Cara Downgrade MIUI Baru ke Versi Lama Paling Mudah

Cara Downgrade MIUI – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang cukup terkenal di Indonesia khususnya. HP dari Xiaomi selalu menjadi incaran banyak orang, tidak lain karena harga banderolnya yang terbilang murah dibandingkan dengan smartphone dari brand lainnya. Selain murah, HP Xiaomi juga dibekali dengan spesifikasi unggulan sehingga membuat hasil performanya sangat handal. HP Xiaomi diklaim cukup lancar saat digunakan untuk bermain game berat ataupun menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Cara Downgrade MIUI
Cara Downgrade MIUI

Xiaomi juga terkenal dengan fitur-fiturnya yang sangat inovatif dan sangat membantu para penggunanya. Karena hal inilah membuat para pengguna semakin nyaman dan termanjakan menggunakan HP android dari Xiaomi. Tampilan antarmuka HP Xiaomi juga terbilang sangat cantik dan nyaman dipandang mata. Ini tentunya berkat MIUI yang diterapkan pada semua perangkat android Xiaomi. Berbicara mengenai MIUI, ini merupakan ROM yang dikembangkan oleh Xiaomi sendiri. Ada banyak sekali kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan ROM buatan brand lainnya.

Baca Juga:

Xiaomi juga secara rutin melakukan update pada MIUI-nya tersebut. Hingga sekarang ini MIUI dari Xiaomi ini sudah sampai di generasi MIUI 11 yang diklaim punya fitu-fitur terbaik. Namun sayangnya, terkadang mengupdate MIUI ke versi terbaru membuat HP mengalami berbagai masalah. Hal ini mungkin terjadi karena MIUI baru tersebut tidak cocok dengan HP Xiaomi. Karena hal inilah akhirnya banyak pengguna ingin mengembalikan MIUI di perangkatnya ke versi sebelumnya. Cara mengembalikan MIUI baru ke versi lama seperti ini biasa disebut dengan Downgrade MIUI. Lantas, bagaimana cara downgrade MIUI ke versi lama tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Downgrade MIUI Baru ke Versi Lama Paling Mudah

Cara Downgrade MIUI Xiaomi
Cara Downgrade MIUI Xiaomi

Untuk melakukan downgrade MIUI ke versi lama sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara melakukannya. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan untuk men-downgrade MIUI Xiaomi, yakni mengunakan bantuan PC dan tanpa PC. Keduanya sama-sama mudah, tinggal kamu pilih salah satu dari cara tersebut sesuai keinginan.

Adapun cara downgrade MIUI dari versi baru ke versi lama selengkapnya, sebagai berikut:

1. Downgrade MIUI Tanpa PC

Cara yang pertama ini tidak mengharuskan kamu menggunakan perangkat PC atau laptop dalam menerapkan langkah-langkahnya. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi Updater yang merupakan aplikasi bawaan yang ada di semua HP Xiaomi. Untuk langkah-langkahnya, yakni:

  • Sebelum lanjut ke langkah-langkah downgrade MIUI, pastikan kamu sudah mengunduh file MIUI sesuai versi yang kamu inginkan. Misalnya MIUI 9, MIUI 7 atau yang lainnya. Pastikan kamu juga sudah mengunduh file MIUI sesuai dengan perangkat Xiaomi yang kamu miliki. Download file MIUI-nya melalui link ini.
  • File MIUI yang sudah kamu download tadi, silahkan kamu pindahkan ke folder downloader_rom yang ada di memori internal HP. Pastikan file MIUI yang sudah didownload tadi tidak diekstrak, meliankan tetap dalam bentuk file ZIP.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu bisa mulai jalankan aplikasi Updater bawaan yang ada di HP Xioami.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada dibagian pojok kanan atas. Setelah itu, pilih menu Choose update package.
  • Sekarang pilih file MIUI versi lama yang sudah didownload tadi.
  • Proses downgrade akan dimulai, kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah, biasanya perangkat Xiaoi akan langsung melakukan reboot secara otomatis.
  • Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengembalikan MIUI di HP Xiaomi-mu ke versi lama. Meskipun terbilang mudah, terkadang perangkat mengalami beberapa bug yang muncul secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu lakukan Hapus Cache dan Data agar bug tidak muncul di perangkat Xiaomi kamu. 

2. Downgrade MIUI Melalui Recovery Mode

Cara yang kedua ini sama mudahnya seperti cara pertama di atas. Namun yang membedakan yakni cara ini terbilang minim bug ketika sudah selesai melakukan downgrade MIUI. Di sini kamu juga tidak memerlukan perangkat PC atau laptop sebagai pendukungnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama yakni mendownload file MIUI (format .zip) melalui situs resmi Xiaomi. Pastikan kamu memilih versi Xiaomi sesuai dengan perangkat HP Xiaomi-mu agar tidak terjadi error atau ketidakcocokan.
  • Pindahkan file MIUI tadi ke memori internal HP, taruh saja di luar jangan di dalam folder. Sebelumnya kamu juga perlu mengubah nama file MIUI tersebut menjadi update.zip.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi Updater yang ada di HP Xiaomi.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik tanda tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya kamu pilih opsi Reboot to Recovery Mode.
  • Secara otomatis HP akan masuk ke Recovery mode, kemudian kamu pilih Bahasa Inggris. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan tombol Volume untuk navigasi dan tombol Power untuk eksekusi pilihan.
  • Sebelum melanjutkan, sebaiknya kamu lakukan penghapusan cache dan data di HP android. caranya klik tombol Wipe & Reset, lalu pilih opsi Wipe Cache. Setelah itu, pilih juga opsi Wipe User Data.
  • Jika sudah, sekarang kamu kembali ke menu utama recovery dan klik pada tombol Install update.zip to system. Konfirmasi dengan pilih tombol Yes, dan secara otomatis proses penginstalan ROM akan berjalan. Kamu tinggal menunggu prosesnya hingga selesai.
  • Kalau sudah, klik tombol Reboot. 
  • Selesai.

3. Downgrade MIUI dengan Bantuan PC

Jika cara di atas tidak mengharuskanmu menggunakan perangkat PC, cara satu ini justru membutuhkannya. Sebelum melakukannya, pastikan perangkat Xiaomi kamu sudah diunlock. Cara satu ini bisa dibilang mudah dan minim bug pada perangkat Xiaomi. Langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Sebelumnya kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti software MiFlash Tool, ROM MIUI sesuai versi dan tipe Xiaomi, PC atau laptop, dan kabel data.
  • Sekarang kamu install dan jalankan aplikasi MiFlash Tool di perangkat PC atau laptop. Selain itu, lakukan decompress pada ROM MIUI  berformat .tgz yang sudah didownload sebelumnya. Pastikan kamu menaruh file ROM MIUI tersebut di lokasi yang mudah ditemukan.
  • Pada perangkat Xiaomi, kamu masuk ke mode Fashboot dengan cara mematikan HP lalu tekan dan tahan tombol Power + tombol Volume selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika sudah muncul tampilan di layar atau getaran pada HP.
  • Saat logo Fashboot (robot kelinci dan robot android) muncul di layar, sekarang kamu hubungkan perangkat Xiaomi ke PC atau laptop menggunakan kabel data atau kabel USB. 
  • Pada aplikasi MiFlash Tool, klik tombol Refresh agar perangkat Xiaomi bisa dideteksi oleh PC. Klik tombol Select lalu cari folder ROM MIUI yang sudah didownload tadi.
  • Jika sudah, sekarang klik tombol Flash yang ada di bagian paling kanan.
  • Tunggu proses flashing hingga selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara downgrade MIUI baru ke versi lama yang paling mudah bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.