Cara Cek Spesifikasi Xiaomi yang Mudah dan Praktis

Cara Cek Spesifikasi Xiaomi – Xiaomi sedang gencar-gencarnya menghadirkan produk smartphone android murah. Berbagai tipe HP Xiaomi baru diluncurkan oleh Xiaomi dengan banderol harga gila-gilaan. Bahkan beberapa HP canggih dari Xiaomi ini ada yang dijual dengan harga di bawah Rp 1 jutaan saja. Meskipun sangat murah, namun spesifikasi yang diusungnya terbilang cukup tinggi. Baik itu, dari segi kapasitas RAM, chipset, prosesor, GPU, layar hingga baterainya. Hal ini tentu membuat HP Xiaomi memiliki performa kinerja yang cepat dan lancar.

Cara Cek Spesifikasi Xiaomi
Cara Cek Spesifikasi Xiaomi

Harga yang sangat yang terjangkau menjadi salah satu asalan kenapa HP Xiaomi cukup laris di pasaran, terutama di Indonesia. Apalagi saat ini sudah ada banyak pilihan seri atau tipe HP Xiaomi yang semakin memudahkan pengguna menyesuaikan tipe HP yang cocok untuknya. Beberapa keunggulan dibawa oleh setiap seri atau tipe HP Xiaomi, baik itu dari segi kamera yang mumpuni, baterai jumbo, RAM besar, grafis memukau dan lain sebagainya. Yang pasti membeli HP Xiaomi baru tidak akan membuat kantong jebol.

Baca Juga:

Berbicara soal spesifikasi dari HP Xiaomi, mungkin kamu juga ingin mengetahui spesifikasi dari HP Xiaomi yang kamu miliki. Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui spek HP Xiaomi sendiri, hanya saja tidak semu pengguna tahu cara melakukannya. Tetapi tenang saja, karena pada artikel kali ini akan dijelaskan secara jelas bagaimana cara cek spesifikasi Xiaomi tersebut. Caranya sangat mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan agar bisa mendapatkan informasi spesifikasi HP secara lengkap. Untuk informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Spesifikasi Xiaomi yang Mudah dan Praktis

Mengecek spesifikasi HP Xiaomi, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan. Setiap metode ini akan memberikan informasi mengenai spesifikasi HP secara lengkap dan akurat pastinya. Adapun cara cek spesifikasi Xiaomi yang paling mudah dan cepat selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Mengetahui Spesifikasi Xiaomi
Cara Mengetahui Spesifikasi Xiaomi

1. Cek Spek HP Xiaomi Melalui Kotak HP

Kotak HP atau yang sering dikenal dengan sebutan dosbuk berfungsi sebagai pembungkus HP dan beberapa komponen tambahan lainnya, seperti charger, earphone, jarum SIM Card, buku panduan dan lain sebagainya.

Selain itu, di kotak kardus HP Xiaomi khususnya juga melampirkan informasi mengenai spesifikasi dari HP Xiaomi. Informasi spesifikasi tersebut memang tidak terlalu detail, yakni hanya spesifikasi dasar HP saja, seperti kapasitas RAM, versi GPU, kapasitas baterai, CPU, hingga versi OS Android yang digunakan. Meskipun tidak begitu detail, namun ini terbilang cukup untuk memberikan informasi spek HP kepada pengguna.

2. Cek Spek HP Xiaomi Lewat Setelan

Cara lainnya untuk mengecek spesifikasi HP Xiaomi yang paling mudah yakni melalui menu Setelan atau Settings. Di menu ini tidak hanya menyediakan opsi untuk melakukan pengaturan pada fitur HP saja, melainkan juga memberikan informasi tentang spek HP Xiaomi.

Untuk cara melihat spek HP lewat Setelan di HP Xiaomi terbilang sangat mudah. Kamu bisa langsung masuk ke menu Setelan atau Settings >> kemudian pilih opsi Tentang Ponsel atau About Phone. Di sana kamu bisa melihat informasi kapasitas baterai, versi MIUI, versi OS Android, tipe HP, nomor IMEI, dan lain sebagainya. Informasi yang diberikan memang tidak begitu lengkap, namun hal ini sudah bisa dibilang cukup.

3. Cek Spesifikasi HP Xiaomi Lewat Situs Cek IMEI

Jika cara di atas dirasa kurang detail dalam memberikan informasi seputar spesifikasi HP Xiaomi milikmu, maka cara berikutnya ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kamu bisa memanfaatkan situs Cek IMEI untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari HP Xiaomi milikmu. Ya, memang situs ini khusus dihadirkan untuk mengenai IMEI HP yang nantinya akan mengetahui status HP Xiaomi apakah resmi atau ilegal alias HP Black Market (BM).

Adapun langkah-langkah untuk mengetahui spesifikasi HP Xiaomi melalui situs cek IMEI selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu perlu mengetahui nomor IMEI dari HP Xiaomi milikmu. Caranya dengan ketik kode dial *#06# pada menu Panggilan. Atau bisa juga melihat nomor IMEI perangkat Xiaomi melalui Tentang Ponsel yang ada di menu Setelan.
  • Jika sudah mendapatkan nomor IMEI Xiaomi, sekarang kamu buka browser dan kunjungi situs Cek IMEI melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs Cek IMEI kamu masukkan nomor IMEI HP Xiaomi tadi pada kolom yang disediakan.
  • Jika sudah, lakukan verifikasi captcha I am Human yang ada di bawah kolom tersebut. Selanjutnya klik tombol CHECK untuk mulai mengecek HP Xiaomi milikmu.
  • Apabila HP Xiaomi milikmu tersebut resmi alias terdaftar di Kemenperin (bukan HP BM), maka pada halaman situs akan ditampilkan informasi lengkap mengenai HP tersebut. Mulai informasi mode atau tipe HP, spesifikasi hardware, spesifikasi software, hingga fitur yang disematkan di dalamnya.
  • Selesai.

Catatan: Jika saat mengecek IMEI ternyata informasi HP tidak ditampilkan, kemungkinan besar HP Xiaomi milikmu tersebut merupakan HP BM, palsu atau ilegal.

4. Cek Spesifikasi HP Lewat Situs GSMArena

GSMArena merupakan situs yang menyediakan informasi mengenai spesifikasi HP yang dijual di pasaran secara lengkap dan detail. Bahkan tidak hanya HP yang sudah dirilis saja, melainkan juga seri HP terbaru yang masih rumor atau belum resmi dirilis. Di sini kamu bisa mencari tipe HP Xiaomi milikmu dan di sana akan disediakan informasi lengkap mengenai spesifikasi dari HP tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup dengan mengunjungi situs GSMArena lalu ketik tipe HP Xiaomi yang ingin kamu cek spesifikasinya. Selanjutnya klik pada tipe HP yang ditampilkan di bawah kolom pencarian, nantinya kamu akan bisa langsung melihat informasi lengkap dari HP Xiaomi tersebut. Mulai dari informasi layar, material dan dimensi bodi HP, CPU, RAM, ROM, GPU, kamera, konektivitas, fitur tambahan, hingga kapasitas baterai yang digunakan.

5. Cek Spesikfikasi HP Xiaomi Menggunakan Aplikasi

Cara cek spesifikasi HP Xiaomi yang terakhir bisa coba kamu terapkan yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Di Google Playstore terdapat banyak pilihan aplikasi yang bisa memberikan informasi mengenai spesifikasi HP android secara lengkap dan akurat. Ini tentunya sangat berguna bagi kamu saat ini menjual atau membeli HP Xiaomi baru.

Salah satu aplikasi cek spesifikasi HP terbaik bisa kamu gunakan yakni bernama AIDA64. Aplikasi satu ini dibesut oleh FinalWire Ltd dan sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Playstore. Ukurannya hanya sebesar 8.9 MB saja sehingga sangat ringan dijalankan di HP Xiaomi spek standar. Untuk cara menggunakannya sendiri, kamu cukup menginstal aplikasi AIDA64 di HP Xiaomi lalu menjalankannya. Nantinya aplikasi akan langsung menampilkan informasi mengenai spesifikasi HP Xiaomi yang kamu miliki.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek spesifikasi Xiaomi yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini