5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Xiaomi

5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP XiaomiBaterai, merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sebuah smartphone. Dan tak jarang juga pengguna mengalami masalah terhadap baterai ponsel mereka yang di sebabkan oleh banyak hal. Kerusakan yang terjadi pada baterai tersebut dapat terjadi di karenakan umur baterai, atau pemakaiannya yang sudah lebih 2 tahun misalnya. Atau bahkan bisa terjadi di sebabkan oleh penggunaan smartphone yang kurang tepat. Serta kebiasaan buruk yang di anggap biasa saja namun beresiko dalam jangka panjang. Selain harus memiliki pola pengisian daya yang teratur, ada hal lain yang dapat kita lakukan dalam menjaga kesehatan baterai.

5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Xiaomi

Hal yang bisa di lakukan dalam menjaga kesehatan baterai, yaitu dengan cara tidak menggunakan smartphone tersebut ketika sedang berlangsungnya pengisian daya. Tentu, ketika sebuah smartphone yang sedang di cas kita mainkan cukup lama seperti menonton youtube apalagi bermain game. Maka akan menimbulkan panas yang berlebih pada bagian baterai yang dapat menyebabkan kerusakan di kemudian hari. Nah sebenarnya ada banyak cara nih dalam mengetahui kesehatan baterai HP kita, terutama pada HP Xiaomi. Pada umumnya ya yaitu dengan melihat secara fisik, Tapi pada era yang serba canggih ini smartphone telah menggunakan desain baterai tanam.

Baca Juga:

Terutama pada smartphone Xiaomi ya, seperti yang kita tahu hampir semua telah menggunakan desain non-removable battery. Tapi tenang, walaupun begitu masih terdapat banyak cara kok dalam mengecek kesehatan baterai HP. Selain cek secara fisik, kita juga bisa mengetahui kesehatan baterai tanam Xiaomi melalui aplikasi. Dan juga beberapa metode manual tanpa bantuan aplikasi tambahan sekalipun. Semuanya akan kita bahas secara lengkap melalui judul artikel kita kali ini mengenai 5 cara cek kesehatan baterai tanam HP Xiaomi.

5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Xiaomi

Kalau di rasa baterai smartphone mu sudah cukup boros, maka sudah wajib saatnya untuk kamu melakukan pengecekan pada kesehatan baterai tersebut. Jika memang kondisi baterai nantinya tidak sehat, maka bisa langsung kamu bawake service HP untuk segera di perbaiki agar tidak mengganggu aktivitas kamu di smartphone. Tanpa menunggu berlama-lama lagi, yuk simak rangkuman kita berikut ini.

1. Melalui Pengaturan HP Xiaomi

Cara pertama yang akan kita lakukan adalah melalui pengujian baterai yang sudah di sediakan Xiaomi untuk para penggunanya. Fitur pengujiaan ini sendiri terletak pada menu Pengaturan HP, jadi pastinya langkah-langkah dalam pengujian ini akan sangat mudah. Sebab, kita tidak lagi harus menginstall aplikasi tambahan dalam melakukannya. Perlu di ketahui lagi ya, cara ini hanya di khususnya untuk pengguna smartphone Xiaomi saja.

Bagi anda yang sudah penasaran sama langkah-langkahnya, mari simak petunjuk kita berikut ini:

  1. Langkah awal yang perlu di lakukan adalah membuka Pengaturan atau Setelan pada HP Xiaomi
  2. Setelah itu lanjut dengan menekan menu Tentang Ponsel
  3. Lanjut dengan menekan tulisan Versi Kernel sebanyak 5x. Sehingga nantinya kita akan masuk ke sistem pengujian baterai
  4. Kemudian kita klik menu Single Item Tes
  5. Nantinya akan tampil banyak sistem pengujian tak hanya untuk menguji baterai saja. Tapi ada juga untuk menguji Bluetooth, SIM Card, LED, WiFi, Speaker dan lain-lain
  6. Tentu saja di sini kita akan pilih menu Baterai ya sebagai mana tujuan kita
  7. Lalu kita akan di arahkan ke menu Enginering Mode yang terdapat banyak informasi seperti status, level, kesehatan, skala, tegangan sampai suhu pada baterai
  8. Nah, di sini kita akan melihat informasi pada bagian Battery Healthy atau Battery Capacity. Jika keterangannya mengatakan Good maka kondisi baterai HP Xiaomi dalam keadaan sehat. Begitu sebaliknya, jika Bad maka kondisi baterai sedang tidak baik.

2. Menggunakan Kode Rahasia

Pada cara kedua ini kita akan memanfaatkan kode rahasia yang memiliki fungsi untuk mengetahui kondisi dari baterai HP kita. Nah untuk cara yang satu ini bisa kalian coba juga dengan HP dari brand lain, karena tidak di khususkan seperti cara pertama tadi. Kode rahasia yang di maksud adalah dial number yang mana nantinya akan memberikan kita sebuah informasi dari kondisi HP. Pada dial number ini nantinya akan terdapat keterangan status baterai, kondisi, kapasitas, level, suhu dan skala baterainya.

Untuk langkah-langkahnya sendiri kamu bisa menyimaknya di bawah ini:

  1. Pertama buka menu Telepon di smartphone Xiaomi kamu
  2. Dan masukan dial berikut *#*#4636#*#* atau jika tidak bisa bisa gunakan ini *#*#63664#*#*
  3. Kemudian tekan tombol Panggil
  4. Selanjutnya kita akan di hadapkan ke beberapa menu, kita pilih menu Battery
  5. Nah di sini kita akan dapat melihat banyak informasi seputar kondisi baterai kita
  6. Perhatikan pada keterangan Battery Healthy, jika tertulis Good maka kondisi baterai dalam keadaan bagus. Namun, apabila tertulis Bad maka kondisinya sedang buruk.

3. Menggunakan Aplikasi AccuBattery

Jika kedua caranya belum bisa memuaskan kamu dalam menjelaskan keadaan baterai mu yang sekarang. Maka bisa mencoba aplikasi yang bernama AccuBattery ini. Yang mana ia akan memberikan keterangan yang sangat lengkap pokoknya, seputar kondisi baterai HP milikmu secara akurat juga. Aplikasi AccuBattery ini sendiri bisa di gunakan oleh semua jenis smartphone, baik itu yang memakai baterai tanam dan non tanam sekalipun.

Menggunakan Aplikasi AccuBattery

Untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi AccuBattery ini, bisa melihat cara penggunaannya di bawah berikut:

  1. Pertama, download dan install terlebih dulu AccuBattery melalui Google Play Store secara gratis disini
  2. Untuk bisa memulai aplikasi ini silahkan 0% kan terlebih dulu daya baterai HP Xiaomi anda
  3. Selanjutkan silahkan Charger dan hidupkan kembali
  4. Lalu kita buka dulu aplikasi AccuBattery ini agar ia berjalan di latar belakang
  5. Kemudian biarkan HP Xiaomi tadi di cas hingga daya terisi 100%
  6. Selanjutnya lepas charger HP tadi dan buka kembali aplikasi AccuBattery
  7. Maka pada AccuBattery ini akan menyajikan keterangan informasi dari baterai smartphone milikmu secara lengkap.

4. Gunakan Daya Baterai Hingga Full Load

Baiklah, pada cara keempat ini kita akan melakukan analisis sendiri terhadap daya tahan baterai HP Xiaomi kita. Yang mana pada praktik ini kita akan menggunakan daya baterai Xiaomi secara full load. Hal ini bertujuan untuk bisa melihat dari ketahanan baterai itu sendiri dalam menunjang segala aktivitasnya. Misalnya nih, cobalah untuk menggunakan HP anda untuk membuka aplikasi berat seperti edit video atau bermain game dengan settingan tinggi.

Selain cara yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Masih terdapat cara lainnya seperti cara membuka fitur kamera berikut:

  1. Pertama kita buka aplikasi Kamera pada HP Xiaomi
  2. Selanjutkanbuka fitur Video untuk bisa melakukan perekaman
  3. Nah, kemudian kita biarkan proses perekaman ini berjalan selama 5 menit
  4. Lalu kita periksa pada persenan atau indikator baterai apakah daya baterai berkurang lebih cepat atau normal.

Kalau kondisi baterai dalam keadaan normal, maka biasanya dalam waktu 30 detik – 2 menit daya akan berkurang hanya 1% atau lebih tergantung kapasitas baterai kalian. Kemudian, kalau baterai Xiaomi kamu sedang bermasalah, maka daya baterai biasanya akan berkurang sangat cepat yang mana 2% – 3% dalam waktu 10 detik saja.

5. Melihat Kondisi Fisik Baterai

Jika anda mau benar-benar memastikan kondisi HP tersebut secara fisik, maka bisa dengan cara melepas bagian casing belakang. Adapun ciri-ciri fisik baterai yang masih normak yaitu, bentuknya masih datar dan kondisi fisik seperti informasi dan sticker masih bagus. Sedangkan untuk ciri fisik baterai yang sudah bermasalah adalah, bentuk baterai yang sudah menunjul atau bergelembung, serta keterangan informasinya sudah tidak jelas. Tapi, untuk bisa melepas baterai tanam memang agak sulit untuk di lakukan untuk seorang pemula. Apa lagi dapat beresiko garansi HP menjadi hangus. Jadi silahkan di pertimbangkan terlebih dulu ya.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan mengenai topik kita 5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Xiaomi. Silahkan share terlebih dahulu artikel kita agar bermanfaat bagi orang banyak. Kalau begitu sampai jumpa, dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini