Cara Cek Kuota XL Terbaru yang Paling Mudah

Cara Cek Kuota XL – XL merupakan satu dari beberapa kartu provider yang cukup banyak diminati di Indonesia. XL yang berada di bawah naungan perusahaan PT XL Axiata Tbk banyak dipilih karena punya sinyal yang kuat dan stabil. Terlebih lagi jaringan kartu XL sekarang ini sudah mejangkau lebih luas daerah-daerah di Indonesia. Bahkan pelosok desa sekalipun sudah bisa tercover sinyal provider XL. Meskipun, di beberapa daerah terpencil sinyal yang bisa dijangkau hanya sebatas 3G, belum sampai ke jaringan tercepat 4G.

Cara Cek Kuota XL
Cara Cek Kuota XL

Alasan lain kenapa banyak orang yang memilih kartu XL yakni karena pilihan layanan paketnya yang beragam dan juga dibanderol dengan harga murah. Khususnya untuk layanan paket internet, XL sudah menyediakan paket dengan variasi kuota yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari paket internet 3GB, 6GB, 11GB, 21GB dan masih banyak lagi pilihan paket internet lainnya. Untuk membeli paket kuota internet, sekarang sudah lebih mudah dengan adanya voucher.

Baca Juga:

Berbicara mengenai paket internet XL, terkadang kita sering kehabisan kuota di kondisi yang kurang tepat. Misalnya kuota habis saat malam hari, saat sibuk kerja atau kondisi tidak tepat lainnya. Apalagi jika saat itu kita lagi benar-benar membutuhkan koneksi internet dan tidak ada lagi cara untuk mendapatkannya. Agar hal ini tidak kamu alami lagi, sebaiknya lakukan pengecekan sisa kuota internet secara berkala. Masih belum tahu bagaimana cara mengecek sisa kuota internet XL? Tenang saja, berikut ini ulasan mengenai cara cek kuota XL terbaru yang bisa kamu terapkan.

Cara Cek Kuota XL Terbaru yang Paling Mudah

Cara Cek Sisa Kuota XL
Cara Cek Sisa Kuota XL

Sama seperti kartu provider lainnya, XL juga punya cara tersendiri untuk urusan mengecek sisa kuota yang dimiliki. Mengenai cara cek kuota XL ini sendiri, setidaknya ada 4 metode yang bisa coba kamu lakukan yakni melalui kode dial, SMS, aplikasi XL dan juga melalui situs resmi XL. Keempat metode tersebut sama mudahnya, dan tentu tujuannya tetap sama yakni untuk mengetahui sisa kuota internet di kartu XL. Adapun langkah-langkah mengecek sisa kuota di kartu XL selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Kuota XL Lewat Menu Panggilan

Cara cek kuota XL paling mudah yang pertama yakni melalui menu Panggilan atau Telepon yang ada di HP android. Cara satu ini dianggap paling mudah sehingga bisa dilakukan oleh semua pengguna, bahkan mereka yang masih awam sekalipun. Melalui menu Panggilan atau Telepon tersebut Anda bisa menggunakan kode USSD atau dial khusus untuk mengecek sisa kuota kartu XL. 

Adapun langkah-langkah mengecek sisa kuota di kartu XL melalui kode USSD selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu buka menu Panggilan atau menu Telepon di HP android.
  • Selanjutnya kamu ketik kode dial *123#, kemudian klik Panggil sesuai posisi kartu SIM.
  • Pada tampilan pop up yang muncul, selanjutnya kamu pilih menu 7. INFO lalu pilih Kirim.
  • Pada tampilan berikutnya kamu pilih menu 1. Info Kartu XL-ku, kemudian klik Kirim.
  • Pilih lagi menu 1. Cek Kuota, kemudian klik tombol Kirim.
  • Selanjutnya pilih jenis paket yang aktif atau sedang kamu gunakan di kartu XL-mu. Misalnya di sini saya pilih opsi paket XTRA COMBO LITE, kemudian klik Kirim.
  • Nantinya pada halaman pop up baru yang muncul akan diinformasikan sisa kuota internet yang ada di kartu XL-mu.
  • Selesai.

2. Cek Kuota XL Lewat SMS

Selain melalui kode USSD, alternatif lain yang tidak kalah mudah untuk mengecek sisa kuota XL yakni melalui SMS. Di sini kamu bisa mengirimkan SMS dengan kode tertentu ke nomor layanan center dari XL Axiata. Nantinya pihak XL akan memberikan balasan berupa SMS yang berisi informasi mengenai sisa kuota internet yang ada di kartu XL-mu.

Adapun langkah-langkah mengecek kuota XL melalui SMS selengkapnya, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu SMS di HP androidmu.
  • Setelah halaman SMS terbuka, selanjutnya kamu masukkan nomor center 868 pada bagian kolom nomor tujuan SMS.
  • Sementara pada bagian kolom isi SMS, silahkan kamu isi dengan format KUOTA. Format SMS ini dikhususkan untuk mengetahui sisa kuota di kartu XL secara detail.
  • Pastikan SMS tersebut sudah terkirim, selanjutnya kamu tinggal menunggu SMS balasan dari pihak XL.
  • Buka SMS balasan dari XL, di sana kamu bisa melihat berapa sisa kuota internet yang ada di kartu XL-mu.
  • Selesai.

3. Cek Kuota XL Lewat Aplikasi MyXL

Berbeda dengan kedua cara di atas, cara berikutnya ini masih mengharuskan kamu untuk menginstall aplikasi tambahan. Bukan sembarang aplikasi tentunya, melainkan aplikasi resmi dari XL Axiata yang diberi nama MyXL. Aplikasi satu ini bisa kamu undih dan install secara gratis melalui Google Play Store. 

Adapun langkah-langkah mengecek sisa kuota internet di kartu XL lewat aplikasi XL selengkapnya, yakni: 

  • Langkah pertama kamu install aplikasi MyXL di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, kamu pilih opsi Saya berbahasa Indonesia.
  • Di halaman berikutnya akan ada tampilan slide yang memberitahukan mengenai fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi MyXL. Lanjut ke langkah berikutnya dengan klik tombol Lanjutkan.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk masuk ke akun MyXL dengan menggunakan nomor XL yang masih aktif atau yang ingin kamu cek sisa kuotanya. Pilih opsi Masuk dengan Nomor XL, kemudian masukkan nomor XL-mu di bagian kolom yang disediakan. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan.
  • Lakukan verifikasi nomor kartu XL dengan memasukkan kode 6 digit yang dikirimkan ke nomor XL-mu melalui SMS. Kemudian klik Lanjutkan.
  • Sekarang kamu sudah berhasil masuk ke dasboard aplikasi MyXL. Di halaman tersebut kamu sudah bisa langsung melihat sisa kuota internet beserta masa aktifnya.
  • Selesai.

4. Cek Kuota XL Lewat Situs MyXL

Dan cara yang terakhir yakni bisa mengecek sisa kuota XL melalui website resmi MyXL. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan cara cek kuota XL melalui aplikasi MyXL di atas. Bedanya, di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, melainkan langsung dari situs resmi MyXL. Untuk mengecek sisa kuota XL, kamu bisa mengunjungi situs MyXL melalui LINK INI.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara untuk cek kuota XL terbaru yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?