Cara Cek IP Address HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Cek IP Address HP – IP Address atau Internet Protocol Address merupakan sekumpulan angka biner unik yang biasanya dimiliki oleh perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Alamat IP ini sendiri fungsinya sebagai alamat identifikasi dari setiap device (host) yang ada dalam jaringan internet. Alamat IP atau IP Address umumnya tersembunyi di perangkat, kamu perlu mencarinya secara manual untuk biasa mengetahui alamat IP dari setiap perangkat yang dimiliki, baik itu komputer, laptop maupun HP.

Cara Cek IP Address HP
Cara Cek IP Address HP

Kebanyakan pengguna tahu IP Address hanya dimiliki oleh perangkat PC atau laptop saja. Nyatanya setiap perangkat teknologi yang bisa terhubung ke jaringan internet akan memiliki nomor IP Address yang menjadi identitasnya. Dengan mengetahui IP Address dari device yang terhubung ke jaringan, kita bisa lebih mudah melakukan kontrol pada perangkat tersebut. Misalnya saja melakukan transfer data, pemblokiran jaringan, pelacakan lokasi dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Sayangnya, belum banyak pengguna yang tahu cara untuk melihat alamat IP dari perangkat HP android khususnya. Mengecek IP Address dari HP android sama mudahnya seperti kamu mengecek di perangkat PC atau laptop. Tidak perlu step-step yang panjang, kamu bisa langsung tahu alamat IP dari perangkat smartphone android tersebut. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut ini cara cek IP Address HP android yang paling mudah bisa coba kamu terapkan sendiri.

Cara Cek IP Address HP Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui IP Address yang dimiliki oleh perangkat HP android. Caranya pun terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara cek IP Address HP android dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek IP Address di HP Android dengan Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengetahui IP Address di HP android yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di Google Playstore, pastinya aplikasi tersebut gratis untuk digunakan. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pilih yakni bernama What is my IP address.

Aplikasi What is my IP address ini sendiri dibesut oleh Webprovider dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Playstore. Menggunakan aplikasi ini, kamu akan langsung mengetahui alamat IP HP android hanya dengan satu klik saja. Mengenai cara menggunakan aplikasi What is my IP address ini sendiri, yakni:

Cek IP Address HP dengan Aplikasi
Cek IP Address HP dengan Aplikasi
  • Langkah yang pertama Anda download dan instal aplikasi What is my IP address di HP android yang ingin dicek alamat IP-nya.
  • Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi akan melakukan scanning dan mencari alamat IP dari perangkat android.
  • Nantinya pada halaman aplikasi akan ditampillan IP Address dari HP tersebut, lebih tepatnya di bagian opsi Local Host.
  • Selesai.

Selain aplikasi What is my IP address, ada beberapa aplikasi alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui IP Address HP android, di antaranya IP Tools: Wifi Analyzer, My IP Address, Lokasi IP, Find My IP & Mac Address dan lain sebagainya.

Catatan: Untuk mengecek IP Address di HP android, pastikan kamu sudah menghubungkan HP ke jaringan internet. Baik itu dengan mengaktifkan data seluler atau menyambungkan ke jaringan Wifi.

2. Cek IP Address di HP Android Tanpa Aplikasi

Menerapkan cara di atas menurutmu terlalu ribet karena harus menginstal aplikasi tambahan? Kalau begitu kamu bisa memilih cara yang kedua ini, di mana kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk penerapannya. Berikut ini beberapa cara mengecek alamat IP HP tanpa aplikasi yang paling mudah selengkapnya, yakni:

Cek IP Address HP Tanpa Aplikasi Tambahan
Cek IP Address HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Metode 1 – Cek Lewat Pengaturan

Yang paling mudah untuk mengecek IP Address di HP android yakni melalui menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Pertama pastikan HP sudah terhubung ke jaringan internet, baik itu jaringan seluler ataupun jaringan Wifi.
  2. Kemudian kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android milikmu.
  3. Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi About Phone atau Tentang Ponsel.
  4. Selanjutnya masuk ke opsi Informasi Status.
  5. Di sana kamu akan langsung melihat Alamat IP dari perangkat androidmu.
  6. Selesai.

Metode 2 – Cek Lewat Pengaturan Wifi

Selain cara di atas, ada alternatif lainnya untuk mengetahui alamat IP di HP yang terhubung ke jaringan Wifi. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Pertama kamu sambungkan dulu HP ke jaringan Wifi.
  2. Sekarang kamu buka menu Pengaturan di HP Android.
  3. Kemudian masuk ke opsi Koneksi.
  4. Lalu klik pada opsi Wifi.
  5. Di sana akan ditampilkan nama Wifi yang terdeteksi di HP. Kamu klik ikon Pengaturan atau Gear pada nama Wifi yang terhubung di HP android.
  6. Informasi mengenai jaringan Wifi tersebut akan ditampilkan di layar, termasuk juga informasi alamat IP dari HP tersebut.
  7. Selesai.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung dengan dukungan OS Android 11 terbaru. Untuk tipe HP android lainnya mungkin tidak berbeda jauh dengan cara tersebut.

Metode 3 – Cek Lewat Browser

Sementara metode yang ketiga bisa kamu terapkan untuk mengetahui alamat IP di HP yakni dengan melalui internet. Di sini kamu bisa memanfaatkan situs IP Address Checker yang bisa diakses melalui browser. Kamu bisa menggunakan browser apa saja untuk menerapkannya, baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini atau yang lain sebagainya.

Untuk langkah-langkah cek alamat IP HP lewat browser selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu hubungkan HP ke jaringan internet, baik itu data seluler atau sambungan Wifi.
  2. Sekarang kamu buka browser di HP androidmu.
  3. Kemudian kunjungi situs IPSaya.com.
  4. Tunggu beberapa saat sampai halaman situs ditampilkan. Di sana kamu akan langsung melihat alamat IP beserta informasi terkait jaringan internet di HP lainnya.
  5. Selesai.

Penutup

Itu tadi beberapa cara cek IP Address HP android yang paling mudah menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini