Cara Cek Spesifikasi Realme Terbaru yang Mudah

Cara Cek Spesifikasi Realme – Saat akan membeli atau menjual HP, sangat penting untuk kita mengetahui spesifikasi dari HP tersebut. Misalnya saja saat akan membeli HP baru, mengecek spesifikasi yang didukungnya akan mempermudah kamu menyesuaikan HP dengan kebutuhan. Jika HP ingin digunakan untuk aktivitas gaming, HP dengan dukungan prosesor tinggi, RAM besar dan layar serta grafis memukau bisa dijadikan andalan. Sementara jika untuk kegiatan fotografi, HP dengan dukungan kamera terbaiklah yang bisa menjadi pilihan.

Cara Cek Spesifikasi Realme
Cara Cek Spesifikasi Realme

Hal yang sama juga perlu dilakukan saat kita ingin menjual HP. Kita bisa memberikan informasi spesifikasi lengkap kepada calon pembeli untuk meyakinkan mereka agar mau membeli HP milikmu dengan harga yang wajar. Cara ini bisa dilakukan pada semua merek atau tipe HP, khususnya untuk HP Realme. Realme sendiri merupakan HP pendatang baru yang mengombinasikan antara performa mumpuni dan desain yang modis. Harganya yang murah juga menjadi alasan kenapa banyak orang tertarik untuk membeli HP dari brand Realme ini.

Baca Juga:

Kembali ke pembahasan cek spesifikasi HP, di Realme kita bisa melakukannya dengan cukup mudah. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui spesifikasi yang diusung pada HP Realme tersebut. Yang pasti semua metode yang diberikan ini sangat mudah dan praktis, kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Adapun cara cek spesifikasi Realme terbaru yang paling mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Spesifikasi Realme Terbaru yang Mudah

Untuk bisa mengetahui komponen hardware dan software serta fitur yang disematkan di HP Realme, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara ini ada yang menggunakan aplikasi pihak ketiga dan ada pula yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mengenai cara cek spesifikasi Realme yang paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Mengetahui Spesifikasi Realme
Cara Mengetahui Spesifikasi Realme

1. Cek Spesifikasi HP Realme Melalui Kardus HP

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengetahui spesifikasi yang didukung pada HP Realme yakni melihat pada kardus atau dosbuk HP. Setiap pembelian HP Realme baru biasanya akan dilengkapi dengan kotak kardus atau dosbuk tersebut. Fungsinya tentunya sebagai wadah dari HP dan beberapa komponen tambahan lainnya agar lebih aman dan ringkas.

Selain fungsi tersebut, pada kotak HP Realme ini biasanya juga terlampir informasi mengenai komponen hardware dan software yang disematkan di dalamnya. Mulai dari informasi kapasitas dan jenis baterai, kapasitas RAM dan ROM, dukungan chipset dan prosesor, hingga seri GPU yang dibawa di dalamnya.

2. Cek Spesifikasi HP Realme Lewat Pengaturan

Jika memang kardus HP hilang atau memang tidak ada karena kamu membelinya dalam kondisi second, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif untuk mengetahui spesifikasi HP Realme. Kamu bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan atau Settings yang tersedia di HP Realme.

Caranya sangat mudah yakni dengan langsung masuk ke menu Settings >> kemudian pilih opsi Tentang Ponsel atau About Phone. Di halaman tersebut kamu bisa menemukan informasi mengenai tipe HP Realme, versi ColorOS, versi android, hingga kapasitas baterain yang diusungnya. Memang informasinya tidak begitu lengkap, akan tetap ini cukup untuk memberitahukan pengguna tentang spesifikasi dari HP tersebut.

3. Cek Spesifikasi HP Realme via Situs Resminya

Jika kamu mencari cara untuk mengecek spek HP Realme secara online, cara satu ini bisa diterapkan. Sebelum menerapkannya, pastikan HP sudah terhubung ke jaringan internet. Selain melalui HP, cara ini juga bisa kamu terapkan melalui jenis perangkat lain seperti PC atau tablet.

Mengecek spek smartphone Realme secara online ini, kamu bisa memanfaatkan situs resmi dari Realme. Caranya sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu browser di HP Realme. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, baik itu Google Chrome, ColorOS Browser, Opera, UC Browser atau yang lain sebagainya.
  • Selanjutnya kamu kunjungi situs resmi Realme dan masuk ke menu Realme Smartphone.
  • Pada halaman tersebut kamu cari tipe HP Realme yang sama dengan yang kamu miliki.
  • Klik pada tipe HP Realme tersebut, kemudian scroll ke bawah sampai menemukan menu Tentang Produk. Di sana kamu bisa mengetahui informasi mengenai spesifikasi dari tipe Realme tersebut. Mulai dari spesifikasi layar, baterai, memori, card slot, kamera, hingga fitur tambahan yang disematkan di dalamnya.
  • Selesai.

Catatan: Selain mengecek melalui situs resmi Realme, kamu juga bisa mencari informasi spesifikasi tipe HP Realme tertentu melalui situs lain seperti GSMArena atau yang lainnya.

4. Cek Spesifikasi HP Realme Lewat Info IMEI

Ingin mengetahui spesifikasi HP Realme, sekaligus mengecek apakah HP Realme resmi atau barang ilegal (BM)? Kalau begitu kamu bisa menerapkan cara satu ini. Kamu bisa memanfaatkan situs bernama Info IMEI yang bisa diakses melalui browser. Di sini kamu bisa tahu apakah HP Realme yang kamu miliki merupakan HP resmi atau produk Black Market alias ilegal.

Untuk cara pengecekannya sendiri terbilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu buka menu browser di HP Realme.
  • Kemudian kunjungi situs Info IMEI melalui LINK INI.
  • Sebelumnya kamu perlu mencari tahu nomo IMEI dari HP Realme yang kamu punya. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan dan pilih Tetang Ponsel. Atau bisa juga dengan buka menu Panggilan atau Telepon, kemudian ketik kode dial *#06# maka nomor IMEI akan ditampilkan di layar.
  • Kembali ke situs Info IMEI, sekarang kamu masukkan IMEI tadi ke kolom yang disediakan di situs tersebut. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi Captcha dengan klik I am Human yang ada di bawah kolom tadi.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol CHECK. Tunggu sebentar hingga sistem melakukan scanning.
  • Jika berhasil nantinya di layar akan ditampilkan informasi mengenai spesifikasi dari HP Realme tersebut.
  • Selesai.

Catatan: Halaman informasi spesifikasi HP tidak akan dimunculkan apabila HP Realme milikmu merupakan barang ilegal atau BM.

5. Cek Spesifikasi HP Realme Menggunakan Aplikasi

Cara cek spesifikasi Realme yang mudah terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan yakni bernama AIDA64. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh FinalWire Ltd dan menjadi salah satu aplikasi cek spek HP paling populer digunakan.

Aplikasi satu ini akan memberikan informasi yang lengkap mengenai spesifikasi yang didukung oleh HP android. Mulai dari informasi display atau layar, baterai, CPU, sistam android, camera, hingga informasi audionya. Informasi tersebut akan langsung ditampilkan sesaat kamu berhasil menginstal aplikasi AIDA64 di perangkat HP Realme milikmu. Ukuran aplikasi ini hanya sekitar 8.9MB saja, sehingga sangat ringan dijalankan.

Penutup

Itu tadi beberapa cara cek spesifikasi Realme terbaru yang paling mudah menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini