Cara Cek IMEI HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat

Cara Cek IMEI HP Xiaomi – Xiaomi hingga sekarang ini masih menjadi salah satu brand HP android murah yang banyak digandrungi. Karena selain banderol harganya yang murah, juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Semua aktivitas di smartphone bisa dilibas dengan sangat mudah, mulai dari main game, menjalankan berbagai aplikasi dan aktivitas lainnya.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi

HP android dari Xiaomi sendiri terdiri dari banyak sekali tipe atau seri. Setiap tipe Xiaomi punya keunggulan dan fitur canggih tersendiri guna untuk memanjakan para penggunanya. Dari semua tipe atau seri HP Xiaomi tersebut biasanya memiliki IMEI masing-masing. IMEI atau yang memiliki kepanjangan International Mobile Equipment Identity merupakan rangkaian nomor unik dari masing-masing smartphone.

Baca Juga:

Setiap smartphone Xioami memiliki nomor IMEI yang berbeda satu sama lainnya. IMEI ini sendiri digunakan dengan tujuan untuk mencegah penyelundupan yang memang marak sekali terjadi sekarang ini. Selain itu, melalui IMEI kita juga bisa mengetahui apakah smartphone Xiaomi asli atau palsu. Namun demikian, masih banyak yang bingung bagaimana cara cek IMEI HP Xiaomi mereka. Tenang saja, di bawah ini saya sudah merangkumkan beberapa caranya untuk kamu terapkan sendiri. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Cek IMEI HP Xiaomi Paling Mudah dan Akurat

Di Indonesia sekarang ini lagi ramai soal penyelundupan smartphone, khususnya untuk produk Xiaomi. Barang yang diselundupkan merupakan barang black market atau yang sering dikenal dengan produk BM. Terkadang beberapa pengguna awam juga sering tertipu, niat ingin membeli HP Xiaomi original malah dapat HP palsu atau HP BM. Nah, untuk memastikan apakah HP Xiaomi yang kamu beli merupakan HP palsu atau asli bisa menggunakan nomor IMEI.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nomor IMEI bisa dimanfaatkan untuk mengetahui HP tersebut asli atau palsu. Untuk cara cek IMEI HP Xiaomi paling mudah, bisa kamu simak di bawah ini:

1. Cek pada Bodi Ponsel Xiaomi

Cara cek IMEI HP Xiaomi paling akurat dan mudah yang pertama adalah dengan mengecek di bagian bodi HP Xiaomi. Lebih tepatnya di bagian belakang bodi atau backcase Xiaomi, biasanya nomor IMEI tertera pada sticker yang tertempel di sana. Jika masih bingung, nomor IMEI biasanya terdiri dari rakaian nomor unik dengan jumlah sebanyak 14 hingga 16 digit.

Selain di belakang bodi ponsel, nomor IMEI Xiaomi biasanya juga tertera di bagian dalam ponsel. Kamu perlu membongkar bodi belakang atau backcase ponsel untuk bisa melihat nomor IMEI-nya. Sangat mudah bukan?

2. Cek pada Dus Box Ponsel Xiaomi

Jika cara di atas diaggap cukup rumit, ada lagi cara cek IMEI HP Xiaomi yang lebih mudah yakni dengan melihat di dus box ponsel tersebut. Setiap pembelian HP Xiaomi baru biasanya dilengkapi dengan dus box. Nah, di dus box HP tersebut bisa kamu lihat bagian belakangnya. Di sana pasti juga tertera nomor IMEI yang dilengkapi pula dengan barcode.

3. Cek IMEI Melalui Menu Setelan

Untuk mengecek nomor IMEI sebuah ponsel Xiaomi, kamu juga bisa melakukannya melalui menu setelan smartphone. Pada setiap smartphone Xiaomi pasti tertera berbagai informasi tentangnya, termasuk juga nomor IMEI. Adapun langkah-langkah untuk cek nomor IMEI Xiaomi melalui menu setelan, sebagai berikut:

  • Pertama kamu perlu masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu klik pada opsi Tentang Ponsel atau Abaout Phone.
  • Kemudian pilih opsi Status.
  • Dan terakhir klik Informasi IMEI.

Selain  pada smartphone Xiaomi, ini juga bisa mencari cara cek IMEI semua tipe HP android. Selain mudah, cara ini juga sangat akurat dalam memberikan informasi nomor IMEI.

4. Menggunakan Kode Dial *#06#

Cara cek IMEI smartphone Xiaomi satu ini agak berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Ya, disini kamu hanya perlu mengecek nomor IMEI melalui sebauh kode dial tertentu. Kode dial yang dimaksud tersebut adalah *#06#. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya, sebagai berikut.

  • Pertama kamu buka menu panggilan atau dial pad.
  • Setelah itu, ketikkan kode dial *#06#
  • Lanjut dengan klik Panggil.
  • Nantinya akan langsung muncul notif yang berisi nomor IMEI HP Xiaomi.

5. Menggunakan Kode Dial *#*#4636#*#*

Selain kode dial di atas, ada kode dial lain yang bisa kamu coba untuk melakukan pengecekan nomor IMEI HP Xiaomi. Kode dial tersebut adalah *#*#4636#*#* yang sama akuratnya dalam menampilkan IMEI sebuah smartphone Xiaomi khususnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Sama dengan cara sebelumnya, pertama kamu buka menu panggilan atau dial pad.
  • Setelah itu ketikkan kode dial *#*#4636#*#*.
  • Jika sudah, langsung klik Panggil.
  • Nanti juga akan muncul halaman baru, kamu bisa memilih Informasi telepon 1 atau 2 untuk melihat nomor IMEI-nya.

6. Cek IMEI Melalui Engineer Mode

Belum cukup untuk memastikan kebenaran nomor IMEI HP Xiaomi? Coba deh pakai cara satu ini, yakni dengan melakukan pengecekan melalui engineer mode atau CIT Mode. Dengan bertindak sebagai engineer atau pengembang, dapat dipastikan nomor IMEI yang tertera benar-benar asli. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Setelan atau Settings.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu klik pada opsi Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Di halaman tersebut kamu klik sebanyak 5 kali pada opsi Versi Kernel.
  • Secara otomatis kamu sudah masuk ke mode engineering. Untuk mengetahui nomor IMEI ponsel, klik pada tombol SW add HW Version.

Meskipun terbilang agak ribet karena harus masuk ke mode engineer, tapi cara ini bisa dibilang paling akurat saat ingin mengecek nomor IMEI ponsel Xiaomi.

7. Cek IMEI Melalui Aplikasi Kalender

Dan cara cek IMEI HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan melalui aplikasi kalender. Pada aplikasi ini biasanya juga tertera nomor IMEI HP Xiaomi. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak berikut ini:

  • Pertama kamu masuk ke menu Setelan.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan klik pada opsi Aplikasi Sistem.
  • Cari dan klik aplikasi Kalender.
  • Scroll ke bawah lalu klik pada opsi Tentang.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pop up yang menyertakan nomor IMEI ponsel.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek IMEI HP Xiaomi yang paling mudah dan akurat bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosialmu ya?