Cara Download Lagu dari Spotify di HP Android

Cara Download Lagu dari Spotify – Bagi kalian pecinta musik, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama Spotify ini. Spotify merupakan salah satu aplikasi streaming musik online yang cukup populer sekarang ini. Penggunanya sangat banyak dan menjangkau semua kalangan. Tidak heran karena koleksi lagu yang disediakan di dalam aplikasi Spotify sangat lengkap, mulai dari lagu lawas, lagu luar, hingga lagu yang lagi hits sekarang ini. Kamu yang ngakunya pecinta musik, wajib nih menginstall aplikasi Spotify di HP android kesayangan.

Cara Download Lagu dari Spotify
Cara Download Lagu dari Spotify

Untuk menikmati semua lagu yang disediakan di Spotify, kamu perlu menjadi member premium dengan membayar biaya langganan. Untuk paket premium Spotify ini sendiri terdiri dari beberapa pilihan, tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Aplikasi Spotify juga dibekali dengan beragam fitur keren yang pastinya bakal memanjakan para penggunanya. Koleksi musik yang disediakan juga sangat berkualitas dengan audio yang sangat bening atau jernih.

Baca Juga:

Salah satu fitur yang disediakan di aplikasi Spotify yakni fitur playlist. Kamu bisa memasukkan berbagai lagu kesukaan ke dalam Playlist untuk nantinya didengarkan sepuasnya. Namun, mendengarkan lagu yang sama di Spotify mungkin akan cukup menghabiskan kuota internet. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu download lagu kesukaanmu di Spotify tersebut. Lantas, bagaimana cara download lagu dari Spotify tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Download Lagu dari Spotify di HP Android

Cara Download Lagu dari Spotify di HP
Cara Download Lagu dari Spotify di HP

Mengunduh lagu di Spotify merupakan cara yang paling tepat untuk menghemat kuota internet. Saat kamu menemukan sinyal Wifi publik, sebaiknya buru-buru untuk mendownload lagu yang kamu suka. Download sebanyak-banyaknya sehingga nanti lagu-lagu tersebut bisa kamu dengarkan secara offline alias tanpa sambungan internet.

Namun, ternyata belum banyak yang tahu bagaimana cara download lagu di Spotify tersebut. Tenang saja, karena pada artikel kali ini akan saya bahas tuntas mengenai langkah-langkah untuk mengunduh lagu dari Spotify tersebut. Sebelumnya, harus kamu tahu terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan mendownload musik dari aplikasi Spotify. Mengenai syarat download lagu di Spotify beserta ketentuannya tersebut, antara lain:

  • Syarat yang pertama agar bisa mendownload lagu di Spotify yakni harus sudah punya akun Spotify Premium. Ya, kamu harus berlangganan akun Spotify Premium untuk menikmati mode offline Spotify tersebut. Tidak mahal kok, biaya langganan bulanan Spotify Premium tersebut hanya sebesar Rp 49.000,- saja. Untuk pembayarannya bisa melalui kartu kredit atau Visa Debit.
  • Jika memang biaya bulanan akun Spotify Premium reguler tersebut terlalu mahal, maka kamu bisa memilih paket Spotify Premium Family. Di sini kamu bisa patungan hingga 6 orang sekaligus untuk membeli paket Spotify Premium Family. Tenang saja, masing-masing pengguna punya hak yang sama seperti pengguna akun Spotify Premium Reguler. Biayanya tentu saja lebih murah, yakni hanya sebesar Rp 79.000,- per bulan.
  • Dan yang paling penting untuk kamu tahu lagi, yakni lagu yang sudah didownload hanya bisa diputar di mode offline Spotify. Lagu tersebut tidak bisa kamu putar melalui aplikasi pemutar musik lain di luar Spotify. Tidak sama dengan lagu yang biasanya didownload melalui situs ilegal yang membebaskan penggunanya memutar musik dari mana pun.

Setelah mengetahui apa saja syarat dan ketentuan untuk mendownload lagu di Spotify, sekarang lanjut ke cara untuk mendownloadnya. Adapun langkah-langkah untuk unduh lagu dari Spotify di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya kamu harus menginstall aplikasi Spotify di HP androidmu. Dan yang seperti dijelaskan di atas, kamu juga harus sudah berlangganan akun Spotify Premium. Baik itu langganan paket reguler maupun paket family.
  • Pada halaman utama aplikasi Spotify, sekarang kamu cari lagu atau playlist yang ingin didownload. Gunakan fitur Search yang berada di bagian atas tampilan untuk mempermudah pencariannya.
  • Nantinya hasil pencarian akan ditampilkan di bawah kolom search tadi. Di sini kamu bebas memilih ingin mendownload 1 lagu, playlist, ataupun 1 album sekaligus. Pada lagu yang ingin didownload, kamu klik ikon tiga titik yang di samping judulnya. Akan muncul beberapa opsi, untuk melanjutkan kamu klik tombol Save.
  • Belum selesai, sekarang kamu masuk ke menu Your Music. Kemudian pilih salah satu submenu sesuai tipe musik yang kamu simpan tadi, baik itu Songs, playlist, ataupun albums.
  • Untuk mulai mendownload lagu, selanjutnya kamu klik pada tombol Download yang tersedia di halaman tersebut. Dan kamu tinggal menunggu proses downloadnya selesai.
  • Sekarang lagu sudah berhasil kamu download dan nantinya bisa diputar secara offline tanpa harus HP tersambung ke jaringan internet.
  • Selesai.

Untuk memutar lagu di mode offline Spotify, kamu bisa menuju ke menu Settings kemudian pilih opsi Offline Mode. Di sana kamu bisa melihat daftar atau list lagu yang sudah kamu download sebelumnya. Mudah bukan cara download lagu dari aplikasi Spotify di atas?

Mendownload lagu dari Spotify paling mudah dilakukan melalui perangkat HP android. Meski demikian, kamu juga memungkinkan untuk mengunduhnya melalui perangkat lain, seperti PC atau laptop. Caranya kurang lebih sama, hanya saja di sini kamu perlu menginstall software Spotify for Windows terlebih dahulu. Dan lagi, kamu juga perlu berlangganan akun Spotify Premium agar bisa mengunduh lagu dari Spotify lewat PC atau laptop tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara download lagu dari Spotify di HP android yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.