Cara Cek Tipe HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat

Cara Cek Tipe Hp Xiaomi – Xiaomi menjadi salah satu brand HP android yang terbilang sukses, meskipun termasuk brand pendatang baru. Hingga sekarang ini, sudah ada banyak sekali tipe HP Xiaomi yang dirilis. Dan sebagian besar HP Xiaomi tersebut laku keras di pasaran. Ini karena Xiaomi selalu memberikan banderol harga termurah untuk semua tipe HP android yang dirilisnya. Tidak hanya murah, mereka juga sangat memperhatikan spesifikasi yang disematkan untuk setiap produknya.

Cara Cek Tipe HP Xiaomi

Dari sekian banyaknya tipe HP Xiaomi, membuat beberapa orang justru bingung mengetahui apa tipe HP Xiaomi yang dimilikinya. Apalagi jika ia membelinya dalam kondisi bekas, kemungkinan mengetahui tipe dari HP Xiaomi tersebut cukup kecil. Berbeda saat membelinya dalam kondisi baru yang lengkap dengan dusbooknya, dimana pada dusbook tersebut sudah tertera nama dan tipe HP.

Baca Juga :

Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada lho cara cek tipe HP Xiaomi yang simple bisa kamu terapkan. Tidak hanya simple, cara ini juga cukup akurat untuk mengetahui apa tipe dari HP Xiaomi tersebut. Penasaran dengan caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Cek Tipe HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat

1. Melalui dusbook atau kotak HP

Cara cek tipe HP Xiaomi yang paling mudah pertama adalah dengan melihat pada dusbook atau kotak HP. Setiap pembelian sebuah smartphone baru, pasti akan disertai dengan dusbook sebagai pembungkusnya. Pada dusbook tersebut sudah tersedia nama atau tipe dari HP Xiaomi yang kamu miliki.

Cara satu ini bisa dilakukan jika HP Xiaomi yang kamu miliki dalam kondisi mati. Saat ingin membetulkannya, mungkin membutuhkan suku cadang pengganti agar bisa betul kembali. Setiap tipe HP Xiaomi berbeda suku cadangnya, karena itulah harus mencocokkan dulu dengan tipe HP Xiaomi yang rusak tersebut.

2. Lihat pada menu Pengaturan HP

Cara cek tipe HP Xiaomi yang akurat berikutnya adalah dengan melihat pada bagian menu Pengaturan atau Setting di perangkat Xiaomi. Setiap HP android pasti menyediakan menu yang berisi informasi tentang perangkat tersebut, mulai dari sistem operasi, nomor HP, hingga model atau tipe dari HP.

Untuk cara melihatnya sangat mudah, kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan >> scroll dan pilih opsi Tentang Perangat >> disana akan tertera informasi tentang perangkat yang kamu miliki.

3. Melihat dari nama bluetooth

Jika dusbook HP Xiaomi yang kamu miliki hilang, cara satu ini bisa kamu lakukan untuk mengetahui tipe atau model dari HP Xiaomi. Secara default, nama bluetooth dari perangkat akan mengadopsi dari tipe HP itu sendiri. Sehingga dari ini kamu bisa mengetahui apa model atau tipe HP Xiaomi yang kamu miliki.

Caranya cukup mudah, Masuk ke menu bluetooth atau gulir ke bawah pada tampilan Home kemudian hidupkan bluetooth. Pada perangkat lain kamu bisa mengaktifkan juga bluetoothnya, lalu sambungkan dengan HP Xiaomi tadi. Disana akan langsung terlihat nama bluetooth yang sesuai dengan tipe atau model dari HP Xiaomi kamu.

4. Melakukan restart HP Xiaomi

Cara cek tipe HP Xiaomi paling mudah dan akurat berikutnya adalah dengan melakukan restart HP. Umumnya saat melakukan restart, ketika HP sudah mulai booting pertama maka akan terlihat nama model atau tipe dari HP tersebut. Jangan sampai lengah, karena biasanya tampilan nama tipe Xiaomi tidak berlangsung lama. Hanya sebentar lalu setelah itu tampilan Home HP akan muncul.

5. Melihat pada bagian dudukan baterai

Cara cek model HP Xiaomi satu ini bisa dibilang paling akurat dan praktis untuk dilakukan. Setiap HP yang menggunakan baterai lepas biasanya melampirkan informasi tentang perangkat di bawah dudukan baterainya. Karena itulah ini bisa kamu jadikan cara untuk mengetahui tipe HP Xiaomi yang kamu miliki.

Kamu cukup matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi, lalu buka bagian casingnya. Lepaskan baterai HP dan lihat nama tipe atau model dari HP Xiaomi yang tertera di stiker.

6. Menggunakan nomor IMUI HP Xiaomi

Cara cek tipe Xiaomi satu ini bisa kamu lakukan jika HP dalam kondisi mati atau bootlop. Nomor IMEI dari setiap HP Xiaomi berbeda-beda, dan dari sini juga kamu bisa mengetahui apa tipe atau model dari HP tersebut. Pastikan kamu sudah tahu berapa nomor IMEI dari HP Xiaomi yang kamu miliki. Mengetahuinya bisa melalui kotak HP, ketikkan nomor IMEI tersebut dengan menambahkan kata Xiaomi di pencarian Google. Dan nantinya informasi dari HP Xiaomi tersebut akan ditampilkan, termasuk tipenya.

7. Menggunakan aplikasi CPU-Z

Jika sebelumnya kamu melakukan cara cek tipe HP Xiaomi tanpa aplikasi, berbeda lagi dengan cara satu ini. Kamu akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama CPU-Z untuk mengetahui tipenya. Kamu bisa menginstall aplikais CPU-Z melalui Google Play Store, kemudian jalankan seperti biasa.

Disana tidak hanya akan tertera tipe dari HP Xiaomi, melainkan juga informasi lain dari perangkat tersebut. Bahkan juga, melalui aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui apakah HP Xiaomi tersebut original atau replika.

8. Menggunakan aplikasi AIDA64

Selain menggunakan aplikasi CPU-Z, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi AIDA64 untuk mengetahui tipe dari HP Xiaomi. Sama seperti aplikasi sebelumnya, melalui aplikasi ini kamu bisa mengetahui informasi lengkap dari perangkat HP android yang kamu miliki. Mulai dari informasi tipe atau model hingga firmware dari HP tersebut. Kamu bisa mencari dan menginstall aplikasi ini melalui Google Play Store.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek tipe HP Xiaomi paling mudah dan akurat bisa kamu lakukan. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu agar bermanfaat untuk orang lain.