Cara Cek Tipe HP Samsung Mudah dan Akurat

20
Cara Cek Tipe HP Samsung
Cara Cek Tipe HP Samsung

Cara Cek Tipe HP Samsung – Sekarang ini smartphone android sudah menjadi salah satu perangkat elektronik terpenting di kehidupan masyarakat modern. Fungsinya yang fleksibel membuat HP android mampu memberikan banyak kemudahan bagi pengguna. Baik itu dalam urusan bisnis, kegiatan belajar mengajar, ataupun kegiatan harian. Tidak heran hampir semua orang pasti memiliki perangkat satu ini, walaupun beberapa ada yang lebih memilih smartphone dari platform lain seperti iPhone. Namun, untuk soal fungsi keduanya hampir sama, mungkin hanya tambahan fitur dan tampilannya yang berbeda.

Cara Cek Tipe HP Samsung
Cara Cek Tipe HP Samsung

Berbicara mengenai smartphone android, sudah ada banyak brand yang berlomba-lomba memproduksi perangkat tersebut. Salah satunya adalah Samsung yang masih menjadi raja di dunia smartphone android. Hingga saat ini Samsung masih menyandang status sebagai brand dengan jumlah penjualan smartphone tertinggi di dunua dan ini sudah berlangsung hingga beberapa tahun. Alasannya mungkin karena HP dari Samsung memiliki kualitas yang bagus, sehingga performa yang diberikannya cukup maksimal. Para pengguna juga mengaku HP Samsung lebih tangguh dan awet dibandingkan HP dari brand lainnya, khususnya HP dari China.

Baca Juga:

Samsung sendiri telah menghadirkan banyak sekali tipe atau seri HP android, mulai dari yang dibanderol dengan harga terjangkau hingga mahal. Samsung mengkategorikan seri HP-nya tersebut untuk masing-masing sektor, mulai dari kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Memiliki HP Samsung, mungkin kamu ingin tahu tipe HP tersebut karena alasan tertentu. Sayangnya, belum banyak orang yang tahu cara cek tipe HP Samsung ini. Tidak perlu bingung, di bawah ini sudah dijelaskan cara mudah untuk mengetahui tipe atau seri HP Samsung tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Cek Tipe HP Samsung Mudah dan Akurat

Cara Mengetahui Tipe HP Samsung
Cara Mengetahui Tipe HP Samsung

Ada beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan untuk mengetahui tipe HP Samsung dengan akurat dan mudah. Beberapa cara ada yang bisa menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang ingin digunakan, yang pasti semua cara ini akan memberikan hasil yang akurat.

Adapun cara cek tipe HP Samsung yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Pada Bodi HP Samsung

Cara yang pertama untuk mengetahui tipe HP Samsung yakni dengan melihatnya di bagian bodi belakang HP. Di sana terdapat stiker kecil khusus yang ditempelkan dan di atasnya terdapat informasi mengenai spesifikasi dasar HP Samsung tersebut.

Biasanya tipe HP Samsung akan tertulis di bagian paling atas, misalnya saja tertulis SM-M115F/DS yang berarti HP tersebut adalah tipe Samsung Galaxy M11. Cara ini bisa kamu lakukan secara instan, tidak perlu penggunaan aplikasi apa pun.

2. Cek Pada Kotak Dus HP Samsung

Terkadang karena dianggap mengganggu penampilan HP, sehingga kamu melepas stiker yang tertera di belakang bodi HP Samsung seperti yang dijelaskan di atas. Karena ini kamu tidak bisa lagi melihat model atau tipe HP Samsung tersebut. Alternatif lainnya kamu bisa melihatnya melalui kotak dus atau dosbuk HP Samsung.

Pada kotak dus HP tersebut biasanya akan tertera informasi dari HP Samsung, mulai dari nama atau tipe HP, spesifikasi, IMEI dan lain sebagainya. Kamu cukup mencari dus HP tersebut dan melihatnya.

3. Cek Lewat Menu Pengaturan

Cara lainnya untuk mengetahui tipe atau model HP Samsung juga bisa dengan cara melihat melalui menu Settings atau Pengaturan. Cara ini juga cukup mudah dilakukan, bahkan kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di HP. Untuk langkah-langkah melakukannya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian gulir ke bawah, lalu klik pada menu Tentang Ponsel / Tentang Perangkat atau About Phone.
  • Di sana akan langsung terlihat informasi mengenai perangkat smartphone Samsung tersebut, termasuk juga Nama dan Tipe HP Samsung.
  • Selesai.

Menggunakan cara ini kamu tidak hanya bisa mengetahui tipe atau seri HP Samsung saja, melainkan juga informasi versi OS Android yang digunakan, nomor model, spesifikasi HP dan lain sebagainya.

4. Cek Melalui Browser

Untuk cara yang satu ini bisa dipilih jika beberapa cara di atas menurutmu kurang efektif. Menggunakan cara ini tidak hanya akan menampilkan informasi tipe atau seri HP Samsung saja, melainkan juga informasi spesifikasinya secara lengkap. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP Samsung.
  • Kemudian pada halaman keypad, kamu ketik kode rahasia *#1234# lalu tekan Panggil.
  • Nantinya akan ditampilkan halaman baru yang berisi informasi berupa kode AC, CP, CSC dan juga Model. Kamu fokus pada kode Model, misalnya saja SM-M115F/DS.
  • Sekarang kamu buka browser lalu pada kolom pencarian ketik kode Model tersebut.
  • Maka di hasil pencarian akan terlihat nama tipe atau seri HP Samsung milikmu. Untuk melihat lebih jelas mengenai review spesifikasinya, kamu bisa membuka salah satu situs yang ada dihasil pencarian tersebut.
  • Selesai.

5. Cek Menggunakan IMEI

Setiap HP pasti memiliki kode unik yang terdiri dari susunan nomor atau yang dikenal dengan IMEI. Ini merupakan kode khusus yang menjadi identitas dari HP android, termasuk juga HP Samsung. Melalui IMEI ini kita bisa tahu HP yang kamu miliki terdaftar secara resmi atau tidak alias ilegal.

Selain itu, IMEI HP Samsung khususnya juga bisa digunakan untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari HP tersebut, termasuk melihat tipenya. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu cek IMEI di HP Samsung, biasanya HP Samsung dual-SIM memiliki 2 IMEI yang berbeda. Kamu cukup gunakan 1 IMEI saja untuk mengetahui tipenya.
  • Untuk cara melihat IMEI HP Samsung ini bisa dengan mengetik kode dial *#06# di menu Panggilan atau melalui menu Pengaturan.
  • Setelah mendapatkan kodenya, sekarang kamu buka browser dan kunjungi halaman situs https://www.imei.info/.
  • Pada halaman situs tersebut kamu ketik kode IMEI HP Samsung yang didapatkan tadi. Kemudian verifikasi captcha lalu klik tombol CHECK.
  • Jika berhasil nantinya kamu akan dibawa ke halaman baru yang berisi informasi mengenai HP Samsung tersebut. Baik itu nama tipe dan juga spesifikasi lengkapnya.
  • Selesai.

6. Cek Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara yang terakhir untuk mengetahui tipe atau seri HP Samsung yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni bernama CPU-Z yang bisa diinstall secara gratis melalui Google Playstore. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

  • Pertama kamu download dan install aplikasi CPU-Z melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi akan terbuka dan melakukan scanning secara otomatis.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke menu Device. Maka di sana akan ditampilkan tipe atau seri HP Samsung milikmu tersebut beserta spesifikasi lengkapnya.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek tipe HP Samsung yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaDownload YoWhatsApp (YOWA) dan Cara Instalnya di Android
Artikel SelanjutnyaCara Cek RAM HP Samsung yang Mudah dan Akurat
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini