Cara Cek NISN Siswa Online Lewat HP Android

62
Cara Cek NISN Siswa Online
Cara Cek NISN Siswa Online

Cara Cek NISN Siswa Online – HP android hadir dengan beragam fitur canggih di dalamnya, yang mana hal ini menjadi daya tarik bagi para pengguna. Fitur canggih ini yang membuat HP memiliki banyak fungsi dan dapat digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas pengguna. Ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi tambahan yang bisa dipasangkan di dalmanya. Aplikasi-aplikasi ini dapat dipilih dan dipasang di HP android sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Fungsinya bermacam-macam, kamu bisa memilih aplikasi apa pun sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi android tersebut bisa ditemukan di Google Play Store yang merupakan gudangnya aplikasi android.

Cara Cek NISN Siswa Online
Cara Cek NISN Siswa Online

Dengan HP android kita juga bisa dengan mudah mengakses situs yang tersedia di internet melalui browser. Kita bisa menggunakan browser apa saja untuk urusan mengakses internet tersebut, misalnya saja menggunakan Google Chrome. Situs-situs yang tersedia di internet juga memiliki beragam fungsi, ada website khusus untuk memberikan informasi, sebagai tools, sebagai aplikasi berbasis website dan lain sebagainya. Hampir semua website yang tersedia di internet bisa diakses secara gratis, namun ada pula beberapa yang sifatnya berbayar. Pengguna perlu berlangganan agar bisa mengakses berbagai fitur atau layanan yang disediakan di dalamnya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai website di internet, beberapa ada yang bisa kita manfaatkan untuk mengetahui informasi data siswa menggunakan NISN miliknya. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode pengenal unik yang menjadi identitas siswa, yang mana kode ini berlaku sepanjang masa. Karena termasuk kode unik, artinya kode pengenal yang dimiliki oleh setiap siswa ini berbeda-beda satu sama lain. Dalam hal ini kamu mungkin ingin mengecek NISN yang dimiliki, apakah datanya sudah betul atau ada yang salah. Sangat mudah untuk pengecekannya, bahkan kamu bisa melakukannya melalui perangkat HP android. Mengenai cara cek NISN siswa online yang mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu NISN?

NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional yang mana nomor ini sifatnya unik. NISN menjadi kode pengenal identitas siswa yang berlaku sepanjang masa, serta dapat digunakan untuk membedakan satu pelajar dan pelajar lain di semua jenjang sekolah, baik itu sekolah di Indonesia maupun luar negeri. NISN hanya diberikan kepada siswa atau pelajar di sebuah pendidikan yang sudah terdaftar di referensi Kemendikbud dan memiliki NPSN.

Karena sifatnya yang unik, tentunya nomor pengenal yang dimiliki oleh masing-masing siswa ini berbeda satu sama lainnya. Selain itu, NISN yang sudah dimiliki oleh seorang siswa atau pelajar, maka tidak akan digunakan lagi oleh siswa lain di masa mendatang. Mengingat NISN ini memang berlakunya sampai kapan saja.

Tujuan dan Manfaat NISN

Sebagian dari kalian mungkin bertanya-tanya kenapa setiap siswa atau peserta didik harus diberikan NISN? Pertanyaan ini akan terjawab oleh penjelasan di bawah ini mengenai tujuan dan manfaat diberlakukannya penomoran siswa tersebut.

Yang pertama, tujuan diberlakukannya NISN untuk setiap siswa atau peserta didik adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa dari semua Sekolah Indonesia secara berkesinambungan.

Kedua, sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam hal pengembangannya. Selain itu, juga untuk mendukung program-program lainnya, seperti perencanaan pendidikan dan statistik pendidikan, serta program pendidikan lainnya.

Ketiga, untuk memudahkan pengelolaan dan pengelompokan nomor induk siswa bagi unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah di seluruh Indonesia.

Dan yang keempat, sebagai pendukung penerapan program pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten atau kota, hingga tingkat sekolah. Misalnya saja, program BOS, Ujian Nasional, PIP, Ujian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi dan lain sebagainya.

Cara Cek NISN Siswa Online Lewat HP Android

Setelah mengetahui apa itu NISN dan kegunaannya atau manfaatnya, sekarang lanjut ke cara mudah untuk mengecek NISN secara online. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui NISN yang dimiliki oleh siswa dengan cara memasukkan data pribadi yang dimiliki. Sangat mudah untuk cara pengecekannya, bahkan kamu bisa melakukannya hanya dengan berbekal smartphone android.

Adapun cara cek NISN siswa online melalui HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek NISN Menggunakan Pencarian Nama

Untuk cara yang pertama ini digunakan untuk kamu yang ingin mencari tahu NISN yang dimiliki. Mencarinya dengan menggunakan nama asli yang terdaftar secara resmi, serta melengkapi data lainnya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Cek NISN Menggunakan Pencarian Nama
Cek NISN Menggunakan Pencarian Nama
  • Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian kunjungi situs resmi Kemendikbud melalui link ini NISN Kemendikbud Pencarian Nama.
  • Pada halaman situs yang ditampilkan, sekarang kamu isi kolom yang disediakan. Mulai dari Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung.
  • Selanjutnya lakukan verifikasi captcha terlebih dahulu.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cari Data.
  • Nantinya hasil pencarian data NISN akan ditampilkan di sana.
  • Selesai.

2. Cek NISN Menggunakan Pencarian NISN

Untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu sudah tahu NISN milikmu, namun ingin mengecek apakah datanya valid atau sebaliknya. Yang dibutuhkan di sini adalah NISN dan Nama Ibu Kandung yang tercatat di data kesiswaanmu. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Cek NISN Menggunakan Pencarian NISN
Cek NISN Menggunakan Pencarian NISN
  • Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat smartphone androidmu.
  • Kemudian kunjungi situs resmi Kemendikbud melalui LINK INI.
  • Pada halaman situs yang ditampilkan tersebut, kamu masukkan NISN dan Nama Ibu Kandung pada kolom yang disediakan. Pastikan data yang kamuskkan sudah benar.
  • Kemudian lakukan verifikasi captcha.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cari Data dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Nantinya hasil pencarian data akan ditampilkan di sana.
  • Selesai.

Data yang keluar setelah pencarian berdasarkan Nama atau NISN di atas menandakan bahwa data siswa-mu sudah tercatat di Kemendikbud. Ini juga bisa dipastikan NISN milikmu sudah valid sehingga bisa digunakan untuk berbagai hal sesuai fungsi atau kegunaannya.

Namun, jika saat pengecekan tidak muncul data sama sekali, sebaiknya jangan langsung panik. Mungkin saja kamu salah dalam memasukkan data yang dibutuhkan, seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, NISN, ataupun nama ibu kandung.

Penutup

Itulah tadi cara cek NISN siswa online yang mudah melalui perangkat HP android yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Cek Cicilan Motor Adira Finance Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Dapat Foto Sertifikat Lulus EP FF yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini