Cara Cek Sensor HP Samsung Paling Akurat

Cara Cek Sensor HP Samsung – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Samsung yang sudah mendunia ini. Samsung sudah menghadirkan berbagai produk unggulan di pasar dunia. Salah satunya yang paling banyak diminati dan gencar dipromosikan yakni smartphone android. Perangkat HP dari Samsung selalu membawa dukungan spesifikasi unggulan, yang pastinya akan sangat memanjakan para penggunanya. Meski demikian, produk HP android dari Samsung umunya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal dibandingkan HP dari brand lainnya.

Cara Cek Sensor HP Samsung
Cara Cek Sensor HP Samsung

Karena alasan harga yang cukup mahal tersebut, mau tidak mau beberapa orang lebih memilih untuk membeli HP Samsung dalam kondisi second atau bekas. Umumnya HP Samsung bekas akan dibanderol dengan harga yang lebih murah, bahkan jauh dari harga aslinya. Namun, sebaiknya kamu lebih berhati-hati saat akan membeli HP bekas. Kamu perlu mengecek kondisinya secara mendetail agar tidak menyesal nantinya ketika HP sudah dibeli.

Baca Juga:

Kamu perlu mengecek bagian layar, bodi, speaker hingga fungsi sensornya. Untuk pengecekan bagian luar HP Samsung mungkin cukup mudah untuk dilakukan. Tetapi bagaimana dengan pengecekan fungsi sensor HP Samsung? Tidak banyak orang tahu untuk melakukan pengecekan pada sensor HP ini. Padahal sensor HP sangat penting peranannya agar penggunaan HP bisa lebih maksimal. Berikut ini cara cek sensor HP Samsung yang paling mudah dan akurat bisa coba kamu terapkan.

Cara Cek Sensor HP Samsung Paling Akurat

Cara Cek Sensor HP Samsung Paling Akurat
Cara Cek Sensor HP Samsung Paling Akurat

Sebelum lanjut ke cara mengecek sensor HP Samsung, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu sensor HP. Sensor merupakan salah satu jenis komponen HP yang berfungsi untuk memberikan respon sesuai dengan fungsinya. Umumnya HP keluaran terbaru sekarang ini dibekali dengan 6 jenis sensor, bisa juga lebih. Masing-masing sensor pastinya punya fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya saja sensor GPS,  yang berfungsi untuk memudahkan navigasi lokasi saat di perjalanan atau mencari lokasi yang diinginkan. Selain itu, ada pula sensor yang berfungsi untuk mematikan layar saat HP didekatkan ke telinga sewaktu menelpon. Dan masih ada jenis sensor lain di HP android yang pastinya sangat penting peranannya. Adapun cara cek sensor HP Samsung yang paling akurat selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu dial up atau Panggilan di HP android.
  • Setelah itu, ketik kode dial *#0#*.
  • Secara otomatis di layar akan muncul tampilan baru. Halaman ini fungsinya untuk mengecek berbagai kondisi komponen pada HP. Mulai dari layar, getar, speaker, hingga sensor pada HP Samsung.
  • Karena di sini kita akan mengecek sensor di HP Samsung, maka pilih opsi Sensor.
  • Di sana akan muncul beberapa pilihan sensor yang disematkan ke dalam HP Samsung. Kamu bisa mengecek fungsinya satu per satu, apakah masih dalam kondisi normal atau tidak.
  • Selesai.

Di HP Samsung ada beberapa jenis sensor yang disematkan di dalamnya. Jenis sensor tersebut punya fungsi yang berbeda-beda tentunya. Bahkan sebagian dari kalian mungkin juga masih cukup asing dengan beberapa sensor yang ada di HP Samsung tersebut. Agar tidak bingung lagi, berikut ini beberapa jenis sensor di HP Samsung beserta fungsinya yang perlu kamu tahu.

1. Sensor Gyroscope

Gyroscope merupakan salah satu komponen sensor pada HP android yang umumnya berguna untuk memaksimalkan aktivitas gaming. Sensor satu ini berfungsi sebagai pendeteksi posisi HP, misalnya saja membedakan arah atas, bawang dan samping HP. Dengan adanya sensor ini, permainan game akan semakin seru karena mampu menyesuaikan posisi HP dengan tepat.

2. Sensor Accelerometer

Untuk sensor satu ini biasanya dibutuhkan untuk mendukung fitur kompas di HP android. Selain itu, berfungsi juga untuk memaksimalkan penggunaan fitur GPS di HP Samsung. Ini karena fungsi dari sensor tersebut yakni untuk mendeteksi percepatan dari gravitasi bumi.

3. Sensor Ambient Light

Selanjutnya ada sensor yang bernama Sensor Ambient Light yang juga punya fungsi sangat penting di HP android. Sensor satu ini berfungsi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan HP dengan kondisi sekitar.

Misalnya saat berada di luar ruangan yang cahayanya terang, maka layar HP akan langsung menyesuaikan kecerahannya tersebut agar tetap bisa terlihat oleh pengguna. Sebaliknya, saat di dalam ruangan yang gelap, maka tingkat kecerahan layar akan diturunkan agar nyaman dipandang mata.

4. Sensor Fingerprint

Hampir semua dari kalian pasti sudah tahu betul mengenai salah satu fitur keamanan terbaik di android satu ini. Sensor Fingerprint berfungsi untuk mengenali dan menyesuaikan sidik jari dengan data sidik jari yang digunakan untuk proteksi keamanan HP. Dengan demikian, tidak ada orang lain yang bisa mencoba untuk mengoperasikan HP tersebut.

5. Sensor Proxymity

Untuk sensor yang satu ini fungsinya untuk mematikan layar HP secara otomatis ketika menelpon. Sensor tersebut biasanya terdapat di layar depan HP, bersebelahan dengan fitur LED Flash dan kamera depan.

6. Magnet Sensor

Sebagian dari kalian mungkin masih agak asing dengan jenis sensor satu ini. Sesuai dengan namanya, Magnet Sensor memang berfungsi untuk mendeteksi magnet. Sensor ini biasanya digunakan sebagai komponen fungsi dasar kompas pada HP android. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah mengetahui arah tanpa harus menggunakan kompas fisik.

7. Temperature Sensor

Namanya Sensor Temperatur yang fungsinya memang untuk mengetahui tingkat suhu. Namun, sensor satu ini bukan digunakan untuk mengetahui suhu si penggunanya, melainkan suhu dari HP itu sendiri. Dengan adanya sensor satu ini, kamu akan lebih mudah mengetahui berapa derajat suhu sekarang ini. Hasil suhu yang ditampilkan oleh sensor Samsung ini diklaim sangat akurat.

8. Sensor Sound

Dan yang terakhir ada sensor sound atau yang lebih dikenal dengan sensor suara. Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari sensor satu ini pastinya untuk menyesuaikan volume suara di HP secara otomatis.

Sebagai contohnya saat kamu telponan di tempat yang ramai, maka sensor tersebut akan mendeteksi suara dan menyesuaikan suara di telepon dengan kondisi di sekitarnya.

Penutup

Itulah tadi cara cek sensor HP Samsung yang paling mudah dan akurat bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun pribadimu ya?