Cara Double Tap Xiaomi Semua Tipe Paling Mudah

Cara Double Tap Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone android yang cukup terkenal di Indonesia. HP dari Xiaomi banyak dipilih karena hampir semua produknya dijual dengan banderol harga murah. Meskipun murah, namun spesifikasi yang diusungnya terbilang unggulan. Performa kinerja yang dihasilkan sangat handal sehingga mampu memuaskan para penggunanya.

Cara Double Tap Xiaomi
Cara Double Tap Xiaomi

Tidak sampai di situ saja, HP dari Xiaomi juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang jarang ditemukan di HP brand lain. Fitur-fitur tersebut akan mempermudah berbagai aktivitas harian pengguna sehingga akan semakin termanjakan. Salah satu fitur terbaik di HP Xiaomi yakni fitur Double Tap to Wake. Fitur satu ini memungkinkan pengguna menghidupkan layar yang dalam keadaan stanby dengan hanya 2 kali sentuh di layar. Jadi, kamu tidak perlu lagi menekan tombol Power atau Home untuk menghidupkannya.

Baca Juga:

Namun, fitur satu ini tidak disediakan di semua HP Xiaomi, hanya beberapa tipe HP saja yang disematkan fitur tersebut. Selain itu, fitur ini terkadang juga tidak diaktifkan secara default. Jadi, kamu perlu mengaktifkannya sendiri secara manual. Meski begitu, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengaktifkan fitur Double Tap di Xiaomi tersebut. Jika kamu juga salah satunya, berikut ini cara double tap Xiaomi paling mudah yang bisa kamu terapkan.

Cara Double Tap Xiaomi Semua Tipe Paling Mudah

Cara Double Tap Xiaomi Semua Tipe
Cara Double Tap Xiaomi Semua Tipe

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitur double tap di Xiaomi ini berfungsi untuk menghidupkan layar yang dalam keadaan matu atau tandby dengan hanya 2 kali klik. Hal ini tentu akan mengurangi penggunaan tombol Power untuk menghidupkan layar HP. Dengan demikian, risiko kerusakaan tombol Power akan lebih diminimalkan. Tidak hanya itu saja, mengaktifkan fitur double tap di Xiaomi juga diklaim mampu menghemat konsumsi daya smartphone.

Selain bisa menghidupkan layar yang mati atau stanby, fitru double tap di Xiaomi juga memungkinkan mematikan layar dengan 2 kali sentuh layar. Fungsi seperti ini sering disebut dengan doubel tap screen of. Lagi-lagi cara ini akan maminimalkan penggunaan tombol Power sehingga membuatnya lebih awet karena penggunaan yang tidak terlalu sering.

Bagaimana Jika HP Xiaomi Belum Dilengkapi Fitur Double Tap?

Memang tidak semua HP Xiaomi dibekali dengan fitur satu ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena fitur tersebut bisa didownload dan terapkan di HP Xiaomi-mu. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu perlu mencari aplikasi Double Tap melalui Google Play Store. Selanjutnya kamu langsung bisa menginstall aplikasi tersebut di HP Xiaomi.
  • Jika sudah, cobalah untuk menjalankan aplikasi tersebut. Aplikasi nantinya akan meminta izin akses untuk fitur atau komponen di dalam HP android.
  • Aturlah aplikasi Double Tap agar bisa mendapatkan Access Permission. Jika akses ini tidak diaktifkan, maka fitur Double Tap tidak akan bisa kamu gunakan di HP Xiaomimu.
  • Selain itu, aktifkan juga Device Administrator agar penggunaan aplikasi bisa lebih maksimal.
  • Kamu juga bisa mengatur jumlah tap sesuai keinginan melalui opsi Number of Taps to Screen Off. Ya, meskipun namanya Double Tap to Wake Up tetapi kamu juga bisa mengatur sendiri jumlah tap-nya, baik itu 2x, 3x dan seterusnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Double Tap Xiaomi

Jika memang di HP Xiaomi kamu sudah tersedia fitur Double Tap, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, fitur Double Tap Xiaomi tidak diaktifkan secara default, jadi kamu perlu mengaktifkannya secara manual. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP Xiaomi.
  • Selanjutnya pilih opsi Pengaturan Tambahan atau Additional Settings.
  • Pilih opsi Display, lalu kamu bisa langsung mengaktifkan fitur Double Tap to Wake Up.
  • Selesai.

Cara Menonaktifkan Fitur Double Tap Xiaomi

Fitur Double Tap di HP Xiaomi memang sangat berguna dalam memaksimalkan penggunaan HP. Tetapi, terkadang fitur ini perlu dinonaktifkan dalam kondisi tertentu. Misalnya saja saat perjalanan dan HP ditaruh di dalam tas atau ransel. Saat kondisi tersebut bisa saja layar yang dalam keadaan mati atau stanby akan secara otomatis hidup karena tidak sengaja layarnya tersentuh dua kali. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus, maka akan membuat HP panas dan daya baterai berkurang dengan cepat.

Karena itulah, penting juga untuk kamu mengetahui bagaimana cara menonaktifkan fitur Double Tap tersebut. Untuk menonaktifkan fitur Double Tap di Xiaomi tidaklah sulit, kamu hanya perlu menekan tombol Deaktivate di pengaturan fitur tersebut.

Penutup

Mudah bukan cara double tap Xiaomi yang sudah diulas di atas? Sekarang kamu tidak perlu lagi menekan tombol Power berkali-kali untuk sekedar menghidupkan atau mematikan layar HP Xiaomi. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.