan fitur khusus untuk mengatur atau mengubah tema. Tenang saja, ada kok cara untuk download tema Realme dan pemasangannya. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Download Tema Realme Terbaru dan Pemasangannya

Download Tema HP Realme
Download Tema HP Realme

Karena awalnya Realme merupakan sub-brand dari OPPO, sudah pasti di dalamnya mengadopsi sistem modifikasi dari OPPO yakni ColorOS. Setiap perangkat  yang mengadopsi ColorOS biasanya sudah dilengkapi fitur tema bawaan yang di dalamnya disediakan banyak sekali pilihan tema keren. Tetapi, entah mengapa fitur tersebut tidak bisa ditemukan di beberapa seri smartphone Realme. Mungkin hal ini disebabkan oleh pemisahan dari OPPO yang dilakukan oleh Realme.

Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna saat ingin mengganti tema di HP Realme mereka. Meskipun sejatinya HP Realme sudah dibekali antarmuka yang keren, namun tidak jarang beberapa pengguna merasa bosan dengan tampilan tersebut. Walapun begitu, di HP Realme kamu masih tetap bisa mengganti wallpaper sebagai alternatif penggantian tema yang tidak bisa dilakukan.

Sebenarnya masih ada alternatif lain untuk download tema Realme dan memasangnya di perangkat. Hanya saja, tidak semua pengguna tahu mengenai cara tersebut. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengganti tema di HP Realme, yakni:

1. Menggunakan Realme Theme Store

Cara ini diklaim menjadi alternatif terbaik jika kamu ingin mengubah atau mengganti tema di HP Realme. Karena di HP Realme tidak dibekali fitur tema bawaan, maka kamu perlu mengunduh dan menginstallnya secara manual. Setelah menginstall, nantinya kamu bisa menerapkan berbagai jenis tema yang keren dan bisa disesuaikan dengan seleramu. Untuk langkah-langkah mengganti tema di HP Realme menggunakan Realme Theme Store, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu perlu mengunduh aplikasi Realme Theme Store melalui Link Ini.
  • Selain itu, persiapkan pula file tema HP Realme yang ingin kamu terapkan. Untuk file temanya sendiri bisa kamu download dengan mudah melalui internet. Salah satunya bisa dengan memilih tema iPhone ini, Download di sini.
  • Jika sudah mendownload bahan-bahannya, sekarang kamu lanjut menginstall aplikasi Realme Theme Store tadi. Klik install dan tunggu proses penginstalan hingga selesai.
  • Kalau sudah, sekarang lanjut dengan membuka aplikasi tersebut. Akan muncul notifikasi pop up yang berisi Persyaratan Layanan. Konfirmasi persetujuan dengan klik tombol OK.
  • Sekarang kamu tutup lagi aplikasi Realme Theme Store. Tekan dan tahan pada aplikasi Realme Theme Store hingga muncul beberapa opsi di atasnya, kemudian pilih opsi Info Aplikasi.
  • Selanjutnya memberikan izin akses pada aplikasi. Geser toogle ke kanan pada bagian opsi Izinkan pemulaian otomatis dan Izinkan jendela mengapung.
  • Selanjutnya kamu cari file tema yang sudah kamu unduh sebelumnya, lalu klik pada tema tersebut. Pada halaman preview yang muncul, sekarang kamu klik tombol Coba untuk mulai menerapkannya.
  • Selesai. Tema di HP Realme sudah berhasil kamu ganti.

Setelah tema berhasil diganti, sebaiknya kamu langsung uninstall aplikasi Tema Store di HP Realme agar tema tidak kembali ke default.

2. Menggunakan Aplikasi Launcher

Selain cara di atas, mengganti tema di HP Realme juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan aplikasi launcher. Ada banyak sekali aplikasi launcher yang bisa kamu temukan dan gunakan di HP Realme. Di dalamnya, biasanya disediakan berbagai jenis tema yang jumlahnya bahkan sampai ribuan. Kamu tinggal mencari tema yang disukai, kemudian langsung menerapkannya.

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi launcher terbaik yang bisa digunakan di HP Realme, antara lain:

Rekomendasi aplikasi launcher terbaik yang bisa kamu gunakan di HP Realme yakni Smart Launcher 5. Launcher satu ini hadir dengan mengusung tema yang berkonsep minimalis, ringan serta kaya fitur. Tema yang disediakan juga cukup beragam, kamu bisa memilih tema manapun yang sesuai dengan seleramu. Launcher besutan Smart Launcher Team ini sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Berikutnya ada aplikasi launcher bernama CM Launcher 3D 5.0 yang juga cukup populer digunakan. Launcher satu ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc, yang mana sudah digunakan oleh lebih dari 100 juta downloader. Sesuai dengan namanya, launcher satu ini menyediakan tema dengan konsep 3D yang memukau. Selain itu, ada pula beberapa tema dengan konsep 2D yang tidak kalah keren.

Dan yang terakhir yakni Nova Launcher yang juga menyediakan banyak sekali tema keren dan menarik di dalamnya. Kebanyakan tema yang disediakan di dalamnya berkesan retro dan klasik. Meski demikian, banyak pula tema keren dengan kesan modern dan elegan.

Penutup

Itulah tadi cara download tema Realme dan cara pemasangannya yang mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi pengguna lain.