Cara Cek Kuota Telkomsel Paling Mudah Terbaru

Cara Cek Kuota Telkomsel – Di era modern seperti sekarang ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi sebagian orang. Bahkan, beberapa bagi beberapa orang jaringan internet sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Apalagi dengan hadirnya smartphone android yang semakin canggih, membuat kebutuhan akan internet menjadi semakin besar. Seperti yang kita tahu, sebagian besar aktivitas di smartphone pasti membutuhkan koneksi internet agar berjalan dengan lebih maksimal.

Cara Cek Kuota Telkomsel
Cara Cek Kuota Telkomsel

Internet ini sendiri bisa digunakan untuk beragam hal, mulai dari sekedar hiburan, berkomunikasi dengan pengguna lain, browsing internet, berbisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya. Layanan internet ini sendiri biasanya disediakan oleh berbagai provider. Salah satu provider yang cukup banyak peminatnya yakni Telkomsel. Telkomsel menyediakan berbagai paket internet yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga:

Paket internet dari Telkomsel terdiri dari beberapa besaran kuota dan masa aktif, mulai dari paket dengan masa aktif 1 hari, 7 hari, hingga 30 hari. Kuota internet terkadang bisa habis sebelum masa aktifnya berakhir. Tentunya hal ini tergantung dari kegiatan pengguna dalam menggunakan jaringan internet. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan sisa kuota internet secara berkala supaya tidak sampai kehabisan. Belum tahu bagaimana cara cek kuota Telkomsel tersebut? Tidak perlu khawatir, karena di bawah ini saya sudah merangkumkannya untuk kalian.

Cara Cek Kuota Telkomsel Paling Mudah Terbaru

Cara Mengecek Kuota Telkomsel
Cara Mengecek Kuota Telkomsel

Meskipun terbilang mudah, namun ternyata masih banyak pengguna yang bingung untuk melakukan pengecekan sisa kuota Telkomsel tersebut. Untuk mengecek sisa kuota provider Telkomsel, setidaknya ada 4 metode yang bisa kamu lakukan. Masing-masing metode tersebut, yakni melalui kode dial, SMS, aplikasi MyTelkomsel dan juga melalui situs resmi MyTelkomsel.

Adapun cara cek kuota Telkomsel yang mudah untuk pemula selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek kuota Telkomsel Lewat Dial Up

Cara yang pertama untuk melakukan pengecekan sisa kuota Telkomsel yakni melalui menu dial. Di sini kamu bisa menggunakan kode dial khusus layaknya seperti mengecek sisa pulsa atau masa aktif nomor Telkomsel. Cara satu ini dianggap paling mudah karena tidak memerlukan step-step yang panjang.

Mengenai langkah-langkah cek sisa kuota Telkomsel dengan dial up selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu dial atau menu Panggilan di HP androidmu.
  • Berikutnya kamu ketik kode *888#, lalu klik OK atau Panggil.
  • Akan muncul beberapa opsi, selanjutnya kamu pilih opsi Cek Pulsa & Kuota.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Cek Kuota untuk mengetahui sisa kuotanya.
  • Karena di sini kita akan mengecek sisa kuota internet, maka pilih opsi Cek Kuota Internet.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop yang menginformasikan kalau catatan sisa kuota internet akan dikirimkan melalui SMS.
  • Sekarang kamu buka SMS yang masuk dari pihak Telkomsel. Di sana kamu bisa melihat secara terperinci sisa kuota internet yang kamu miliki.
  • Selesai.

2. Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS

Berikutnya yakni mengecek sisa kuota internet Telkomsel dengan cara memanfaatkan menu SMS. Cara satu ini tidak kalah mudah dengan cara dial di atas, bahkan bisa dibilang lebih simpel. Di sini kamu hanya perlu mengetikkan perintah tertentu yang nantinya dikirim ke nomor khusus dari pihak Telkomsel. Tidak memerlukan waktu yang lama, setelah SMS dikirimkan maka pihak Telkomsel akan memberikan SMS balasan yang berisi catatan sisa kuota internet di HP androidmu.

Berikut langkah-langkah mengecek sisa kuota internet Telkomsel melalui SMS selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu perlu membuat menu SMS di HP androidmu.
  • Ketikkan nomor 3636 pada kolom nomor tujuan SMS. Ini merupakan nomor center khusus Telkomsel.
  • Pada kolom isi SMS-nya, kamu isi dengan UL (spasi) INFO lalu klik tombol Kirim.
  • Jika cara tersebut tidak bisa, kamu juga bisa mengirimkan SMS dengan cara ketik Flash (spasi) infov2 lalu kirim ke nomor center yang sama, yakni 3636.
  • Biasanya hanya dalam hitungan detik pihak Telkomsel akan langsung memberikan balasan SMS yang berisi informasi mengenai sisa kuota internet kamu.
  • Selesai.

3. Cek Kuota Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

MyTelkomsel merupakan aplikasi khusus dari Telkomsel yang ditujukan untuk para pelanggan setianya. Melalui aplikasi satu ini pengguna bisa melakukan banyak hal, mulai dari menukar poin Telkomsel, cek pulsa, cek kuota, beli paket, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi My Telkomsel juga disediakan secara gratis, kamu bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play Store.

Cara menggunakan aplikasi MyTelkomsel sendiri juga sangat mudah, termasuk dalam hal mengecek kuota internet.

  • Pertama cukup kamu install aplikasi MyTelkomsel di HP androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasinya.
  • Masukkan nomor kartu Telkomsel yang ingin kamu cek sisa kuotanya. Pastikan kamu sudah membuat akun menggunakan nomor tersebut. Jika belum, maka kamu perlu mendaftarkannya terlebih dahulu.
  • Kalau berhasil nantinya kamu akan langsung dibawa ke tampilan dasboard aplikasi. Di sana kamu akan melihat informasi mengenai kartu Telkomsel kamu, mulai dari nomor, sisa pulsa, masa aktif hingga sisa kuota internet.

4. Cek Kuota Telkomsel lewat Situs Resmi Telkomsel

Dan cara cek kuota Telkomsel paling mudah yang terakhir yakni melalui situs resmi Telkomsel. Cara satu ini sebenarnya hampir sama dengan sebelumnya, yakni menggunakan aplikasi MyTelkomsel di atas. Namun, bedanya di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan lagi.

Cukup dengan mengunjungi situs MyTelkomsel, lalu masukkan nomor Telkomsel yang ingin dicek sisa kuotanya. Pada dasboard situs akan ditampilkan informasi mengenai nomor Telkomsel kamu, termasuk juga sisa kuota internetnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek kuoat internet Telkomsel yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?