Cara Cek Layar Samsung Semua Tipe Paling Akurat

Cara Cek Layar Samsung – Samsung merupakan salah satu brand smartphone yang cukup terkenal di dunia. Berbagai produk smartphone unggulan sudah diluncurkan, dan setiap produk dari Samsung ini pasti laris di pasaran. Tidak lain karena memang Samsung selalu berupaya menghadirkan produk smartphone dengan kualitas terbaik. Berbagai fitur canggih sudah disematkan di dalamnya. Dengan dukungan fitur unggulan tersebut pastinya smartphone dari Samsung akan memberikan performa yang mumpuni dan serta sangat memanjakan penggunanya.

Cara Cek Layar Samsung
Cara Cek Layar Samsung

Berbicara mengenai smartphone android Samsung, layar merupakan salah komponen yang paling penting peranannya. Layar smartphone menjad komponen output yang sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna saat mengoperasikan smartphone. Dalam hal ini Samsung juga selalu berupaya meningkatkan kualitas layar pada setiap produk besutannya. Tidak hanya dari segi tampilannya saja, melainkan juga ketungguhan dari layar tersebut.

Baca Juga:

Karena perannya yang sangat penting, layar HP harus dicek terlebih dahulu saat kamu ingin membeli HP Samsung khususnya. Mengecek layar HP memungkinkan kamu mengetahui kualitasnya, apakah nyaman untuk saat dioperasikan atau sebaliknya. Mengenai cara mengecek layar HP Samsung tidaklah sulit, cukup dengan beberapa langkah kamu sudah bisa mengetahui hasilnya. Berikut ini informasi mengenai cara cek layar Samsung selangkapnya.

Cara Cek Layar Samsung Semua Tipe Paling Akurat

Mengecek layar HP biasanya sering dilakukan saat kita ingin membeli HP dalam kondisi bekas atau second. Pasalnya, terkadang ada beberapa HP bekas yang dijual namun kualitas layarnya sudah tidak terlalu bagus. Ada beberapa bagian layar yang terkadang tidak berfungsi dengan baik saat digunakan. Atau bisa juga layar ada yang retak sehingga bagian salah satu sisinya tidak berfungsi.

Agar tidak menyesal nantinya, sebaiknya kamu lakukan pengecekan layar HP terlebih dahulu sebelum akhirnya dibeli. Jika memang kurang berfungsi dengan baik, maka kamu bisa membatalkan pembeliannya. Namun, memang tidak semua orang tahu bagaimana cara cek layar Samsung khususnya. Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini saya akan bahas tuntas bagaimana cara mengecek layar HP Samsung tersebut. Setidaknya ada 2 metode pengecekan yang bisa kamu lakukan, yakni:

1. Cek Layar HP Samsung Secara Manual

Cek Layar HP Samsung Secara Manual
Cek Layar HP Samsung Secara Manual

Cara yang pertama ini rasanya memungkinkan bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan yang masih terbilang awam sekalipun. Mengecek layar HP Samsung secara manual berarti kamu bisa mengecek setiap bagian layar HP. Apakah terdapat retakan atau bahkan pecah yang tentunya hal ini akan mempengaruhi fungsi dari layar HP tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengoperasikan HP tersebut untuk berbagai hal. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat sensitivitas dan respon dari tiap bagian layar HP tersebut. Pastikan kamu sudah mengecek semua bagian layar agar bisa menentukan apakah HP tersebut layak untuk dibeli atau justru tidak sama sekali. Jika memang semua dalam keadaan baik, maka kamu bisa langsung memilihnya.

2. Cek Layar HP Samsung dengan Kode Rahasia

Cek Layar HP Samsung dengan Kode Rahasia
Cek Layar HP Samsung dengan Kode Rahasia

Layaknya HP android lainnya, HP dari Samsung juga memilki kode rahasia khusus yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya kode rahasia untuk mengecek kualitas layar HP Samsung. Kode rahasia ini sendiri biasanya terdiri dari susunan angka dan simbol khusus (simbol * atau #). Kode rahasia tersebut nantinya bisa kamu ketik di menu dial atau panggilan pada HP Samsung.

Cara satu ini memungkinkan kamu mengetahui piksel di layar yang tidak berfungsi alias mati. Piksel layar yang mati ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari HP terjatuh, pemakaian yang sudah terlalu lama dan lain sebagainya. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui sensitifitas dan respon pada tiap bagian layar HP Samsung. Adapun cara cek layar HP Samsung dengan kode rahasia selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu dial atau Panggilan di HP Samsung.
  • Pada kolom memasukkan kode, kamu ketik kode rahasia *#0*#
  • Secara otomatis pada layar HP Samsung akan muncul tampilan baru yang sebelumnya tidak pernah kamu lihat. Di halaman ini kamu akan menemukan berbagai menu yang tujuannya untuk mengetahui kualitas layar HP Samsung.
  • Untuk mengetahui bagian dead Pixel di layar, kamu bisa memilih salah satu warna dari tiga pilihan warna yang disediakan. Perhatikan layar secara seksama, apakah ada bintik atau noda dengan warna berbeda di layar tersebut. Jika memang ada, maka bisa dipastikan di layar terdapat dead pixel.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengecek sensitifitas dan respon dari layar HP saat disentuh melalui halaman ini. Caranya yakni dengan memilih menu Touch. Cobalah kamu buat garis mengikuti susunan kotak yang tersedia di layar HP. Jika di semua kotak berhasil kamu beri warna, berarti layar dalam kondisi baik. Tetapi jika terdapat salah satu atau beberapa kotak yang tidak bisa diberi warna, maka bagian tersebut berarti bermasalah atau tidak berfungsi.
  • Selesai.

Tidak hanya sekedar 2 hal di atas yang bisa kamu lakukan melalui kode rahasia satu ini. Beberapa menu lain juga tersedia dengan fungsi yang berbeda-beda, seperti menu untuk mengecek speaker, vibrasi, kamera, IC, Sub Key dan lain sebagainya. Jadi, tidak hanya kualitas layar saja yang bisa kamu cek melalui kode rahasia ini, melainkan juga beberapa komponen atau fitur lain pada HP Samsung.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara  cek layar Samsung untuk semua tipe yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?