Cara Download Foto di Pinterest Lewat HP Android

Cara Download Foto di Pinterest – Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan platform berbagi foto dan video satu ini. Pinterest merupakan salah satu platform Virtual Pinboard yang cukup populer digunakan dari dulu hingga sekarang. Melalui Pinterest memungkinkan kamu mengunggah foto atau video yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam kategori tertentu sesuai keinginan. Kategori tersebut bisa disebut dengan Pin, yang mana bisa kamu beri nama sesuai isi dalam Pin tersebut.

Cara Download Foto di Pinterest
Cara Download Foto di Pinterest

Selain itu, di Pinterest juga memungkinkan kamu melihat Pin yang dibagikan oleh pengguna lain di seluruh dunia. Di mana, Pin-Pin tersebut bisa kamu ikuti atau bisa juga menyimpannya di dasboard akun Pinterest kamu. Dengan demikian, nantinya kamu bisa dengan mudah melihatnya saat memang dibutuhkan. Penggunanya tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan juga dari seluruh dunia. Kamu memungkinkan terhubung dengan orang lain di luar sana melalui fitur chat yang disediakan di dalamnya.

Baca Juga:

Selain bisa mengikut Pin pengguna lain, ternyata kamu juga memungkinkan untuk menyimpan foto atau video dari akun lain tersebut ke menu Galeri HP. Caranya sangat mudah, tetapi ternyata masih banyak orang yang bingung untuk melakukannya. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel satu ini sudah saya rangkumkan secara detail mengenai cara download foto di Pinterest yang paling mudah. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Download Foto di Pinterest Lewat HP Android

Fungsi dari Pinterest ini memang agak mirip dengan Instagram, yakni sama-sama sebagai platform berbagi foto dan video. Hanya saja, fitur yang disediakan di Pinterest tidak selengkap yang ada di Instagram. Meski demikian, untuk urusan download foto atau video yang lebih unggul justru Pinterest. Pasalnya, di Pinterest sudah disediakan fitur khusus yang memudahkan penggunanya untuk mengunduh foto dan video. Berbeda dengan Instagram yang belum menyediakan fitur tersebut.

Mengenai cara download foto di Pinterest melalui HP android, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan. Ketiga metode tersebut yakni mengunduh foto di Pinterest langsung dari fitur download, melalui aplikasi pihak ketiga dan juga melalui situs image downloader. Kamu bebas ingin menggunakan cara yang mana, pastinya ketiga metode tersebut sama-sama mudah dilakukan. Adapun langkah-langkah unduh foto di Pinterest selengkapnya, sebagai berikut:

1. Download foto di Pinterest langsung dari fiturnya

Download foto di Pinterest langsung dari fiturnya
Download foto di Pinterest langsung dari fiturnya

Cara yang pertama ini bisa dibilang yang paling mudah dilakukan, bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Selain itu, cara ini juga sangat simple karena kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Cara ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi Pinterest ataupun langsung dari Pinterest Web. Berikut ini cara unduh foto di aplikasi Pinterest, yakni:

  • Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Pinterest di HP androidmu. Kalau sudah, login ke akun Pinterest pribadimu.
  • Sekarang kamu tinggal cari foto yang ingin disimpan di Galeri HP. Bisa melalui kolom Pencarian ataupun lewat halaman Pin yang kamu ikuti.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik ikon tiga titik horizontal yang ada di bagian pojok bawah gambar atau foto.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi, silahkan kamu pilih opsi Unduh gambar.
  • Jika muncul halaman izin akses, selanjutnya kamu beri izin aplikasi Pinterest untuk mengakses foto, media dan file yang tersimpan di dalam HP android.
  • Secara otomatis foto yang dipilih tadi sudah berhasil disimpan di menu Galeri HP androidmu.
  • Selesai.

Selain melalui aplikasi, kamu juga memungkinkan mengunduh gambar di Pinterest melalui situsnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya kamu harus mengunjungi situs Pinterest melalui browser HP android.
  • Setelah itu, kamu perlu melakukan login ke akun Pinterest pribadimu. Jika memang belum punya, maka kamu harus medaftar akun Pinterestnya terlebih dahulu. Baik dengan menggunakan akun Google ataupun akun Facebook.
  • Selanjutnya kamu cari foto yang ingin didownload atau disimpan di menu Galeri HP.
  • Klik pada salah satu foto yang ingin didownload tersebut, kemudian pilih opsi Download image.
  • Secara otomatis foto tersebut akan langsung tersimpan di menu Galeri HP.
  • Selesai.

2. Download foto di Pinterest lewat aplikasi pihak ketiga

Download foto di Pinterest lewat aplikasi pihak ketiga
Download foto di Pinterest lewat aplikasi pihak ketiga

Selain cara di atas, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk mengunduh foto di Pinterest. Kali ini kamu masih perlu melakukan instalasi aplikasi tambahan untuk mempermudah aktivitas tersebut. Jangan panik dulu, karena aplikasi yang harus kamu install ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak akan memakan banyak ruang di memori HP.

Ada banyak sekali piliah aplikasi untuk mengunduh foto atau video dari Pinterest. Salah satunya yang paling saya rekomendasikan yakni aplikasi bernama Pinsave yang dikembangkan oleh Bomapp. Penggunaannya bisa dibilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama pastinya kamu harus menginstall aplikasi Pinsave di HP androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu buka aplikasi Pinterest dan login ke akun pribadimu.
  • Cari foto yang ingin kamu download di Pinterest, kemudian pilih opsi Kirim atau Send it.
  • Pada halaman yang muncul, kamu pilih opsi Pinterest Downloader.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai sampai muncul notifikasi pop up di bawah layar.
  • Terakhir kamu klik tombol SAVE IMAGE, dan secara otomatis foto disimpan di Galeri HP.
  • Selesai.

3. Download foto di Pinterest lewat situs image downloader

Download foto di Pinterest lewat situs image downloader
Download foto di Pinterest lewat situs image downloader

Dan cara download foto di Pinterest yang terakhir yakni melalui situs khusus yang menyediakan layanan download foto secara online. Ada banyak sekali website semacam ini, namun yang paling saya rekomendasikan yakni situs bernama Experts PHP. Situs satu ini cukup terkenal karena penggunaannya yang mudah dan efisien. Selain download foto, situs satu ini juga memungkinkan kamu mengunduh video dari Pinterest. Situs satu ini dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Bahkan kamu yang masih awam sekalipun akan mudah menggunakannya tanpa adanya hambatan apapun.

Untuk langkah-langkah mengunduh foto di Pinterest melalui situs Experts PHP selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Pinterest atau Pinterest Web.
  • Cari foto yang ingin kamu download atau disimpan ke Galeri HP.
  • Pada foto yang ingin didownload, kamu klik ikon Kirim yang ada di bagian bawah gambar.
  • Akan muncul beberapa opsi kirim, selanjutnya kamu pilih opsi Salin Tautan.
  • Sekarang kamu kunjungi situs Experts PHP melalui Link Ini.
  • Paste link di kolom yang tersedia lalu klik tombol Download.
  • Download foto, maka secara otomatis foto tersebut akan tersimpan di Galeri HP.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara download foto di Pinterest melalui HP android yang paling mudah dan efektif. Kamu bebas memilih cara yang mana, pastinya pilih yang kamu anggap paling mudah untuk dilakukan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?