Cara Cepat Mengetahui IMEI HP OPPO

Cara Cepat Mengetahui IMEI HP OPPO Siapa yang tak kenal sama vendor smartphone yang satu ini. Yup, OPPO merupakan salah satu brand ponsel pintar yang berasal dari Cina. Vendor ini sendiri mampu melakukan ekspansi ke Indonesia secara sukses bersaing di pasar smartphone. Oppo sendiri di Indonesia terkenal dengan tipe smartphonenya yakni Selfie Expert, F3, F1, F1 Plus dan masih banyak lagi. Walaupun smartphone Oppo di tanah air sudah banyak di penggunanya, tapi tetap saja tak sedikit orang yang masih bertanya0tanya bagaimana sih cara mengetahui IMEI HP Oppo.

Cara Cepat Mengetahui IMEI HP OPPO

Nah, kalian sendiri udah pada tahu gak sih, bagaimana cara cek IMEI pada smartphone Oppo? Siapa sangka caranya mudah banget dan gak ribet. Fungsi dari mengetahui IMEI ini sendiri kita dapat memastikan kalau smartphone Android Oppo yang kita punya ini barang resmi atau tidak. Untuk kamu yang belum tahu, pada umumnya kode IMEI pada setiap smartphone ini terdiri dari 14 sampai 16 digit. Di buat panjang agar masing-masing angka bersifat unik untuk setiap perangkat yang beredar pada pasaran. Dengan kata lain maka, IMEI pada setiap smartphone pastinya berbeda-beda.

Baca Juga:

Oleh karena itulah dengan adanya IMEI yang berbeda-beda pada setiap tipe smartphone khususnya Oppo, maka dapat di pergunakan untuk berbagai hal. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, yaitu mengecek smartphone tersebut resmi tau tidak. Dan juga manfaat lainnya adalah untuk menemukan perangkat smartphone kita ketika hilang dengan mengecek nomor IMEI nya. Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara cek IMEI pada smartphone Oppo tenang. Karena kita kali ini akan mengupas cara cepat mengetahui IMEI HP OPPO, yang tentunya terdapat beberapa cara yang bisa kita gunakan.

Cara Cepat Mengetahui IMEI HP OPPO

IMEI pada sebuah smartphone memang memiliki peran yang sangat penting, oleh karena itu kamu wajib menyetahui bagaimana caranya. Berikut di bawah ini sudah saya sajikan beberapa cara untuk mengetahui IMEI pada HP Oppo.

1. Melalui Pengecekan IMEI Pada Dux Box

Cara yang pertama ini tentunya hanya berlaku bagi kalian yang masih memiliki kotak dus HP Oppo anda ya. Jika dus boxnya sudah tidak ada maka langkah ini anda lewatkan saja dan lanjut ke langkah kedua di bawah. Biasanya perangkat yang tidak ada dus box ini merupakan smartphone yang di beli batangan melalui marketplace. Oke langsung saja kita melakukan pengecekan pada dus box. Untuk mengetahui IMEInya sangat mudah, coba perhatikan pada sisi kiri atau kanan box HP Oppo anda, apakah terdapat barcode atau sandi barang.

Apabila anda melihat barcode entah itu di sisi kanan atau kiri bagian dus, maka perhatikan bagian atas barcode tersebut. Maka seharusnya kamu melihat keterangan berupa IMEI 1 dan IMEI 2 di lanjutkan dengan angkat di belakangnya. Nah, angka itulah kode IMEI miliki ponsel pintar anda. Untuk memastikan kalau HP Oppo tersebut terdaftar atau tidak. Maka kita perlu melakukan pengecekan melalui situs IMEI Kemenperin disini. Selanjutnya akan tampil teks box bewarna putih, kita masukan kode IMEI tadi dan tekan Enter. Jika muncul keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” berarti HP anda resmi.

2. Cek Melalui Menu Pengaturan

Untuk kamu nih yang dux boxnya udah gada gak perlu khawatir tidak bisa mengetahui kode IMEI HP Oppo kamu ya. Sebab Oppo sendiri sudah mengantisipasi jika kasus ini terjadi pada para penggunanya. Maka dari itulah kode IMEI juga di letakkan ke dalam perangkat lunak Android, tepatnya terletak di Pengaturan smartpone tersebut. Untuk tata caranya juga gampang kok, pertama buka terlebih dulu Pengaturan pada HP kamu. Selanjutnya kita gulir sedikit ke bagian bawah hingga menemukan menu Tentang atau About.

Lanjut dengan menekan menu About tadi. Pada halaman menu ini kita akan di sajikan dengan sederetan informasi mengenai ponsel pintar Oppo tersebut. Nah untuk mengetahui kode IMEInya sendiri cukup klik menu Status. Tidak lama kemudian maka akan tampil kode IMEI milik ponsel tersebut dan kemudian catat atau tulislah kodenya. Lanjut dengan melakukan pengecekan IMEI tadi melalui situs IMEI Kemenperin disini. Caranya sama seperti di langkah pertama tadi, pada teks box di situs tersebut kita isikan kode IMEI tadi dan tekan Enter.

3. Menggunakan Dial Rahasia

Cara terakhir untuk cara cepat mengetahui IMEI HP OPPO yaitu melalui penggunaan kode dial yang memang di sajikan Oppo untuk penggunanya gunakan mengecek kode IMEI. Untuk langkah penggunaan kode dial ini sendiri cukup mudah ya seharusnya. Pertama kita buka menu Telepon pada smartphone Oppo, yang biasanya berlogo gangang telepon. Selanjutnya kita ketikan dial berikut *#06# lalu tekan tombol Panggil. Tak perlu menunggu waktu lama, hitungan detik akan tampil notif pesan yang berisikan nomor IMEI ponsel Oppo kita. Silahkan di Screenshot atau catet kode IMEI nya biar gak repot ngeceknya lagi.

4. Melihat IMEI Pada Body Belakang

Pada dasarnya kalau kita beli smartphone baru pada bagian belakang HP kita akan melihat sticker yang berisikan beberapa keterangan penting. Salah satunya adalah kode IMEI pada smartphone tersebut. Biasanya sticker ini akan tertempel di bagian belakang HP jika HP tersebut menggunakan baterai jenis tanam. Beda lagi kalau smartphone yang masih menggunakan baterai removable. Maka stickernya akan terletak di bagian dalam body HP, tepatnya pada sisi depan baterai.

Penutup

Itu dia tadi isi artikel kita kali ni yang membahas tentang Cara Cepat Mengetahui IMEI HP OPPO. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu teman-teman semua ya. Sebelum beranjak, jangan lupa untuk share artikel kita ok. Sampai jumpa dan, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini