Cara Mudah Convert Berkas Excel ke PDF Secara Online

Cara Mudah Convert Berkas Excel ke PDF Secara Online Seperti yang sudah kita ketahui ya kalau Microsoft Excel menjadi sofware populer pada perangkat komputer. Dan juga kini ada versi Androidnya. Aplikasi ini sendiri banyak memberikan manfaat bagi para penggunanya. Seperti dalam mengelola data dan angka supaya mudah menjadi laporan yang di inginkan. Selain itu juga, Excel bisa di pergunakan malam perhitungan statistika. Serta juga matematika dalam menyusun anggaran keuangan dan lain sebagainya sehingga dapat mempermudah pekerjaan si pengguna.

Cara Mudah Convert Berkas Excel ke PDF Secara Online

Nah terkadang, untuk mempermudahnya suatu pengiriman data presentasi ke orang lain sering kali file Excel pun di rubah formatnya menjadi PDF. Hal ini di karenakan pada suatu berkas dokumen yang formatnya di rubah kebentuk PDF maka ukuran yang ia miliki akan turun derastis. Maka tak heran, jika banyak orang yang merubah format asli file mereka ke bentuk PDF. Supaya mempermudah pengiriman ataupun penyimpanan menjadi lebih longgar. Selain dapat memperkecil ukuran file, setelah di rubah ke bentuk PDF maka isi file tersebut tidak akan bisa di edit sembarangan. Dan bahkan tidak bisa di rubah isinya.

Baca Juga:

Dengan adanya format PDF ini tentunya akan sangat banyak memberikan manfaat bagi kita semua ya. Untuk cara mengubah format Excel ke PDF sendiri ada banyak cara yang dapat anda gunakan. Pada perangkat smartphone sendiri bisa memakai aplikasi WPS Office, PDF Converter dan banyak aplikasi sejenisnya. Yang bisa kalian unduh secara gratis melalui Google Play Store. Sedangkan kalau anda mau melakukan convert tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, tenang bisa kok. Cukup menyediakan jaringan internet dan browser pada telepon pintar kamu sudah bisa melakukannya dengan mudah. Bagaimana caranya? Mari simak artikel kita sampai habis yaa.

Cara Mudah Convert Berkas Excel ke PDF Secara Online

Baiklah teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan layanan yang di berikan oleh beberapa situs penyedia. Yang mana akan berguna untuk kita gunakan dalam merubah format Excel to PDF secara online tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga lagi. Dan tentunya cara ini sendiri bisa kalian praktikan baik itu menggunakan smartphone dan juga perangkat keras komputer atau laptop.

1. PDF Candy

Pdfcandy.com

Situs pertama yang akan kita bahas yaitu bernama Pdfcandy.com yang hadir untuk memenuhi kebutuhan konversi dan editing file PDF kamu. Tak hanya menghadirkan layanan secara online, Pdfcandy.com juga menyediakan layanan offline yang dapat kalian install pada perangkat bersistem operasi Windows. Selain itu, layanan yang di berikan oleh pdfcandy juga sangat lengkap. Seperti bisa mengkompres PDF, menggabungkan 1 bahkan lebih PDF, memotong, merotasi PDF dan masih banyak fitur lainnya. Sedangkan untuk layanan convertnya juga tergolong lengkap, terdapat PPT to PDF, MOBI to PDF, PNG to PDF dan masih banyak lagi.

Penasaran sama cara penggunaannya? Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi browser pada perangkat smartphone atau komputer milik mu, dan masuke alamat Pdfcandy.com
  2. Selanjutnya tinggal tekan tombol Tambah File, kemudian upload file Excel yang mau anda rubah ke PDF
  3. Jika sudah di pilih maka proses convert akan berjalan secara otomatis
  4. Setelah berhasil, silahkan tekan tombol Unduh File pada kotak dialog kita pilih Save File.

2. Smallpdf

Smallpdf

Smallpdf.com adalah salah satu layanan merubah file menjadi PDF secara online yang cukup populer di kalangan pelajar. Kalian bisa memanfaatkan layanan Smallpdf ini untuk mengkonversi beragam macam file ke PDF secara gratis dan juga gak pake ribet. Layanan yang Smallpdf berikan pun sangat lengkap, di mana kita bisa memisahkan & menggabungkan PDF, mengedit, menghapus halaman dan masih banyak lagi. Lalu untuk format lain yang bisa di rubahke PDF juga lengkap, ada JPG to PDF, Word to PDF, PPT to PDF dan masih banyak lagi.

Untuk cara pemakaiannya juga tidak begitu sulit. Bisa kalian simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama buka browser pada HP maupun laptop milik kamu
  2. Kemudian masukan url smallpdf.com
  3. Pada halaman pertama kita tekan tombol Pilih File, kemudian cari file Excel yang mau di rubah formatnya ke PDF
  4. Selanjutnya maka proses konversi akan berjalan secara otomatis
  5. Kalau proses sudah selesai, dapat langsung kalian download dengan cara menekan tombol Unduh File.

3. iLovePDF

iLovePDF

Selanjutnya ada iLovePDF, yaitu sebuah situs yang menyediakan layanan konversi serta editing file PDF. Selain hadir kedalam bentuk website iLovePDF juga ada aplikasinya lho, yang bisa kalian unduh secara gratis melalui Google Play Store. Tapi, jika kalian tidak mau perlu mengunduh aplikasi tambahan lagi, maka sudah cukup hanya dengan menggunakan browser di HP saja. Ada yang menarik dari layanan iLovePDF berikan, selain dapat mengkonversi banyak format ke PDF. Ia juga bisa memperbaiki file PDF yang rusak lho, jadi kalau anda mau mencoba memperbaiki PDF yang rusak bisa langsung mencoba fiturnya yang satu ini.

Sedangkan untuk cara menggunakan konversinya pun sangat gampang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka browser pada perangkat HP atau komputer kamu
  2. Selanjutnya masuk ke situs ilovepdf.com
  3. Kemudian tekan tombol Select EXCEL files dan pilih file yang kamu ingin rubah ke PDF
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai dan tekan Download PDF.

4. Cloudconvert.com

Cloudconvert.com

Tidak jauh berbeda dari Smallpdf dan juga ilovepdf, pada Cloudconvert sendiri menyediakan layanan berupa convert file dan juga terdapat banyak pilihan format lainnya. Mulai dari video, dokumen, audio, vector, font dan beberapa jenis file lainnya bisa kalian rubah formatnya dengan mudah. Dan untuk langkah menggunakan website ini bisa kalian simak berikut ini:

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuka situs Cloudconvert.com pada browser HP maupun komputer
  2. Selanjutnya langsung kita tekan tombol Select File dan pilih file excel yang hendak mau di rubah ke pdf
  3. Jika sudah tekan kotak di samping tulisan Convert to, dan pilih opsi PDF
  4. Tekan tombol Convert
  5. Setelah proses selesai silahkan Unduh file tersebut.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini pada artikel kita yang berjudul Cara Mudah Convert Berkas Excel ke PDF Secara Online. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu teman-teman semua ya. Jangan lupa juga untuk share terlebih dulu artikel kita ya. Sampai jumpa, dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini