Cara Cek Keturunan Online Lewat HP Android

80
Cara Cek Keturunan Online
Cara Cek Keturunan Online

Cara Cek Keturunan Online – Tidak banyak orang yang tahu betul silsilah di keluarganya dari atas ke bawah. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyak alasan, misalnya saja garis keturunan tidak pernah dicatat, hidup sebatang kara sejak kecil atau hal lainnya. Yang pasti ia tidak mengetahui silsilah keluarganya, hanya tahu orang tua dan kakek neneknya saja. Untuk garis keluarga terus ke atas hanya beberapa orang saja yang memahaminya. Dalam hal ini tidak jarang dari mereka sangat penasaran dengan garis keturunannya dari jaman nenek moyang sampai ke generasinya saat ini. Mungkin ingin digunakan untuk mengungkap suatu hal, catatan sejarah atau yang lainnya.

Cara Cek Keturunan Online
Cara Cek Keturunan Online

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, ternyata kita bisa dengan mudah mengetahui garis keturunan seseorang dari generasi ke generasi. Ditambah lagi saat ini pencatatan data sipil sudah semakin diperlengkap dengan teknologi, sehingga catatan di masa lalu pun akan tersimpan dengan aman. Cukup dengan mengakses data NIK seseorang, kita bisa tahu garis keturunannya dari siapa saja. Hanya saja, untuk mengakses data keluarga ini tidak bisa dilakukan secara bebas dan sembarangan. Hanya mereka yang bekerja di dinas pencatatan sipil saja yang bisa melakukannya, serta perlu alasan logis untuk menemukan garis keturunan tersebut.

Baca Juga:

Selain itu, kita juga bisa menggunakan alternatif lain untuk kita bisa mengetahui pohon keluarga atau garis keturunan nenek moyang kita. Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan situs khusus di internet yang dapat melakukan tracking data keluarga tersebut. Bukan hanya pohon keluarga atau silsilah keluarga saja, melainkan kita juga dapat mengetahui catatan sejarah orang-orang yang sudah ada sebelum kita, yakni nenek moyang kita. Situs semacam ini memang lagi booming dan banyak diakses oleh orang-orang untuk mengetahui silsilah keluarganya dari dulu hingga sekarang. Informasi selengkapnya mengetahui tutorial pengecekan keturunan secara online tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Keturunan Online Lewat HP Android

Di internet sudah ada banyak situs yang menyediakan berbagai layanan yang tentunya sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah situs yang memungkinkan kita untuk mengetahui silsilah keluarga yang telah ada sebelumnya hingga terlihat kita semua. Pengecekannya ini diklaim cukup akurat dan memberikan data lengkap. Mulai dari silsilah atau pohon keluarga, catatan sejarah, gambar atau foto dan lain sebagainya.

Situs yang dimaksud tersebut yakni bernama FamilySearch yang bisa kita akses secara gratis di internet. Melakukan pengecekan ini bisa kita terapkan di berbagai jenis perangkat, misalnya saja melalui perangkat HP android. Adapun cara cek keturunan online melalui situs FamilySearch tersebut, yakni:

Cara Mengetahui Keturunan Online
Cara Mengetahui Keturunan Online
  1. Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu. Pastikan HP androidmu sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Selanjutnya cari dan kunjungi situs FamilySearch.
  3. Pada halaman utama situs tersebut, kamu gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Mulai temukan kisah keluarga Anda”.
  4. Sekarang kamu isi beberapa kolom di bawahnya sesuai data diri kamu, mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, Tempat Tinggal (Kota, Kabupaten, Negara Bagian, dll), serta Tahun Kelahiran.
  5. Jika sudah diisi semuanya, selanjutnya kamu klik tombol CARI.
  6. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman baru yang memberikan informasi mengenai silsilah keluargamu. Kamu bisa klik pada tab Profil Pohon Keluarga, Catatan Sejarah, Memori, dan Informasi Nama Belakang untuk menemukan informasi lainnya.
  7. Selesai.

Untuk pengecekannya ini berdasarkan nama belakang, tempat tinggal serta tahun kelahiran. Pastikan kamu telah memasukkan data akurat untuk ketiga opsi tersebut agar sistem dapat menemukan data keluarga dan keturunannya. Untuk tahun kelahiran yang bisa ditracking melalui situs ini yakni minimal tahun 1700. Untuk tahun kelahiran lebih lama dari itu, sayangnya tidak bisa dicari informasi keturunannya secara online.

Apakah Hasil Cek Keturunan Online di FamilySearch Akurat?

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, “apakah FamilySearch dapat memberikan hasil pengecekan keturunan yang akurat?” Jawabannya bisa dan bisa tidak. Hasilnya akurat apabila pengguna telah memasukkan data yang diminta dengan benar, dan data tersebut sudah masuk di database sistem pada situs. Dan bisa jadi tidak akurat dikarenakan adanya kesamaan data satu dengan data lain yang dimasukkan oleh pengguna.

Setelah kami mencoba melakukan tracking data keluarga menggunakan data pribadi, hasilnya tidak ditemukan. Kemungkinan data keluarga yang dimuat di database situs tersebut hanyalah dari keluarga besar dan familiar saja. Misalnya saja data keluarga dari para raja, ulama besar, pejabat tinggi dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari permintaan data yang dijadikan bahan pengecekan, hanya berdasarkan nama belakang, tempat tinggal dan tahun lahir. Tentunya ini yang mempengaruhi keakuratan hasil pengecekan data keluarga dari situs tersebut. Seandainya pengecekannya lebih spesifik, misalnya dengan menggunakan data NIK tentunya akan lebih akurat lagi. Akan tetapi, hal ini akan berpotensi pencurian data yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Aman Mengecek Data Keturunan di FamilySearch?

Semua orang berhak mendapatkan perlindungan privasi terhadap data dirinya. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, data diri seseorang bisa saja dipermainkan demi kepentingan pihak-pihak tertentu. Seperti kasus yang beberapa waktu lalu yang terjadi, di mana pada sebuah desa hampir semua data warganya dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk dijadikan sebagai data pinjaman online.

Akhirnya tidak heran jika banyak yang mempertanyakan keamanan data saat mengecek garis keturunan online di situs FamilySearch ini. Melihat dari data yang diminta untuk melakukan pengecekan, yakni hanya nama, tempat tinggal dan juga tahun kelahiran. Ketiganya bukanlah data diri yang sensitf dan perlu diprivasi. Sehingga kami beranggapan ini sangat aman dan tidak akan merugikan kita sebagai pengguna.

Akan tetapi, jika memang pemilik situs memiliki program khusus di dalamnya yang dapat melacak informasi data diri kita lebih mendalam, hal ini tentunya patut untuk diwaspadai. Terlihatnya mungkin kita hanya memasukkan nama, tempat tinggal dan tahun lahir. Namun, hal ini bisa jadi sarana untuk mengakses data penting di perangkat yang kita gunakan. Jadi, sebaiknya lebih bijak dalam menggunakan layanan yang diberikan situs online semacam ini.

Bukan hanya situs cek keturunan online saja, melainkan situs dengan layanan lainnya yang meminta pengguna memasukkan data pribadinya. Jangan menyesal jika akhirnya data pribadimu dimanfaatkan oleh oknum lain untuk kepentingan mereka sendiri yang akhirnya merugikanmu. Selain situs, ada pula platform pencurian data berkedok penyedia layanan yang berbentuk aplikasi atau APK.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai cara cek keturunan online yang mudah dan akurat melalui perangkat HP android. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Agar Tidak Terlihat Online di TikTok Android
Artikel SelanjutnyaCara Ganti Password BSI Mobile di HP Tanpa ke Bank
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini