Cara Cek RAM HP Samsung yang Mudah dan Akurat

12
Cara Cek RAM HP Samsung
Cara Cek RAM HP Samsung

Cara Cek RAM HP Samsung – HP dari brand Samsung menjadi salah satu yang paling banyak diminati, terkhusus di Indonesia. Tidak heran karena memang HP Samsung punya kualitas yang bagus dan juga cukup awet. Selain itu, spesifikasi yang dihadirkan di dalam perangkatnya terbilang cukup tinggi, sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat dan responsive. HP Samsung sendiri ada banyak model atau tipenya dan bisa kamu pilih sesuai keinginan dan budget yang dimiliki. Beberapa tipe HP Samsung memang ada yang dihadirkan khusus untuk menyasar kalangan menengah ke bawah dan juga menengah ke atas.

Cara Cek RAM HP Samsung
Cara Cek RAM HP Samsung

HP Samsung juga dibekali dengan fitur-fitur canggih yang membuatnya semakin fleksibel dan kemampuan multitaskingnya semakin baik. Ditambah lagi dengan dukungan kompoenan hardware yang berkualitas tinggi, membuat HP Samsung semakin nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan. Baik itu untuk browsing, bersosial media, bermain game, desain grafis, editing video dan lain sebagainya. Semakin tinggi spesifikasi HP Samsung, tentunya ini akan berpengaruh terhadap harga banderolnya. Daya tarik HP Samsung lainnya yakni desain bodi yang terkesan elegan dan kece abis, cocok dengan gaya anak millenial sekarang ini.

Baca Juga:

Berbicara soal spesifikasi HP Samsung, ada salah satu komponen hardware penting yang perlu diperhatikan saat ingin membelinya yakni RAM. RAM atau Random Access Memori merupakan perangkat penyimpanan sementara yang menyimpan data sistem berupa file cache aplikasi dan sistem lainnya. File yang tersimpan di RAM akan dihapus secara permanen ketika HP dilakukan restart atau pembersihan. RAM sendiri cukup berpengaruh terhadap performa kinerja HP. Semakin besar kapasitas RAM HP, maka ini akan membuat HP lebih responsive dan cepat. Terkadang kita penasaran dengan kapasitas RAM yang dimiliki di HP Samsung, namun tidak tahu cara melihatnya. Berikut cara cek RAM HP Samsung yang bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Cek RAM HP Samsung yang Mudah dan Akurat

Cara Mengetahui Kapasitas RAM HP Samsung
Cara Mengtahui Kapasitas RAM HP Samsung

RAM merupakan salah satu komponen terpenting pada perangkat smartphone yang fungsinya untuk menyimpan file data sistem sementara waktu. Itu artinya file yang disimpan di RAM akan terhapus secara otomatis di waktu dan kondisi tertentu, yakni saat HP direstart atau dilakukan cleaning memori.

Banyak yang salah kaprah mengenai komponen RAM di perangkat smartphone. Di mana menurut banyak orang, semakin besar kapasitas RAM maka akan membuat HP semakin cepat dan responsive. Memang tidak salah, akan tetapi kecepatan kinerja HP juga dipengaruhi oleh komponen lain di dalamnya, seperti chipset dan prosesornya. Jadi, akan percuma HP didukung dengan RAM besar, namun chipset yang digunakan tidak mendukungnya.

Mengenai RAM di HP android, ini fungsinya untuk menyimpan data aplikasi dan sistem. Misalnya saja kamu menjalankan aplikasi WhatsApp, maka data cache aplikasi akan tersimpan di RAM. Sehingga saat kamu mengeluarkan aplikasi dan mengaksesnya kembali, sistem tidak perlu mengulang dari awal karena data aplikasi sudah ada. Hal ini membuat proses loading aplikasi WhatsApp akan lebih cepat dibandingkan saat pertama kali mengaksesnya.

Kembali ke pembahasan awal tentang cara melihat RAM di HP Samsung, cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Kamu bisa melakukannya dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Adapun cara cek RAM HP Samsung yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Melalui Menu Pengaturan atau Settings

Cara yang paling mudah untuk mengetahui kapasitas RAM yang didukun di HP Samsung yakni dengan melalui menu Pengaturan atau Settings. Cara ini cukup mudah dilakukan, bahkam bagi kamu yang masih awam. Untuk langkah-langkah pengecekannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  • Gulir ke bawah, kemudian masuk ke opsi Perawatan Perangkat dan Baterai atau Device and Battery Maintenance.
  • Nantinya akan ditampilkan halaman baru yang berisi opsi untuk memberikan perawatan pada HP. Kamu fokus pada opsi Memori, di sebelah kanannya tertera informasi kapasitas RAM dan ruang RAM yang telah digunakan. Misalnya saja tertulis 1.9 GB /3 GB, ini artinya kapasitas RAM pada HP tersebut sebesar 3GB dan ruang yang digunakan sebesar 1.9GB.
  • Selesai.

Melalui halaman ini kamu bisa melakukan pembersihan atau cleaning pada RAM untuk menghapus file cache yang tidak diperlukan. Caranya dengan klik pada opsi Memori tadi, lalu tunggu hingga proses scanning selesai. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Hapus Sekarang.

2. Cek Melalui Browser

Sementara cara yang kedua ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu browser yang ada di HP Samsung. Kamu bisa menggunakan Samsung Browser atau Google Chrome yang merupakan browser bawaan di HP Samsung. Untuk melakukan cara ini, kamu perlu tahu nama tipe HP Samsung milikmu, misalnya saja Samsung Galaxy M11 atau yang lainnya. Jika sudah tahu, sekarang lanjut ke langkah-langkahnya.

  • Pertama kamu buka menu browser di HP Samsung.
  • Kemudian kunjungi halaman situs GSMArena.com.
  • Pada halaman situs tersebut, kamu ketik tipe HP Samsung di bagian kolom Pencarian. Nanti hasilnya akan terlihat di bawah kolom tersebut, lalu kamu pilih tipe HP yang sama dengan HP Samsung milikmu.
  • Halaman baru akan ditampilkan, di sini akan diberikan informasi mengenai spesifikasi lengkap dari HP Samsung milikmu tersebut. Termasuk juga informasi mengenai memori HP, yakni kapasitas Memori Internal dan RAM.
  • Selesai.

Catatan: Selain situs GSMArena, kamu bisa memanfaatkan situs lainnya untuk melihat kapasitas RAM HP Samsung milikmu.

3. Cek Menggunakan IMEI

IMEI merupakan kode unik yang menjadi bukti identitas dari perangkat smartphone, termasuk HP Samsung. Kode IMEI ini sendiri biasanya digunakan untuk mengetahui HP sudah terdaftar secara resmi di Kemenperin atau tidak. Kebanyakan HP BM atau palsu tidak dilengkapi dengan IMEI resmi tersebut.

Mengenai langkah-langkah untuk mengecek RAM HP Samsung melalui IMEI selengkapnya, yakni:

  • Pertama kamu cek IMEI di HP Samsung milikmu. Caranya dengan membuka menu Panggilan, lalu ketik kode dial *#06# maka IMEI akan muncul di layar.
  • Setelah itu, kamu buka menu browser di HP Samsung lalu kunjungi situs Cek IMEI.
  • Pada halaman situs tersebut kamu ketik IMEI HP pada kolom yang tersedia. Kemudian lakukan verifikasi captcha, lalu klik tombol CHECK.
  • Nantinya akan ditampilkan halaman baru yang berisi informasi spesifikasi dari HP Samsung milikmu tersebut, termasuk juga informasi kapasitas RAM yang didukung.
  • Selesai.

Catatan: Jika saat pengecekan tidak ditampilkan hasil berupa informasi spesifikasi HP, kemungkinan besar HP Samsung milikmu palsu atau ilegal.

4. Cek Menggunaka Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara cek RAM HP Samsung yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini bisa kamu temukan dan install secara gratis melalui Google Playstore. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi CPU-Z melalui Google Playstore.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi selesai melakukan scanning perangkat.
  • Pada halaman utama aplikasi yang ditampilkan, kamu masuk ke menu Device. Di sana akan terlihat informasi spesifikasi dari HP Samsung tersebut, termasuk juga kapasitas RAM yang tersedia.
  • Selesai.

Catatan: Selain aplikasi CPU-Z, aplikasi lainnya yang juga direkomendasikan untuk kamu gunakan yakni AIDA64. Cara penggunaannya kurang lebih sama dan dapat digunakan pada semua tipe HP.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek RAM HP Samsung yang paling mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Cek Tipe HP Samsung Mudah dan Akurat
Artikel SelanjutnyaDaftar Paket SMS Tri dan Cara Pembeliannya
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini