Cara Cek Ijazah Dikti Online Lewat HP Android

145
Cara Cek Ijazah Dikti Online
Cara Cek Ijazah Dikti Online

Cara Cek Ijazah Dikti Online – Ijazah merupakan bukti bahwa kita sudah menyelesaikan suatu jenjang sekolah. Baik itu, jenjang SD, SMP, SMA, hingga kuliah atau universitas. Ijazah ini biasanya digunakan untuk mendaftar sekolah di jenjang berikutnya, bahkan menjadi salah satu syarat utama yang harus dipenuhi. Selain dengan menyelesaikan sekolah, ada alternatif lain untuk mendapatkan ijazah yakni dengan mengikuti kejar paket. Untuk sistem kejar paket ini biasanya diberikan kepada seseorang yang tidak sempat bersekolah dan tidak memungkinkan untuk mengikuti sekolah pada umumnya. Dan saat ini ia membutuhkan ijazah sebagai pelengkap persyaratan.

Cara Cek Ijazah Dikti Online
Cara Cek Ijazah Dikti Online

Berbicara mengenai ijazah, sekarang ini banyak oknum yang dengan berani menawarkan jasa pembuatan ijazah palsu. Entah bagaimana cara yang mereka lakukan, yang pasti ijazah yang dibuatnya mirip seperti ijazah asli. Bahkan kita cukup sulit untuk membedakan antara ijazah asli dan palsu tersebut. Biasanya jasa pembuatan ijazah ilegal ini ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal. Untuk satu ijazah umumnya dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, bahkan ada yang lebih mahal dari itu. Ini merupakan tindakan yang dilarang, bahkan bisa dikenakan pidana, baik itu pembuat maupun yang meminta dibuatkan. Jadi, jangan sekali-kali mencoba untuk melakukan tindakan terlarang tersebut.

Baca Juga:

Dalam hal ini kamu mungkin penasaran dengan keaslian dari ijazah yang dimiliki. Dan sekarang sedang mencari cara untuk mengetahui apakah ijazah yang dimiliki tersebut asli atau palsu. Sangat mudah sebenarnya untuk mengecek keaslian ijazah ini, setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan yakni dengan mengecek secara fisik dan secara online. Keduanya sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkannya. Dan pada artikel kali ini akan dijelaskan secara lengkap cara cek ijazah dikti online dan offline tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek Ijazah Dikti Online Lewat HP Android

Seperti yang dijelaskan di atas, terdapat 2 metode yang bisa dilakukan untuk mengecek keabsahan ijazah, yakni secara online dan offline. Offline maksudnya di sini adalah kita bisa melakukan pengecekan melalui fisik dari ijazah. Pasalnya, ijazah asli memiliki ciri-ciri fisik khusus yang tidak akan bisa ditemukan pada ijazah palsu. Sementara untuk pengecekan secara online, kita bisa memanfaatkan nomor seri yang terdapat pada ijazah. Jika memang asli, maka data dari ijazah akan ditampilkan sesuai dengan nomor serinya tersebut.

Dan kali ini akan dibahas terlebih dahulu cara cek ijazah dikti online melalui perangkat HP android milikmu. Terdapat tiga cara mudah yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Cek Ijazah Online Lewat Situs Kemendikbud

Cara yang pertama yakni dengan melakukan pengecekan ijazah asli atau palsu melalui situs resmi Kemendikbud. Cara ini bisa dibilang cukup mudah diterapkan, bahkan hasil pengecekan yang diberikannya sangat akurat.

Trik satu ini khusus dilakukan untuk mengecek keaslian ijazah dari jenjang SD, SMP, dan jua SMA Sederajat. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Cek Ijazah Online Lewat Situs Kemendikbud
Cek Ijazah Online Lewat Situs Kemendikbud
  • Langkah yang pertama kamu siapkan NISN dan Nama Ibu Kandung yang terdaftar.
  • Sekarang kamu buka browser, kemudian kunjungi halaman situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  • Pada halaman utama situs tersebut, selanjutnya kamu isi NISN dan Nama Ibu Kandung.
  • Kemudian lakukan verifikasi captcha.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Cari Data.
  • Nantinya di sana akan ditampilkan data sesuai NISN milikmu. Tinggal kamu sesuaikan dengan data yang ada di ijazah untuk memastikan keasliannya.
  • Selesai.

Selain melalui HP android, kamu juga bisa menerapkan cara ini melalui perangkat lain, seperti iPhone, tablet, hingga komputer.

2. Cek Ijazah Online Melalui SIVIL

Untuk cara yang kedua ini khusus dilakukan untuk mengecek keaslian ijazah dari jenjang perguruan tinggi. Kamu yang sudah lulus sekolah tinggi atau perguruan tinggi bisa mengecek ijazah melalui situs ini. Cara melakukannya juga cukup mudah dan praktis, yakni:

Cek Ijazah Online Melalui SIVIL
Cek Ijazah Online Melalui SIVIL
  • Langkah pertama kamu buka menu browser di HP.
  • Kemudian kunjungi halaman situs https://ijazah.kemdikbud.go.id/.
  • Pada halaman utama situs tersebut, sekarang kamu isi kolom yang tersedia. Mulai dari mengisi nama perguruan tinggi, nomor ijazah, dan juga verifikasi angka pengaman.
  • Jika sudah diisi semuanya, selanjutnya klik tombol VERIFIKASI.
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul data mengenai ijazah milikmu. Jika ternyata tidak muncul data sama sekali, kemungkinan ijazah milikmu palsu atau belum terdaftar.
  • Selesai.

Jika mendapati nomor ijazah yang tidak dapat diverifikasi di situs SIVIL ini, jangan langsung menganggap ijazahmu palsu. Sebaiknya hubungi staf yang bertugas di perguruan tinggi yang menerbitkan ijazah milikmu. Mungkin saja data ijazah belum dilaporkan melalui PD-DIKTI sehingga data ijazah tidak muncul atau tidak dapat diverifikasi di situs SIVIL.

Catatan: Pendataan PD-DIKTI dimulai tahun 2002/2003, jadi ijazah yang diterbitkan sebelum tahun tersebut kemungkinkan tidak dapat diverifikasi di situs SIVIL.

3. Cek Ijazah Online Melalui Forlap Dikti

Sama seperti cara kedua di atas, cara ini juga khusus dilakukan untuk mengecek keabsahan ijazah perguruan tinggi. Cara melakukannya juga terbilang sangat mudah, hanya perlu mengisikan beberapa data yang diperlukan saja. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

Cek Ijazah Online Melalui Forlap Dikti
Cek Ijazah Online Melalui Forlap Dikti
  • Langkah yang pertama kamu buka menu browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi halaman situs http://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa.
  • Pada halaman situs tersebut, kamu isikan kolom yang tersedia sesuai dengan data yang kamu miliki. Mulai dari data perguruan tinggi, studi atau jurusan, nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa dan lain sebagainya.
  • Jika sudah, selanjutnya masukkan kode verifikasi.
  • Kemudian klik Cari. Tunggu beberapa saat sampai data mahasiswa ditampilkan di sana.
  • Selesai.

Cara Cek Keaslian Ijazah dari Fisiknya

Cara Cek Keaslian Ijazah dari Fisiknya
Cara Cek Keaslian Ijazah dari Fisiknya

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengetahui keaslian dari ijazah dari fisiknya. Terdapat beberapa ciri fisik dari ijazah asli yang sulit bahkan tidak bisa ditemukan pada ijazah palsu. Beberapa ciri fisik yang menandakan ijazah asli tersebut, di antaranya:

1. Jenis Kertas yang Digunakan Lebih Teba

Ijazah asli umumnya dicetak pada kertas khusus yang terbilang cukup tebal dan tidak bisa ditemukan di pasaran. Pasalnya, jenis kertas yang digunakan ini secara khusus diproduksi oleh Perusahaan Umum percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri. Jadi, secara umum kertas tersebut tidak diperjualbelikan secara bebas.

2. Adanya Hologram Permanen

Selain itu, pada ijazah asli biasanya terdapat hologram permanen yang sudah menyatu dengan kertas. Jadi, hologramnya ini bukanlah hologram yang ditempel secara manual, melainkan langsung menyatu pada kertas dan tidak bisa dilepas.

3. Nomor Seri Khusus

Pada ijazah palsu memang juga terdapat nomor seri, akan tetapi nomor seri ini merupakan nomor unik. Pada ijazah asli nomor seri ijazah hanya bisa diterbitkan oleh institusi pendidikan yang menerbitkannya. Dan nomor seri ini juga dapat dikenali oleh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi terkait.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek ijazah dikti online dan secara fisik yang mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Download LifeAfter MOD APK Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Link di WA tidak Bisa Dibuka
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini