Cara Download Play Store yang Hilang untuk Pemula

Cara Download Play Store yang Hilang – Sebagai pengguna HP android, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Play Store. Google Play Store ini sendiri merupakan produk layanan resmi dari Google khusus untuk perangkat android. Fungsinya yakni sebagai gudangnya aplikasi, game dan item lain yang ditujukan untuk perangkat smartphone android. Tidak sembarangan aplikasi bisa masuk ke Google Play Store. Pasalnya pihak Google melakukan filter yang ketat dan hanya aplikasi yang dianggap aman serta sesuai kebijakan saja yang bole bertengger di dalamnya.

Cara Download Play Store yang Hilang
Cara Download Play Store yang Hilang

Sangat disarankan bagi pengguna android agar hanya menginstall aplikasi dan game melalui Google Play Store. Pasanya, semua aplikasi yang ada di dalam Play Store tersebut sudah bisa dipastikan aman. Tetapi, apa jadinya jika justru aplikasi Google Play Store tersebut yang hilang dari perangkat android? Tentunya hal ini tidak akan lagi bisa membuatmu menginstall aplikasi atau game dengan aman lagi. Meskipun jarang terjadi, namun masalah satu ini bisa saja dialami oleh beberapa pengguna android.

Baca Juga:

Seperti yang kita ketahui bersama, Google Play Store merupakan aplikasi bawaan dari android. Jadi, kamu tidak perlu melakukan langkah instalasi secara manual untuk aplikasi tersebut. Dan ketika Google Play Store yang hilang dari perangkat android, hal ini pastinya membuat kita kebingungan. Hilangnya aplikasi Google Play Store juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin bisa dari sistem ataupun kesalahan pengguna itu sendiri. Tidak perlu khawatir, ada kok alternatif untuk mengembalikan Google Play Store yang hilang tersebut. Berikut ini cara download Play Store yang hilang di HP android bisa kamu terapkan.

Cara Download Play Store yang Hilang untuk Pemula

Cara Download Play Store yang Hilang di Android
Cara Download Play Store yang Hilang di Android

Cukup membingungkan memang jika justru yang hilang dari perangkat adalah penyedia aplikasi itu sendiri. Dengan demikian kamu tidak bisa lagi menginstall aplikasi android secara resmi dari Google Play Store. Meskipun demikian, alternatif lain yang bisa dilakukan yakni mengunduh aplikasi dan game dari luar Play Store. Sama  saja sebetulnya, hanya saja terkadang ada beberpa aplikasi terlarang atau yang berisi virus bisa saja kamu install di HP android kesayangan.

Untuk mendownload Google Play Store ini sendiri kamu bisa mengunjungi situs penyedia aplikasi lain. Sekarang ini ada banyak sekali situs penyedia aplikasi secara online dengan koleksi aplikasi yang juga sangat lengkap, layaknya Google Play Store. Bahkan di dalamnya juga tersedia aplikasi Google Play Store yang bisa kamu download dan install jika memang aplikasi tersebut hilang dari perangkat.

Faktor yang menyebabkan aplikasi Google Play Store hilang dari android, salah satunya mungkin karena aktivitas root. Smartphone android yang sudah diroot memungkinkan kita menghapus aplikasi bloatware yang bahkan tidak bisa dihapus dalam keadaan non-root. Atau bisa juga karena aktivitas oprek android yang akhirnya membuat Google Play Store tersebut hilang tanpa sebab. Apapun penyebabnya yang terpenting di sini bagaimana cara mengembalikan Google Play Store tersebut.

1. Download Google Play Store Lewat ApkPure

Cara download Google Play Store yang paling mudah yakni melalui situs bernama ApkPure. ApkPure ini sendiri merupakan salah satu situs penyedia aplikasi dan game android terlengkap. Bahkan di dalam aplikasi ini kamu juga memungkinkan untuk mengunduh aplikasi dan game dalam versi sebelumnya sesuai keinginan. Jadi, kamu bisa menyesuaikan versi aplikasi yang kompatibel dengan perangkat androidmu.

Dalam hal ini kamu bisa mengakses situs ApkPure melalui LINK INI. Silahkan kamu cari aplikasi Google Play Store melalui kolom pencarian yang disediakan di sana. Seperti yang saya jelaskan tadi, di sini kamu bisa mengunduh versi Google Play Store sesuai keinginan. Baik itu Google Play Store versi terbaru ataupun versi lamanya, pastinya harus sesuaikan dengan perangkat androidmu. Jika masih bingung, kamu bisa mengunjungi LINK INI untuk langsung ke halaman download Google Play Storenya.

2. Menginstall Google Play Store

Jika aplikasi Google Play Store sudah kamu download dan disimpan di memori HP, sekarang kamu tinggal lanjut ke langkah untuk menginstallnya. Untuk langkah-langkah menginstallnya tersebut tidak jauh berbeda seperti menginstall aplikasi dan game lainnya. Lebih jelasnya bisa kalian simak ulasan di bawah ini:

  • Sebelum menginstall kamu perlu mengaktifkan izin install aplikasi yang tidak dikenal terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Security atau Keamanan. Geser toogle pada opsi Unknown source atau aplikasi tidak dikenal ke arah kanan. Konfirmasi persetujuan dengan klik OK.
  • Selanjutnya kamu cari file apk Google Play Store yang sudah didownload sebelumnya.
  • Klik pada file apk tersebut, kemudian klik tombol Install.
  • Tunggu hingga proses instalasi Google Play Store selesai.
  • Sekarang kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Google Play Store seperti semula.
  • Selesai.

Penutup

Mudah bukan cara download Play Store yang hilang di android di atas? Jika kamu mengalami hal yang sama, tidak perlu langsung panik. Cukup terapkan cara di atas agar Play Store bisa dikembalikan.