2 Cara Cek Sensor Samsung yang Paling Mudah

74
Cara Cek Sensor Samsung
Cara Cek Sensor Samsung

Cara Cek Sensor Samsung – Samsung bisa dibilang sebagai salah satu brand smartphone yang paling berkuasa sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir setiap tahunnya HP dari Samsung menjadi yang paling laris terjual dibandingkan HP dari brand lainnya. Tidak heran karena HP dari Samsung ini memiliki kualitas yang unggulan dan di dalamnya dibekali dengan banyak fitur canggih. HP Samsung juga diklaim sangat awet dan tidak mudah rusak, serta performanya tetap stabil meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Meskipun memang harganya terbilang agak mahal jika dibandingkan dengan HP dari brand lain.

Cara Cek Sensor Samsung
Cara Cek Sensor Samsung

Berbicara mengenai fitur, di HP Samsung juga dilengkapi dengan beragam sensor canggih yang memiliki fungsi masing-masing. Misalnya saja yang paling terlihat yakni sensor fingerprint yang sekarang ini sudah bisa ditemukan di semua HP Samsung keluaran terbaru. Fungsi utamanya yakni sebagai kunci keamanan HP yang menggunakan sistem pembacaan sidik jari. HP yang terkunci hanya bisa dibuka dengan menempelkan sidik jari yang cocok dan tersimpan di dalamnya. Selain itu, masih ada beberapa sensor lainnya yang disematkan di dalam HP Samsung tersebut dan pastinya sangat berguna.

Baca Juga:

Mungkin kamu cukup penasaran dengan dukungan sensor apa saja yang disematkan di dalam smartphone Samsung yang kamu miliki saat ini. Tidak perlu bingung, ada kok cara mudah untuk mengetahui sensor apa saja yang didukung di dalam smartphone android, khususnya HP Samsung tersebut. Ada dua metode yang bisa dilakukan dalam pengecekannya, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini cara cek sensor Samsung yang mudah selengkapnya bisa kalian baca.

Cara Cek Sensor Samsung yang Paling Mudah

Cara Mengetahui Sensor Samsung
Cara Mengetahui Sensor Samsung

Seperti yang disinggung di atas, setidaknya ada 2 metode yang bisa diterapkan untuk mengetahui sensor apa saja yang didukung di dalam sebuah smartphone Samsung. Kali ini akan dibahas secara lengkap kedua metode tersebut dan pastinya sangat mudah untuk kalian terapkan. Adapun cara cek sensor Samsung dengan dan tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Sensor HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengecek sensor apa saja yang didukung di HP Samsung yakni dengan menggunakan kode rahasia atau kode dial. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan di HP Samsung, cukup mengaksesnya menggunakan kode dial tersebut. Untuk langkah-langkah mengecek sensor di HP Samsung dengan kode rahasia tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP Samsung yang ingin dicek sensornya.
  • Kemudian ketik kode dial *#0#* atau *#0*#
  • Maka akan ditampilkan layar yang berisi menu untuk pengecekan hardware HP.
  • Karena tujuannya di sini untuk mengecek sensor Samsung, maka kamu klik pada menu Sensor.
  • Di sana akan langsung ditampilkan beberapa jenis sensor yang disematkan di smartphone androidmu. Informasi sensor yang tersedia di sana merupakan sensor yang dibekalkan di HP Samsung milikmu.
  • Selesai.

Catatan: Setelah saya mencoba cara ini, ternyata tidak semua sensor yang ada di HP Samsung ditampilkan. Melainkan ada beberapa jenis sensor yang disembunyikan, entah apa alasannya.

2. Cek Sensor HP Samsung dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Sama seperti cara di atas, cara kedua ini bisa kamu terapkan untuk mengetahui jenis sensor apa saja yang disematkan di HP Samsung milikmu. Bedanya, cara ini akan menampilkan semua sensor yang ada di HP Samsung, tidak ada yang disembunyikan. Cara ini tentunya bisa dijadikan alternatif jika cara pertama di atas menurutmu kurang memuaskan.

Untuk aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sensor HP Samsung, salah satunya yakni bernama AIDA64. Aplikasi besutan FinalWire Ltd. ini bisa kamu download langsung secara gratis melalui Google Playstore. Sudah diunduh lebih dari 10 juta kali, aplikasi ini tidak hanya bisa menampilkan informasi sensor saja, melainkan semua fitur yang disematkan di HP Samsung dan HP android lainnya. Untuk cara mengecek sensor HP menggunakan aplikasi AIDA64 ini sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi AIDA64 melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, sekarang kamu langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Biasanya aplikasi akan melakukan analisa perangkat beserta fitur yang disematkan di dalamnya. Jika sudah, nantinya semua informasi mengenai spesifikasi dan fitur di HP Samsung akan ditampilan di sana, termasuk informasi sensor yang dimilikinya.
  • Selesai.

Meskipun gratis, aplikasi AIDA64 ini memberikan informasi mengenai sensor HP dengan lebih lengkap dan detail. Sehingga kamu yang mencari informasi seputar sensor dan spesifikasi lainnya pada HP sangat cocok memilih aplikasi satu ini.

Selain aplikasi AIDA64, ada beberapa aplikasi alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecek sensor HP Samsung, di antaranya:

  1. CPU-Z by CPUID
  2. CPU Z PRO by AM-Developer Inc.
  3. Sensor Box for Android by HK SMARTER MOBI TECHNOLOGY CO.,LIMITED
  4. Device Info HW by Andrey Efremov
  5. DevCheck Hardware and System Info by flar2

Kamu bisa memilih salah satu aplikasi di atas untuk mengecek spesifikasi dari perangkat HP android beserta informasi fitur dan sensor yang disematkan di dalamnya. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa didownload melalui Google Playstore dan pastinya bisa kamu gunakan secara gratis.

Macam-Macam Sensor Samsung Beserta Fungsinya

Di bawah ini ada beberapa macam sensor yang disematkan di HP Samsung dan akan dijelaskan beserta fungsi dari masing-masing sensor tersebut. Adapun beberapa jenis sensor di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Sensor Gyroscope = Berfungsi untuk mendeteksi posisi HP dan biasanya sensor ini akan digunakan saat bermain game, seperti game PUBG Mobile atau game VR.
  2. Sensor Accelerometer = Berfungsi untuk pemakaian GPS dan kompas pada HP.
  3. Sensor Proximity = Berfungsi untuk mematikan layar secara otomatis ketika pengguna sedang menelpon.
  4. Sensor Fingerprint = Berfungsi untuk membuat kunci HP menggunakan pendeteksian sidik jari.
  5. Sensor Ambient Light = Berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan kecerahan layar dengan keadaan sekitar, baik di kondisi gelap maupun terang.
  6. Temperature Sensor = Berfungsi untuk menampilkan tingkat suhu pada komponen HP.
  7. Sensor Sound = Berfungsi untuk mengatur tingkat volume suara pada HP saat menelpon, baik itu di tempat yang ramai atau sepi.
  8. Magnet Sensor = Berfungsi untuk mendeteksi magnet, biasanya digunakan sebagai dasar kompas pada HP.

Selain beberapa jenis sensor di atas, masih ada banyak jenis sensor lainnya yang disematkan di smartphone. Dan tidak menutup kemungkinkan seiring berjalannya waktu akan ditemukan dan ditambahkan jenis sensor baru pada perangkat smartphone android, khususnya di HP Samsung.

Penutup

Itulah tadi dua cara cek sensor Samsung yang paling mudah dengan dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Tombol Home Tidak Berfungsi di Android
Artikel Selanjutnya5 Cara Menghilangkan Mode Aman di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini