Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat HP Android

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 – Seluruh dunia sekarang ini sedang dilanda wabah virus covid-19 yang semakin merajalela. Khususnya di Indonesia, segala upaya dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus yang semakin merasahkan seluruh kalangan masyarakat tersebut. Baru-baru ini pemerintah telah menyatakan larangan bagi semua warga Indonesia untuk mudik atau pulang kampung saat hari raya tiba. Hal tersebut tentu menimbulkan Pro dan Kontra, heboh diperbincangkan baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Upaya lainnya untuk menekan risiko penyebaran virus covid-19, pemerintah sedang gencar-gencar melakukan vaksinasi sekarang ini. Beberapa kalangan didahulukan untuk menerima vaksinasi covid-19 tersebut. Apakah kamu salah satunya? Bagi mereka yang sudah divaksinasi, ia akan diberi yang namanya sertifikat digital yang menyatakan kalau ia sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 tersebut.

Baca Juga:

Sertifikat vaksinasi covid-19 ini sangat penting peranannya, dan nantinya juga bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya saja saat akan bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri, sertifikat vaksin covid-19 tersebut nantinya bisa kamu perlihatkan kepada petugas pengawas. Namun, nyatanya masih banyak yang belum tahu cara cek sertifikat vaksin covid-19 tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap cara melihat sertifikat resmi vaksin covid-19 tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat HP Android

Sebenarnya sangat mudah untuk mengecek sertifikat vaksinasi covid-19 tersebut, kamu bisa melakukannya lewat HP android. Setidaknya ada 3 metode yang bisa kamu lakukan untuk melihat sertifikat digital tentang vaksinasi covid-19 tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara cek sertifikat vaksin covid-19 melalui smartphone android.

1. Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 via Aplikasi Resmi

Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 via Aplikasi Resmi
Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 via Aplikasi Resmi

Cara yang paling mudah untuk mengecek sertifikat vaksin covid-19 yakni melalui aplikasi android. Aplikasi yang dimaksud tersebut bernama aplikasi PeduliLindungi, di mana aplikasi ini bisa kamu install secara gratis lewat Google Play Store. Tidak perlu ragu soal legalitasnya, karena aplikasi PeduliLindungi tersebut dirancang langsung oleh KOMINFO bersama Kementerian BUMN.

Untuk langkah-langkah mengecek sertifikat vaksin covid-19 lewat aplikasi PeduliLindungi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu unduh dan install aplikasi PeduliLindungi melalui LINK INI.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu buka aplikasi tersebut. Kemudian buatlah akun baru dengan memasukkan nama lengkap dan juga nomor telepon.
  • Lakukan verifikasi nomor telepon dengan cara memasukkan kode OTP yang diterima melalui SMS.
  • Sekarang kamu akan dibawa ke halaman beranda akun PeduliLindungi. Selanjutnya kamu bisa langsung mengecek sertifikat vaksin covid-19 milikmu.
  • Pada halaman Beranda kamu klik pada menu Profil yang ada di sebelah menu Cari Zonasi.
  • Kemudian klik pada opsi Sertifikat Vaksin, lalu klik opsi Periksa.
  • Pada halaman ini kamu akan diminta untuk memasukkan NIK dan nomor HP yang terdaftar saat melakukan vaksinasi covid-19.
  • Jika berhasil, nantinya sertifikat digital akan langsung ditampilkan di layar aplikasi.
  • Jika kamu ingin menyimpannya, maka bisa klik pada sertifikat tersebut lalu pilih Ya.

Catatan: Untuk bisa mengecek sertifikat vaksin covid-19, pastikan kamu mendapatkan 2 kali suntik vaksin covid-19. Jika tidak, tentunya sertifikat tersebut tidak akan kamu dapatkan.

2. Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat Situs Resmi

Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat Situs Resmi
Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat Situs Resmi

Hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja kali ini kamu akan mengaksesnya melalui tampilan situs. Selain bisa mengecek menggunakan smartphone, kamu juga bisa melakukan cara ini melalui perangkat lain, seperti tablet, PC ataupun laptop. Langkah-langkahnya sendiri juga sama mudahnya untuk dilakukan.

Adapun cara cek sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui situs resmi PeduliLindungi selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di smartphone maupun perangkat lainnya sesuai keinginan.
  • Kemudian kamu kunjungi situs PeduliLindungi melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, kamu klik pada opsi Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi.
  • Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang terdaftar saat kamu melakukan vaksinasi Covid-19. Lakukan verifikasi dengan cara memasukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP terdaftar tadi.
  • Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya kamu masuk ke menu Sertifikat Vaksin.
  • Di sana akan langsung ditampilkan sertifikat vaksinasi Covid-19 yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Tidak butuh langkah-langkah yang rumit untuk mengecek sertifikat digital vaksinasi Covid-19. Kamu yang masih awam pun pasti akan sangat mudah melakukannya.

3. Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat SMS

Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat SMS
Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat SMS

Untuk cara yang ketiga ini lebih tepatnya bukan mengecek, karena kamu tidak perlu melakukan apapun layaknya kedua cara di atas. Saat akan melakukan vaksinasi Covid-19, kamu akan diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Saat pendaftaran kamu juga diminta memasukkan nomor HP pribadi. Nomor HP ini nantinya yang akan dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan informasi seputar vaksinasi yang kamu lakukan. Informasi yang dimaksud seperti data diri yang terdaftar, jadwal vaksinasi dan juga sertifikat vaksinasi Covid-19.

Pertama kali mendaftar kamu akan mendapatkan notifikasi SMS dari nomor 1199 yang menginformasikan NIK, nomor tiket vaksin, jadwal vaksinasi Covid-19 dan juga tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut.

Ketika sudah berhasil mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, nantinya kamu akan kembali mendapatkan SMS dari nomor 1199 tersebut. Kali ini isi SMS-nya yakni berupa sertifikat vaksin Covid-19, baik itu vaksinasi ke-1 dan vaksinasi ke-2. Di sana akan tertera pula link untuk mengecek sertifikat vaksinasi Covid-19 tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek sertifikat vaksin Covid-19 melalui HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk yang lainnya.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini