Cara Cek Kuota Smartfren Beserta Masa Berlakunya

Cara Cek Kuota Smartfren – Kalau disuruh memilih provider dengan layanan paket internet unlimited terbaik, rasanya Smartfren menjadi salah satu kandidat terbaiknya. Ya, Smartfren menawarkan paket internet unlimited yang cukup cepat dan stabil. Tidak heran, karena memang smartfren sudah mendukung jaringan 4G LTE terbaik dan tercepat saat ini. Karena kedua kelebihan inilah mungkin yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang lebih memilih kartu Smartfren dibandingkan yang lainnya. 

Cara Cek Kuota Smartfren

Satu lagi yang menjadi daya tarik Smartfren untuk para pelanggan setianya, yakni harga kuota internet unlimitednya yang dibanderol dengan harga murah. Harganya memang cukup murah sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh berbagai kalangan. Tidak hanya paket internet unlimited saja, Smartfren juga menyediakan layanan paket internet lain yang tidak kalah menarik untuk dibeli. Paket internetnya tersebut cukup bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Dan lagi, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Baca Juga:

Berbicara soal paket internet di Smartfren, terkadang kita sering lupa mengecek sisa kuotanya. Sehingga di waktu yang tidak tepat kita kehabisan kuota internet dan tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Sebaiknya kamu lakukan pengecekan sisa kuota internet Smartfren secara berkala agar hal ini tidak terjadi. Lantas, bagaimana cara cek kuota Smartfren tersebut? Informasi selengkapnya bisa kamu simak di ulasan di bawah ini.

Cara Cek Kuota Smartfren Beserta Masa Berlakunya

Cara Cek Sisa Kuota Smartfren

Untuk mengecek sisa kuota Smartfren dan masa aktifnya, setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu lakukan. Tinggal pilih cara mana yang kamu anggap lebih mudah dan simple untuk dilakukan. Beberapa cara tersebut yakni cek sisa kuota Smartfren melalui dial up, SMS, situs resmi Smartfren dan juga melalui aplikasi Smartfren.

Adapun langkah-langkah untuk mengecek kuota Smartfren beserta masa aktifnya, sebagai berikut:

1. Cek Kuota Smartfren Melalui Menu Dial Up

Cara yang pertama untuk mengetahui sisa kuota internet Smartfren yakni melalui menu dial up atau menu panggilan. Cara ini dianggap paling mudah dan simple, kamu yang masih awam pun bisa melakukannya dengan mudah. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Dial Up atau menu Panggilan di HP androidmu.
  • Pada menu tersebut kamu ketik kode dial *995#, kemudian tekan tombol Panggil.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, nantinya akan muncul notifikasi pop up yang berisi informasi mengenai sisa kuota internet di kartu Smartfrenmu.
  • Tidak hanya sisa kuota internet saja, di sini juga diinformasikan mengenai masa aktif dari paket internet yang kamu miliki tersebut.
  • Selesai. 

2. Cek Kuota Smartfren Melalui SMS

Selain cara di atas, alternatif lain untuk mengetahui sisa kuota internet kartu Smartfren juga bisa dilakukan melalui menu SMS. Cara satu ini juga sama mudahnya seperti cara di atas, sehingga kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya dengan mudah. Tenang saja, cara satu ini sama sekali tidak membebanimu dengan biaya SMS alias gratis. Jadi, meskipun kamu tidak memiliki pulsa sepeser pun tentunya masih bisa melakukan cara satu ini.

Adapun langkah-langkah untuk mengecek kuota Smartfren lewat menu SMS selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu SMS di HP androidmu.
  • Selanjutnya kamu klik opsi untuk mengirim SMS baru.
  • Pada kolom nomor tujuan SMS kamu isi dengan nomor 995.
  • Sementara pada bagian isi SMS, kamu isi dengan format CEK.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.
  • Sekarang kamu tinggal tunggu SMS balasan dari pihak Smartfren ke nomor Smartfrenmu.
  • Pada SMS balasan tersebut akan diinformasikan sisa kuota internet beserta masa berlaku dari paket internet tersebut.
  • Selesai.

3. Cek Kuota Smartfren Melalui Aplikasi MySmartfren

Berbeda dengan cara sebelumnya, di sini kamu harus menginstall aplikasi tambahan untuk melakukannya. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni aplikasi MySmartfren yang bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store. Tenang saja, ukuran aplikasinya tidak terlalu besar sehingga sangat ringan untuk dijalankan.

Aplikasi MySmartfren ini dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Adapun cara mengecek kuota Smartfren lewat aplikasi MySmartfren selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi MySmartfren di HP androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Di halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu login ke akun Smartfren dengan memasukkan nomor Smartfren kamu.
  • Jika sudah berhasil login maka kamu akan dibawa ke halaman dasboard aplikasi. Di halaman utama aplikasi tersebut kamu klik pada opsi Paket Saya. Di sini kamu bisa melihat detail paket internet yang kamu miliki.
  • Melalui opsi tersebut kamu bisa mengetahui sisa kuota internetmu beserta sisa masa berlaku paket tersebut.
  • Selesai.

4. Cek Kuota Smartfren Melalui Situs Resmi

Cara yang terakhir yakni mengecek sisa kuota kartu Smartfren melalui situs resmi Smartfren. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara di atas yakni cek kuota Smartfren lewat MySmartfren. Hanya saja, di sini kamu mengaksesnya melalui situs resmi dari Smartfren.

Mengenai cara cek kuota Smartfren dan masa aktifnya lewat situs resmi Smartfren selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu. Terserah mau menggunakan browser apapun, di sini saya menggunakan Google Chrome.
  • Pada halaman utama browser, selanjutnya kamu kunjungi situs Smartfren melalui LINK INI.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk login ke akun MySmartfren-mu dengan memasukkan alamat email terdaftar beserta passwordnya. Jika memang belum punya akun MySmartfren, maka kamu perlu mendaftar akun terlebih dahulu dengan klik tombol Daftar.
  • Di tampilan awal situs MySmartfren, kamu klik tombol Detail.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up yang berisi detail paket yang kamu miliki. Tidak hanya paket internet saja yang ditampilkan, tetapi juga sisa kuota paket SMS dan juga Nelpon yang kamu miliki. Serta masa berlaku untuk masing-masing paket tersebut.
  • Selesai.

Mudah bukan cara cek sisa kuota Smartfren beserta masa berlakunya di atas? Tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui sisa kuota internet, SMS atau kuota Nelpon di kartu Smartfren. Tinggal menerapkan salah satu dari metode di atas kamu sudah bisa mengetahuinya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek kuota Smartfren dan juga masa aktifnya yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?