Cara Download Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa

Cara Download Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa – HP android merupakan salah satu jenis perangkat elektronik yang paling dibutuhkan sekarang ini. Bagaimana tidak? Sebagian besar masyarakat modern sekarang ini seakan tidak bisa terlepas dari perangkat tersebut. Melakukan apa pun mereka masih tetap dengan santainya mengoperasikan HP android. Tidak heran karena HP android memang sudah dibekali dengan beragam fitur canggih yang ditujukan untuk membantu aktivitas harian pengguna.

Cara Download Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa
Cara Download Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa

Salah satu kelebihan HP android adalah memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi apa pun di dalamnya, selama memori HP masih cukup untuk menampung. Aplikasi android bisa ditemukan dan diundung langsung melalui halaman Google Playstore. Ini merupakan gudangnya aplikasi dan game android, aplikasi apa pun bisa kamu temukan dengan mudah di dalamnya. Hampir semua aplikasi bisa didownload secara gratis, namun ada beberapa pula yang bersifat premium alias berbayar.

Baca Juga:

Lain dari itu, Google Playstore ini sendiri juga termasuk dalam kategori aplikasi. Karena itulah, bisa saja Google Playstore tersebut dihapus dari perangkat android jika memang mau. Hanya saja, melakukan uninstall Google Playstore tidak semudah aplikasi lainnya. Sengaja atau tidak sengaja menghapus Google Playstore dan sekarang kamu ingin mengembalikannya lagi. Memangnya bisa? Berikut ini cara download Playstore yang terhapus atau kadaluarsa yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Download Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa

Cara Unduh Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa
Cara Unduh Playstore yang Terhapus atau Kadaluarsa

Google Playstore merupakan aplikasi bloatware atau bawaan yang disematkan pada Sistem Operasi Android. Karena merupakan aplikasi bawaan, jadi aplikasi ini tidak perlu diinstall secara manual oleh pengguna. Saat membeli HP baru pertama kali, aplikasi ini akan langsung ada dan bisa digunakan dengan login ke akun Google pribadi.

Selain itu, Google Play Store termasuk jenis aplikasi yang tidak bisa dihapus atau diuninstall dengan cara biasa. Untuk menghapusnya pengguna perlu melakukan rooting HP android terlebih dahulu, baru kemudian melakukan penghapusan atau unintall Play Store. Setelah melakukan uninstall mungkin kamu ingin download lagi Play Store, akan tetapi tidak tahu caranya.

Berikut ini cara download Playstore yang terhapus atau kadaluarsa yang mudah selengkapnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android. Jangan lupa untuk menghidupkan data seluler agar bisa terhubung ke internet.
  2. Setelah itu, kamu kunjungi situs penyedia aplikasi android. Dalam hal ini kamu bisa mengunjungi situs APK Pure.
  3. Pada halaman situs APK Pure tersebut, kamu cari Google Playstore melalui kolom Pencarian yang ada di pojok kanan atas.
  4. Hasilnya akan ditampilkan di halaman tersebut, kamudian kamu klik pada APK Google Play Store. Jangan salah pilih, pastikan kamu memilih Google Play Store dengan pengembang Google LLC. Untuk lebih mudahnya kamu bisa langsung mengunjungi LINK INI.
  5. Untuk mendownloadnya, kamu klik tombol Unduh APK yang nantinya akan mulai mendownload file APK versi terbaru.
  6. Di sini kamu juga bisa memilih versi lama dari Google Play Store untuk didownload dengan klik tombol Versions.
  7. Sekarang kamu sudah berhasil mendownload file APK Google Play Store.
  8. Selesai.

Setelah berhasil mendownload file APK Google Play Store, sekarang kamu bisa lanjut menginstallnya di perangkat android. Untuk langkah-langkah penginstalannya sendiri, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu aktifkan dulu fitur Unknown Source atau Aplikasi yang Tidak Dikenal.
  2. Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut dengan masuk ke menu Pengaturan >> Biometrik dan Keamanan >>  Instal Aplikasi yang Tidak Dikenal >> pilih browser yang digunakan untuk download file APK Play Store >> Aktifkan tombol slider pada tulisan Izinkan dari Sumber Ini.
  3. Kalau sudah sekarang kamu cari file APK Google Play Store yang sudah didownload tadi. Biasanya file APK tersebut akan tersimpan di folder Download.
  4. Klik pada file APK tersebut untuk membukanya.
  5. Nantinya akan muncul notifikasi pop up di layar untuk konfirmasi penginstalan APK. Lanjut dengan klik tombol Install.
  6. Tunggu sampai proses instalasi Google Play Store selesai.
  7. Sekarang kamu sudah bisa menjalankan Google Play Store seperti biasa.
  8. Selesai.

Catatan: Selain melalui APK Pure, kamu juga bisa mengunduh file APK Google Play Store lewat situs penyedia APK android lainnya. Misalnya saja JalanTikus, UptoDown, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Google Playstore Kadaluarsa

Bukan aplikasi WhatsApp saja yang bisa kadaluarsa, melainkan juga Google Play Store. Solusi terbaik untuk mengatasinya yakni dengan melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Google selaku pengembang dari Play Store bisa dibilang rutin melakukan update pada aplikasi tersebut. Tidak lain tujuannya untuk memperbaiki bug dan menyematkan fitur-fitur terbaru di dalamnya.

Sayangnya memang tidak jarang pengguna yang belum tahu cara untuk memperbarui Google Play Store yang sudah terlalu lawas tersebut. Berikut ini langkah-langkah update Play Store ke versi baru selengkapnya, yakni:

  1. Pertama pastikan smartphone androidmu sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Sekarang buka Google Play Store seperti biasa.
  3. Pada halaman Google Play Store tersebut, kamu klik Foto Profil akun Play Store yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  4. Kemudian kamu masuk ke menu Setelan atau Settings.
  5. Selanjutnya kamu klik pada opsi Tentang, kemudian klik opsi Versi Play Store.
  6. Di layar akan ditampilkan notifikasi pop up yang berisi informasi mengenai versi Google Play Store yang kamu gunakan saat ini. Jika memang ada versi terbaru dari Google Play Store, maka kamu bisa langsung klik Update untuk menggunakan versi terbarunya tersebut.
  7. Sekarang Google Play Store sudah normal dan bisa kamu gunakan seperti biasa.
  8. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara download Playstore yang terhapus atau kadaluarsa yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini