Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu Paling Akurat

Cara Cek HP Vivo Asli atau PalsuVivo merupakan salah satu brand smartphone asal Tiongkok yang cukup populer di Indonesia. Vivo sendiri sudah merilis banyak sekali tipe HP android dengan spesifikasi mumpuni. Selain itu, harga banderol HP Vivo juga bisa dibilang cukup murah dibandingkan dengan HP dari brand lainnya.

Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu

HP Vivo sendiri sudah tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, kamu bisa membelinya secara online ataupun dengan datang langsung ke toko penjual HP Vivo. Namun yang perlu diingat, sebaiknya lebih berhati-hati lagi saat akan membeli HP Vivo baru ataupun bekas. Sekarang ini sudah banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menjual HP Vivo replika atau KW.

Baca Juga:

Kasusnya sama seperti HP dari brand lainnya, HP Vivo palsu atau KW biasanya memiliki desain yang mirip namun dengan kualitas komponen yang jauh berbeda. Selain itu, bagian jeroan HP juga berbeda jika dibandingkan dengan yang asli. Agar tidak tertipu, berikut ini ada beberapa cara cek HP Vivo asli atau palsu yang bisa kamu terapkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Cek HP Vivo Asli atau Palsu Paling Akurat

Cara Cek Vivo Asli atau Palsu

Bagi pengguna awam mungkin masih akan kesulitan dalam membedakan mana HP Vivo yang asli dan palsu. Tapi tenang saja, cara yang saya bagikan ini terbilang sangat mudah sekaligus akurat. Bahkan bagi pemula pun bisa dengan mudah memahaminya dengan baik. Adapun cara cek HP Vivo asli dan palsu, di antaranya:

1. Mengecek Nomor IMEI Vivo

Nomor IMEI merupakan serangkaian nomor unik yang berisi tentang informasi dari HP itu sendiri. Melalui nomor IMEI ini kamu bisa mengetahui informasi merek, model atau tipe, produsen perangkat, dan juga spesifikasi perangkat. Setiap HP android, khususnya dari Vivo pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda satu sama lainnya. Untuk mengetahui nomor IMEI Vivo bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa melaui dus box HP Vivo, dial *#06#, atau bisa juga dengan masuk ke menu Pengaturan >> Pengaturan Lain >> Tentang Ponsel.

Untuk cara cek HP Vivo asli atau palsu dengan memanfaatkan nomor IMEI perangkat, sebagai berikut:

  • Setelah kamu mengetahui nomor IMEI perangkat yang kamu punya, selanjutnya kunjungi alamat resmi Vivo di sini.
  • Pada kolom yang disediakan, kamu masukkan nomor IMEI perangkat Vivo.
  • Setelah itu, langsung klik Kirim.
  • Jika HP Vivo yang kamu punya merupakan produk asli, maka di halaman web akan memunculkan berbagai informasi mengenai perangkat tersebut. Dan jika tidak tampil informasi apapun, bisa dipastikan HP Vivo yang kamu miliki tersebut palsu.

2. Cek Kelengkapan Paket Penjualan

Cara cek HP Vivo asli atau palsu paling akurat berikutnya adalah dengan mengecek kelengkapan paket penjualan. Cobalah kamu cek semua perlengkapan yang ada dalam dus box HP Vivo yang sudah kamu beli. Kemudian kamu bandingkan dengan kelengkapan paket penjualan Vivo sesuai yang tertera pada website resminya. Jika ternyata ada kekurangan paket, bisa jadi HP Vivo yang kamu beli memang palsu.

Sebaiknya kamu membeli HP Vivo di toko resminya, agar bisa meminimalisir risiko mendapatkan HP Vivo palsu.

3. Melakukan Cek Fisik HP Vivo

Perbedaan HP Vivo asli dan palsu juga bisa dilihat dari segi fisik ponsel tersebut. HP Vivo asli pasti menggunakan bahan material yang berkualitas tinggi dan sudah teruji ketahanannya. Beda lagi dengan HP Vivo palsu, secara keseluruhan pasti kualitasnya jauh di bawah produk aslinya.

Kamu perlu mengunjungi situs resmi Vivo untuk mengecek fisik dari HP yang kamu miliki. Lihat informasi yang terteta di sana, seperti informasi bahan material, berat, hingga fitur-fitur fisiknya. Jika tidak sama, kemungkinan besar HP Vivo yang kamu miliki merupakan produk non-original.

4. Mengecek Spesifikasi HP Vivo

Cara cek HP Vivo asli atau palsu berikutnya adalah dengan melihat spesifikasi yang dimiliki HP itu sendiri. Setiap HP dari Vivo biasanya pada dus box akan tercantum informasi spesifikasi dan keunggulan yang dimilikinya. Sekarang kamu bandingkan dengan spesifikasi yang ada pada smartphone Vivo yang kamu beli tersebut. Untuk mengetahui informasi spesifikasi HP Vivo, kamu bisa mengunjungi menu Pengaturan >> Sistem >> Tentang Ponsel.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan informasi ponsel yang tertera di situs resmi Vivo. Di situs resmi tersebut sudah pasti informasi yang tersedia sudah sangat valid dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

5. Mengecek Sistem Operasi HP Vivo

Untuk mengetahui HP Vivo yang kamu miliki paslu atau asli, bisa juga dilakukan dengan cara mengcek sistem Operasi atau OS android yang dijalankannya. Untuk mengetahuinya kamu bisa mengunjungi menu Pengaturan >> Sistem >> Tentang Ponsel. Di sana sudah tertera berbagai informasi tentang perangkat tersebut.

Sekarang kamu fokus pada bagian OS Android yang dijalankannya, lihat versinya dan bandingkan dengan yang tertera di situs resmi Vivo. Misalnya saja di situs resmi Vivo tertera HP yang kamu miliki tersebut berjalan di OS Android 8.0 Oreo, sementara setelah dicek ternyata masih menggunakan OS Android versi lama serta tidak dapat diupgrade. Kemungkinan besar HP Vivo yang kamu miliki tersebut memang palsu.

6. Mengecek Masa Garansi

Cara cek HP Vivo asli atau palsu berikutnya adalah dengan mengetahui masa garansi yang diberikan oleh penjual. Kamu perlu curiga jika saat kamu akan membeli HP Vivo baru, namun si penjual memberikan masa garansi yang cukup pendek dan dengan harga sangat murah dari yang tertera di situs resminya.

Umumnya, pabrikan smartphone khususnya Vivo memberikan masa garansi selama 1 tahun untuk setiap produk besutannya.

7. Mengecek Bahasa HP Vivo

HP Vivo yang beredar secara resmi di Indonesia, pasti juga akan membawa opsi Bahasa Indonesia dalam perangkatnya. Namun, jika ternyata saat kamu membeli HP Vivo baru dan tidak tersedia opsi Bahasa Indonesia, kemungkinan besar HP tersebut tidak orisinil atau palsu. Inilah salah satu cara mengecek HP Vivo asli atau palsu yang paling mudah dan akurat pastinya.

8. Mengecek Performa HP

Untuk membedakan HP Vivo asli dan palsu paling mudah berkutnya bisa dengan mengecek performa HP. HP Vivo resmi biasanya juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni sehingga akan menghasilkan performa kinerja yang cepat serta efisien. Berbeda dengan HP Vivo palsu, kemungkinan performanya tidak sebagus HP Vivo asli.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek HP Vivo asli atau palsu paling akurat dan mudah bisa kamu terapkan sendiri. Untuk meminimalisir risiko mendapatkan HP Vivo palsu, sebaiknya kamu lebih memilih membeli HP Vivo di toko resminya secara langsung. Selain aman, biasanya di toko-toko resmi terdapat diskon khusus yang menarik minat para pecintanya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial kamu ya?