5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat

5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat Pada umumnya, hal pertama kali yang di lakukan seseorang ketika membeli barang elektronik adalah melakukan pengecekan. Tak terlepas itu membeli barang baru ataupun bekas seperti smartphone khususnya, pastinya si pembeli akan melakukan pengecekan pada kondisi fisik dan perangkat lunaknya. Karena ya namanya juga benda elektronik, barang baru keluar dari pabrik pun masih kemungkinan mengalami masalah, maka wajar bagi seseorang untuk berjaga-jaga. Untuk cara pengecekan dari kondisi HP sendiri sebenarnya sudah umum di lakukan dan orang banyak ketahui bagaimana caranya.

5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat

Tapi, bagaimana kalau cara mengecek fungsi sensor smartphone? Tentu hal ini tak banyak orang yang tahu dan kadang cenderung tidak melakukannnya. Padahal, pengecekan sensor ini sendiri sangat lah penting mengingat kalau di sebuah smartphone sekarang telah banyak menyimpan sensor. Salah satunya, sensor yang paling penting khususnya untuk para gamers smartphone ialah Gyro atau Gyroscope. Sensor ini sendiri penting karena fungsinya adalah untuk mendeteksi gerakan smartphone yang di implementasikan ke dalam gerakan layar HP. Sehingga gal ini akan dapat memaksimalkan kemampian smartphone dalam bermain game dan juga kebutuhan lainnya.

Baca Juga:

Namun sayangnya ya, tidak semua HP Samsung di lengkapi dengan sensor Gyro tersebut. Tapi tenang, bagi kamu yang ingin mengetahui cara cek apakah tipe smartphone Samsung kalian memiliki sensor gyro atau tidak. Dan kamu yang mau melakukan pengecekan terhadap fungsi gyro HP kamu berfungsi baik atau tidak. Caranya sangat lah mudah, dan pastinya bisa di terapkan bagi semua kalangan masyarakat melalui langkahnya yang mudah. Semua langkah dalam pengecekan sensor HP Samsung sudah terangkum lengkap pada artikel kita kali ini yaitu 5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat.

5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat

Sebuah sensor pada suatu smartphone sangat mungkin untuk mengalami kerusakan, sebab sensor itu sendiri berbentuk komponen fisik. Tentu kerusakan pada sensor pastinya akan membawa masalah tertentu dan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas menggunakan HP. Untuk mengetahui bagaimana cara mengecek sensor ini dapat kamu simak beberapa cara yang sudah di rangkum di bawah berikut.

1. Menggunakan Aplikasi AIDA64

Menggunakan Aplikasi AIDA64

Cara pertama yang akan kita bahas yaitu dengan menggunakan aplikasi AIDA64 sebagai alat bantu yang pastinya dapat kalian unduh secara gratis di Play Store. Aplikasi AIDA64 ini sendiri merupakan salah satu aplikasi terlengkap dalam mengecek spesifikasi smartphone khususnya pada HP Samsung. Walaupun gratis, tapi aplikasi AIDA64 ini mampu memberikan semua informasi tentang sensor yang di miliki oleh perangkat HP. Informasi yang di berikan pun sangat detail, sehingga akan lebih optimal dalam melakukan pengecekan. Tak cuma bisa digunakan dalam mengecek sensor, namun juga semua performa dari hardware maupun software dari suatu smartphone.

Untuk cara penggunaan dari aplikasi ini juga sangat gampang. Bisa kalian simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Terlebih dulu unduh dan install aplikasi langsung dari Google Play Store secara gratis bisa klik disini
  2. Kemudian kita buka aplikasi AIDA64 yang sudah berhasil di install tadi
  3. Pada halaman pertamanya maka akan tampil sederetan pilihan menu yang berdasarkan pada perangkat hardware dan software milik smartphone kamu
  4. Karena kita akan mengecek sensor kita klik menu Sensor pada pilihan menu di sebelah kanan
  5. Setelah itu akan tampil informasi lengkap seputar sensor yang ada pada perangkat ponsel pintar Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Menggunakan Aplikasi Sensor Box

Satu lagi cara untuk cek sensor pada HP Samsung dengan aplikasi, yaitu bernama Sensor Box. Aplikasi Sensor Box ini sendiri merupakan perangkat lunak khusus yang di buat untuk mengecek sensor secara menyeluruh pada ponsel pintar. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya yang kita bahas, Sensor Box juga dapat kalian download secara gratis langsung dari Google Play Store. Tampilan antar muka yang di berikan Sensor Box sendiri sangat simple. Sehingga semua penggunanya dapat melihat dengan mudah ketersediaan sensor yang ada beserta informasinya dengan jelas.

Apabila terdapat sensor yang tidak mendukung, maka akan ada tanda merah pada sensor tersebut. Untuk mengetahui cara penggunaan aplikasi Sensor Box bisa kalian simak pada rangkuman di bawah ini:

  1. Pertama-tama kita unduh terlebih dulu aplikasi Sensor Box melalui Google Play Store secara gratis disini
  2. Jika sudah berhasil di install langsung saja buka aplikasi Sensor Box tadi
  3. Pada halaman utamanya akan tampil sederetan sensor yang ada pada smartphone kalian. Jika terdapat tanda silang pada salah satu icon sensor pada aplikasi kalian, maka tandanya sensor tersebut tidak dalam kondisi baik
  4. Selanjutnya kalau kamu ingin mendapatkan informasi lebih seputar sensor pada HP kamu. Tinggal kamu pilih saja mau cek sensor apa. Contoh ingin mengecek sensor temperature, maka tinggal klik icon Temperature Sensor.

3. Menggunakan Dial Number Rahasia

Menggunakan Dial Number Rahasia

Cara selanjutnya dalam mengecek sensor pada Hp Samsung adalah dengan menggunakan kode cek sensor rahasia yang terdapat pada samrtphone Samsung itu sendiri. Kode rahasia ini sendiri nantinya akan kita masukan melalui menu Panggilan Telepon atau Dial Up pada HP Samsung. Metode cara pengecekan ini sendiri tergolong sangat ampuh dan tentunya mudah digunakan untuk sebagian besar pengguna. Kenapa mudah? Karena dalam mempraktikkan cara ini kita tidak perlu lagi harus menginstall aplikasi tambahan seperti langkah sebelumnya.

Bagi kamu yang sudah penasaran sama langkah-langkahnya bisa simak rangkuman kita di bawah ini:

  1. Pertama buka menu Telepon atau Dial Up pada HP Anda
  2. Kemudian ketikan *#0*# dan tekan tombol Panggil. Setelah itu akan tampil beberapa menu pilihan seperti menu mengecek kondisi dari berbagai hardware yang ada salah satunya yaitu sensor
  3. Tinggal kita tekan menu Sensor, lalu akan tampil banyak informasi mengenai sensor pada perangkat HP Samsung kamu tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Device Info HW

Menggunakan Aplikasi Device Info HW

Selanjutnya kita akan kembali menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Device Info HW. Tak cuma menampilkan informasi seputar sensor dari smartphone jadi, melalui Device Info HW juga kita dapat mendapatkan informasi penting lainnya. Data yang di berikan oleh aplikasi ini pun benar-benar real, jadi kamu tidak akan merasa bingung lagi. Device Info HW juga menghadirkan navigasi yang cepat dan desain yang segar, sehingga mudah untuk di mengerti cara pengoprasiannya.

Baiklah, kita lanjut ke langkah cara pemakaian dari aplikasi Device Info HW ini:

  1. Download dan install terlebih dulu aplikasi Device Info HW melalui Google Play Store disini
  2. Setelah itu langsung saja buka aplikasi Device Info HW
  3. Pada halaman pertama akan tampil sederetan menu yang bisa kamu pilih
  4. Di sini kita tekan menu Sensor, maka akan tampil informasi penuh seputar sensor yang terdapat pada telepon genggam Anda.

5. Menggunakan Aplikasi CPU Z PRO

Menggunakan Aplikasi CPU Z PRO

Metode terakhir yang akan kita bahas yaitu dengan menggunakan aplikasi CPU Z PRO. Aplikasi CPU Z PRO ini mampu memberikan informasi yang sangat rinci mengenai kondisi dari performa perangkat keras pada telepon seperti sensor. Aplikasi CPU Z PRO sendiri dapat kalian temukan dan unduh secara gratis melalui Google Play Store lho.

Langkah-langkah penggunaan dari aplikasi CPU Z PRO bisa kalian simak pada rangkuman berikut ini:

  1. Unduh aplikasi CPU Z PRO dari Google Play Store disini
  2. Kemudian langsung saja buka aplikasi CPU Z PRO tadi
  3. Lalu tekan menu Sensor untuk mendapatkan informasi seputar kondisi dan performa dari perangkat sensor tersebut.

Penutup

Oke, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai artikel kita yang berjudul 5 Cara Mudah Cek Sensor HP Samsung Dengan Akurat. Sebelum beranjak meninggalkan website kita, alangkah baiknya untuk menyebarkan informasi ini ke sosial media kalian ya. Sampai jumpa, dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini